Unsur Pada Website, website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok atau organisasi. Sederhananya, website adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut semua situs web yang ada di internet, contoh www.google.com

Unsur Pada Website

Terdapat unsur yang sangat penting pada website. Tanpa adanya semua unsur ini, website anda tidak akan pernah ditemukan dan diakses oleh pengguna di internet. unsur yang dimaksud adalah:

Domain

Domain adalah alamat yang akan mengantarkan Anda ke website yang Anda tuju. Tanpa nama domain, orang-orang akan memasukkan alamat IP untuk mengakses dan membuka website Anda. Hanya saja, alamat IP sangatlah panjang dan sulit untuk diingat atau tidak efektif jika ingin diiklankan. Jika website diibaratkan sebagai produk, maka domain adalah merk. Penggunaan domain yang menarik akan membuat orang tertarik untuk memasuki suatu website. Dengan pemilihan nama domain yang unik juga membuat orang mudah mengingatnya untuk nantinya dikunjungi kembali. Domain juga bisa memanfaatkan redirect atau pengalihan yang umumnya memudahkan Anda untuk menentukan apakah dengan mengakses domain Anda, para pengunjung secara otomatis dialihkan ke situs lain.

Hosting

hosting atau web hosting adalah sebuah tempat di mana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimpan pada hosting berupa video, gambar, email, script, aplikasi dan database.
Tidak kalah pentingnya dengan domain, hosting memiliki peran untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website. Banyak sekali penyedia jasa hosting di Indonesia, salah satunya Niagahoster yang menyediakan hosting terbaik untuk kecepatan akses website Anda. Domain mempunyai jenis seperti .com , .net , .org , .info , .edu , .mil , .gov dan .id. Untuk nama domain ini disebut dengan TLD (Top Level Domain)

Konten

konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik.Penyampaian konten dapat dilakukan melalui berbagai medium, seperti internet, televisi, CD audio, bahkan acara langsung seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Istilah konten digunakan untuk mengidentifikasi dan menguantifikasi beragam format dan genre informasi sebagai komponen nilai tambah media. Konten sendiri memiliki beragam jenis, seperti opini, liputan, surat, infografis, liputan, ulasan, interview, dan masih banyak lagi. Dari beragam konten yang ada, tentu konten dapat dianggap menarik jika berisikan hal-hal yang bermanfaat.
Tanpa adanya konten pada website, maka website bisa dikatakan tidak memiliki tujuan yang jelas. Konten pada website dapat berupa teks, gambar atau video. Jika dilihat dari konten yang disuguhkan, terdapat beberapa macam website. Misalnya saja, sosial media, website berita, website jual beli atau website yang berisi konten yang berdasarkan minat, bakat serta hobi.

Bahasa Pemrograman

Bahasa Program (Scripts Program) adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus.merupakan bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website saat diakses. Jenis bahasa pemrograman sangat menentukan statis atau dinamisnya website. Semakin banyak bahasa pemrogramana maka semakin terlihat dinamis. Jenis bahasa pemrograman yang biasa dipakai antara lain HTML, PHP, ASP, JSP, Java script dan yang lainnya.

Desain Website

Setelah membeli hosting dan nama domain, saatnya mendesain website. Desain website menentukan kualitas dari website. Website dengan tampilan desain yang menarik akan banyak mengahadirkan pengunjung. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.Untuk membuat website biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa website designer.

Publikasi Website

Jika website sudah selesai, perlu untuk melakukan publikasi website agar website anda terkenal dan diketahui banyak orang. Anda bisa mempromosikan website dengan membuat artikel-artikel yang mampu membantu anda dalam SEO di mesin pencarian. Keberadaan website tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi.

Program transfer data ke pusat data

Para web designer mengerjakan website dikomputernya sendiri. Berbagai bahasa program, data informasi teks, gambar, video, dan suara telah menjadi file-file pendukung adanya website. File tersebut bisa dibuka menggunakan program penjelajah (browser) sehingga terlihatlah sebuah website utuh di dalam komputer sendiri (offline). Tetapi file-file tersebut perlu untuk diletakkan dirumah hosting versi online agar terakses ke seluruh dunia. Pengguna akan diberikan akses FTP (File Transfer Protocol) setelah memesan sebuah web hosting untuk memindahkan file-file website ke pusat data web hosting

Pemeliharaan Website

Pemeliharaan website atau maintenance website sangat diperlulan, setelah jadi website harus terus dipelihara jika untuk bisnis atau perusahaan sangat penting melakukan maintenance website per tahun agar website tetap aktif. Jika perlu anda bisa perbarui website anda dengan tampilan yang baru agar tidak membosankan.

Demikian artikel tentang Unsur Pada Website, semoga bermanfaat.

Source:kamiwebdevelopment.com

penulis feby kurniawati rejeki

Read previous post:
Software Antivirus Terbaik 2021

Close