Tips Ruang Belajar Agar Nyaman, Kondisi ruangan saat belajar merupakan salah satu  faktor pendukung penting dalam proses belajar anak di rumah. Ruangan belajar yang nyaman akan membuat belajar semakin semangat dan akan lebih mudah untuk  memudahkan untuk lebih berkonsentrasi  sehingga pelajaran masuk ke memori di dalam otak.

tips ruang belajar agar nyaman

tips ruang belajar agar nyaman

Tips Ruang Belajar Agar Nyaman

Berdasarkan survei terhadap 1600 guru yang dilakukan MDR Education, sebuah lembaga konsultan terkait pendidikan di AS, menunjukkan bahwa kondisi ruangan belajar sangat berdampak terhadap keberhasilan siswa dalam kegiatan akademik. Kesimpulan tersebut sesuai dengan jawaban 94 persen guru yang menjadi responden survei itu.

tips ruang belajar agar nyaman

tips ruang belajar agar nyaman

Dari hasil sebuah penelitian lainnya yang dihimpun dalam Journal of Learning Space, menemukan bahwa temperatur, pencahayaan dan suara-suara dalam ruangan belajar dapat memengaruhi performa anak dalam menyerap pelajaran.

Ruang belajar juga dapat memengaruhi konsentrasi anak, hal ini merupakan elemen penting dalam proses pembelajaran. Pada anak yang mudah berkonsentrasi, cenderung lebih sukses dan cepat menyerap materi palajaran, dibandingkan dengan mereka yang susah fokus. Namun demikian, penelitian ini juga masih perlu pendalaman lebih jauh.

Ruang Belajar Agar Nyaman

tips ruang belajar agar nyaman

tips ruang belajar agar nyaman

Menurut para ahli, sistem pelajaran jarak jauh memiliki dampak pada kesehatan mental anak, penerapan sistem pembelajaran jarak jauh atau daring sejak awal Pandemi Covid-19 nyatanya telah berdampak pada kesehatan mental anak. Salah satu dampak yang sering dikeluhkan orang tua yaitu anak mereka jadi lebih sulit diatur, khususnya ketika sedang sekolah daring.

Ruang belajar yang nyaman merupakan salah satu faktor dalam mempengaruhi proses pembelajaran anak. Sejak pandemi covid-19, belajar dilakukan di rumah. Oleh karena itu solusi agar anak betah belajar adalah ruang yang nyaman adalah dengan memberikan tempat yang nyaman saat belajar.

Berikut ini merupakan Tips Ruang Belajar Agar Nyaman

  • Pencahayaan yang tepat
    Kualitas pencahayaan di ruang belajar adalah elemen yang penting. Pilih ruang belajar yang dekat jendela untuk mendapat cahaya yang maksimal. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menambahkan lampu di meja belajar dan beberapa area yang dianggap gelap. Bisa juga dengan memasang lampu overhead dan sediakan lampu baca di meja yang bisa diarahkan ke halaman buku atau komputer.
  • Sirkulasi udara yang baik
    Sirkulasi udara yang baik dapat membuat ruang belajar menjadi lebih nyaman dan efektif untuk menghindari virus dan jamur bagi anak. Karena, otak membutuhkan asupan oksigen yang cukup agar meningkatkan fungsi kerja dengan optimal. Misalnya, dengan menghirup udara segar dapat meningkatkan fungsi kerja otak yang mendukung fokus belajar anak.
  • Desain Ruang sesuai kebutuhan anak
    Pilih dan desain tata ruangan sesuai kebutuhan anak, Apakah anak yang suka dengan situasi sepi atau sunyi saat belajar, para orang tua bisa menyiapkan tempat belajar di kamar tidur atau ruangan khusus yang tenang. Sedangkan untuk anak lebih menyukai suasana lebih interaktif atau kerap meminta bantuan orang tua saat mengerjakan PR (tugas rumah), tempat belajar sebaiknya berada di ruang keluarga atau di sudut khusus tidak jauh dari dapur.
  • Lengkapi Alat tulis untuk belajar
    Sediakan pulpen, binder, dan alat tulis yang menunjang aktivitas belajar. Agar anak semakin suka belajar dan mencatat, gunakan spidol warna warni agar mudah dibaca berulang-ulang. Selain menambah daya ingat, catatan juga berfungsi untuk melatih kreatifitas.
  • Maksimalkan Ruang yang Terbatas
    Keterbatasan ruang di dalam kamar menjadi masalah tersendiri untuk membuat ruang belajar anak yang nyaman. Salah satu solusinya adalah dengan memakai loft bed atau tempat tidur loteng, lalu menjadikan bagian bawahnya sebagai ruang belajar anak. Penggunaan bilik atau sekat pemisah di kamar tidur atau ruang keluarga juga dapat menjadi alternatif yang bisa Anda terapkan.
  • Jauhkan dari TV
    Matikan semua perangkat elektronik dan TV Suara bising dari perangkat elektronik, TV, agar anak focus dalam belajar, namun, jika anak tak suka keheningan, Anda bisa memutar musik untuk mengiringi kegiatan belajar.
  • Meja fleksibel
    Buat meja belajar yang fleksibel. Desain meja belajar yang menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan anak. Pilih meja yang nyaman agar anak tidak merasa pegal selama belajar.
tips ruang belajar agar nyaman

tips ruang belajar agar nyaman

Selain itu juga Desain kamar dengan warna atau hiasan kesukaan anak, demikian Tips Ruang Belajar Agar Nyaman dan konsentrasi dalam menyimak pelajaran. Semoga bermanfaat.

Source : tirto.id, kompas.com