Tips Menata Ruang Tamu Agar Terlihat Luas,Ruang tamu merupakan salah satu ruang yang penting bagi pemilik rumah, biasanya pemilik rumah akan menata ruang tamu dengan rapi dan terlihat menarik.

Pada dasarnya ruang tamu didesain untuk menerima kedatangan tamu yang berkunjung ke rumah. Untuk menjamu tamu baik itu keluarga, kerabat atau rekan kerja untuk saling bersilaturahmi dan menjalin kerjasama dengan rekan kerja

.

Berikut ini merupakan pengertian ruang tamu yang di kutip dari beberapa sumber. Ruang tamu adalah ruangan atau area umum pada sebuah rumah. Pada awalnya ruang tamu digunakan sebagai ruangan untuk tujuan formal, namun saat ini ruang tamu juga dapat di gunakan untuk bersantai.

Tata letak ruang tamu biasanya menjadi ruangan yang pertama ketika masuk kedalam rumah dan latak nya pun tidak jauh dari depan pintu rumah. Ruang tamu juga menjadi pembatas antara privasi pemilik rumah dengan tamu yang berkunjung. Ruang tamu bersifat formal dan digunakan untuk menyambut tamu, berbeda halnya dengan ruang keluarga yang lebih kasual dan santai.

Namun jika memiliki ruang tamu dengan ukuran yang tidak luas, maka diperlukan penataan yang dapat menciptakan ruang tamu yang sederhana menjadi terlihat lebih luas dan nyaman. Berikut ini merupakan beberapa tips agar ruang tamu dengan ukuran kecil terlihat lebih luas dan nyaman.

  • Gunakan meja kursi yang kecil dan minimalis agar ruangan terlihat luas, sehingga ruangan dapat digunakan sebagai akses jalan menuju ke ruang yang lainnya.
  • Tempatkan tanaman hias di ruang tamu
    Dengan menempatkan tanaman hias di ruang tamu, selain ruangan menjadi indah dilihat ruang tamupun akan terasa lebih asri. Pilih tanaman hias yang dapat disimpan didalam ruangan dan tanaman hias yang tidak memerlukan banyak sinar matahari.
  • Simpanlah dan Pilih Barang yang Dianggap Tidak Perlu
    Jika anda memiliki berbagai macam barang pada ruang tamu maka mulailah di pilih barang-barang yang tidak terlalu di perlukan, kemudian sortir barang berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Jika memiliki buku atau majalah untuk penunjang estetika maka simpanlah di ruang tamu
  • Gunakan Cermin di Tempat yang Strategis
    Pemasangan cermin dapat digunakan untuk memberikan kesan luas pada suatu ruangan. Bukan hanya dapa ruang tamu saja, namun pada ruang yang lain juga dapat diberikan cermin agar ruangan terlihat luas. Pasanglah cermin berlawanan dengan sofa yang anda miliki. Jika memungkinkan, pasanglah cermin tersebut di dekat jendela ruang tamu. Cermin tersebut nantinya akan merefleksikan cahaya dari luar yang melewati jendela tersebut.
  • Pasang karpet polos agar ruang tamu terlihat luas
    Jika memiliki ruang tamu dengan ukuran yang kecil namun ingin memberikan kesan luas, maka sebaiknya menggunakan karpet yang polos tanpa motif. Cara yang sederhana ini membantu menciptakan ruang tamu dengan ukuran kecil menjadi lebih luas, minimalist dan tetap memperindah estetika ruangan.
  • Memanfaatkan Area Dinding Ruang Tamu
    Gunakan rak ambalan untuk menata barang-barang agar tidak menghabiskan ruangan yang kurang luas.
  • Pasang lampu hias minimalis
    Dengan memasang lampu hias gantung atau lampu dinding untuk sumber cahaya di ruang tamu, maka ruang tamu akan terasa lebih menarik dan estetik.

Salah satu tips agar ruang tamu sempit terlihat luas juga dengan cara memilih meja seperti coffee table atau side table. Selain cantik pemilihan tersebut juga tidak memakan banyak tempat, dan tetap berfungsi sebagai tempat meletakkan makanan dan minuman. Demikian informasi tentang Tips Menata Ruang Tamu Agar Terlihat Luas, semoga bermanfaat.

Source : 99.coid, dekoruma.com