Tips Agar Tidak Tersengat Listrik Dari Atap Baja Ringan, Listrik merupakan kebutuhan utama hidup manusia. Namun demikian, dalam proses pemasangan baja ringan ada beberapa hal yang perlu di perhatikan.

Penggunaan atap baja ringan dalam beberapa tahun belakangan ini memang tengah populer. Memang, jika dibandingkan dengan kayu, material ini memiliki banyak keunggulan. Seperti tahan karat, anti rayap, kokoh dan hemat biaya perawatan.

Tips Agar Tidak Tersengat Listrik Dari Atap Baja Ringan Menurut para ahli

Tips Agar Tidak Tersengat Listrik Dari Atap Baja Ringan Menurut Dosen Departemen Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada (UGM)

Penjelasan ahli Dosen Departemen Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada (UGM) Ashar Saputra mengatakan, rumah dengan rangka baja ringan ada potensi bahaya teraliri listrik jika instalasi listriknya tidak memenuhi standar.

Persoalan utamanya bukan karena struktur bajanya yang harus disalahkan, tetapi ini persoalannya di instalasi listriknya yang mungkin tidak memenuhi syarat

Salah satu standar instalasi listrik adalah kabel harus berada dalam pipa pelindung atau konduit. Pada sambungan-sambungan kabel, seharusnya berada dalam terminal yang tertutup. Prosedur tersebut harus dilakukan untuk meminimalisasi risiko sambungan terbuka atau digigit tikus.

Tips Agar Tidak Tersengat Listrik Dari Atap Baja Ringan Menurut Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB

Menurut Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB), Iswandi Imran risiko tersengat aliran listrik bisa terjadi dengan material konstruksi apa saja. Bahkan material konstruksi dari kayu pun bisa menjadi konduktor listrik jika dalam kondisi basah.

Tips Agar Tidak Tersengat Listrik Dari Atap Baja Ringan Menurut Ketua Asosiasi Roll Former Indonesia (ARFI) 

Ketua Asosiasi Roll Former Indonesia (ARFI) Stephanus Koeswandi mengatakan, harus ada edukasi untuk konsumen dan aplikator baja ringan. Mereka harus sadar akan pentingnya pemasangan instalasi listrik yang sesuai standar.

“Baja ringan ada 3 hal yang perlu ditekankan.

  1. Bahannya harus benar, material harus benar.
  2. Desain baja ringan berbeda dengan kayu. Karena itu pemasangannya juga berbeda.
  3. Pengerjaannya harus tepat. Artinya tukang baja ringan harus berstandar.

Berikut cara mencegah risiko sengatan listrik dari atap baja ringan:

  • Meletakkan instalasi di tempat aman
  • Pilih material instalasi dengan kualitas terbaik
  • Bungkus semua kabel listrik dengan pipa conduit
  • Menyembunyikan sambungan kabel di dalam pipa T-dus
  • Minta bantuan ahli untuk proses instalasi
  • Matikan aliran listrik saat melakukan perbaikan di rumah yang menggunakan baja ringan.
  • Jangan Gunakan Alat Listrik
  • Pasang Selungkup Listrik. Selungkup bisa melindungi dari siraman air ataupun hujan. Hal ini dapat menghindari kamu dari peristiwa tersengat listrik dan memastikan keamanan perangkat atau komponen listrik yang ada di luar rumah.

Itulah tadi informasi tentang Tips Agar Tidak Tersengat Listrik Dari Atap Baja Ringan, semoga bermanfaat.