Tips Agar HP tidak Lemot, saat ini smartphone sudah menjadi kebutuhan yang selalu kita gunakan sehari-hari, smartphone juga sudah beragam serinya dari mulai harganya yang terjangkau hingga harga yang mahal. Untuk menggunakan smartphone juga diperlukan perawatan agar kinerja ponsel bekerja secara optimal.

Jika HP mulai lemot, apakah karena terlalu banyak di-install aplikasi atau bisa juga karena kapasitas RAM yang dimiliki terlalu kecil, jangan langsung buru-buru membeli  yang baru. Cobalah beberapa Tips berikut ini agar HP tidak lemot.

Tips Agar HP tidak Lemot sebagai berikut:

  • Penyebab handphone Android lemot karena banyaknya aplikasi yang menghabiskan memori. Tipsnya adalah hapus aplikasi yang tidak terpakai untuk mengatasi HP Android lemot dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai
  • Tips agar hp tidak lemot yaitu dengan tidak membuka aplikasi secara bersamaan jadi jika hp kamu lemot, maka buka aplikasi jangan langsung secara bersamaan.Kurangi Penggunaan Widget, Meski widget membuat Android tampak indah dan mempercepat akses ke aplikasi, namun hal ini juga dapat menyita konsumsi RAM yang lebih besar. Akibatnya, Android menjadi lambat. Oleh karena itu kurangi penggunaan Widget untuk mengatasi Android lemot
  • Gunakan Satu Aplikasi Antivirus Saja,
  • Selalu Update Software
  • Bersihkan cache, Cache adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan
  • Update sistem operasi secara berkala Untuk mencegah Android menjadi lamban kinerjanya, kamu bisa memperbarui sistem operasinya.
  • Bersihkan Cache Partition
  • Matikan Auto-Sync, Untuk tetap terhubung dengan semua akun yang terpasang di Android kamu, fitur Auto-Sync harus diaktifkan. Namun hal ini berdampak besar pada kinerja Android kamu. Maka mematikan Auto-Sync sangat bermanfaat untuk mengatasi Android kamu yang lemot, namun berdampak kamu harus manual membuka aplikasi seperti Email atau Calendar.
  • Gunakan Launcher Lain, Selain berganti suasana, mengganti launcher juga berguna untuk mengatasi Android kamu yang terasa lemot berkat UI bawaannya.
  • Lakukan Factory Reset. Hal ini bertujuan untuk membersihkan semua yang bertumpuk di Android kamu. Kamu bisa melakukan Factory Reset melalui menu Settings – Backup & reset – Factory data reset.
  • Gunakan Aplikasi Berbayar, dengan menggunakan aplikasi gratisan bisa membuat Android lemot karena banyaknya iklan yang disematkan di dalamnya.
  • Kurangi atau Matikan Animasi di Android, Animasi adalah salah satu pencuri RAM di perangkat Android. Cara mengatasi Android lemot selanjutnya adalah dengan mematikan animasi di menu Setting > Developer Options. Lalu, ubah nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke nilai terkecil, atau off.

Performa Android tidak selalu ditentukan oleh RAM yang besar atau prosesor yang cepat. Namun bagaimana menjaga performanya agar tetap cepat dan tidak lemot. Agar handphone bisa bekerja lebih cepat, hentikan aplikasi yang boros baterai. Untuk melihat penggunaan baterai, Anda bisa melihatnya di bagian setting pada Android.

Penyetelan ulang pabrik juga merupakan salah satu tips yang dapat memulihkan ponsel ke kondisi saat ponsel Anda baru dinyalakan dari pabrik. Tips ini juga untuk membersihkan data yang tidak jelas dari sisa aplikasi dan kode buggy yang dapat menghambat kinerja. Demikian informasi tentang Tips Agar HP tidak Lemot, semoga bermanfaat.

Source:

Tips Agar HP tidak Lemot

idntimes.com, cnn.com