Tanaman Sansevieria Kirkii Silver Blue Lidah Mertua yang Cantik, Sansevieria kirkii disebut juga sebagai sansevieria bintang (star sansevieria), Sansevieria Kirkii Silver Blue adalah tanaman kultivar silver blue dimana daun berwarna hijau agak biru keperakan.

Tanaman Sansevieria Kirkii Silver Blue Lidah Mertua yang Cantik

Asal Tanaman Sansevieria Kirkii Silver Blue

Sansevieria Kirkii Silver Blue merupakan varietas tercantik. Tanaman Sansevieria Kirkii Silver Blue adalah jenis nyaman hias yang cantik dan menarik. Tanaman kirkii silver blue berasal dari Afrika Timur, khususnya wilayah Tanzania.

Ciri Khas Sansevieria Kirkii Silver Blue

Tanaman Sansevieria Kirkii Silver Blue memiliki ciri khas berupa daun tegak, kokoh, dan berbentuk tombak dengan tepi cokelat dan kuning bergelombang dan bergelombang dan ujung runcing. Tanaman Sansevieria Kirkii Silver Blue berbunga warna putih kehijauan yang lumbuh berkelompok di tepi lancip daunnya.

Tanaman Sansevieria Kirkii Silver Blue merupakan kultivar silver blue yang memiliki daun dengan warna hijau agak biru keperakan, bentuk daunnya pendek dan memiliki tepi bergelombang. Tanaman Sansevieria Kirkii Silver Blue merupakan tanaman sukulen asli Afrika yang daunnya berwarna kehijauan, harum dan perbungaannya berbentuk kerucut.

Sansevieria Kirkii Silver Blue adalah varietas populer dengan penampilan yang lebat, daunnya sangat berdekatan.

Tanaman Sansevieria Kirkii Silver Blue adalah tanaman acaulescent, yaitu tidak memiliki batang yang terlihat di atas permukaan tanah. Tanaman ini ini mudah tumbuh tetapi lambat, toleran terhadap berbagai kondisi pertumbuhan. Dibutuhkan beberapa tahun untuk matang dan membentuk offset, yakni tanaman anak identik yang tumbuh di tubuh induknya.

Nama ilmiah (botanical name) Sansevieria kirkii Silver Blue
Bibit Tunas akar
Rekomendasi dataran dan kondisi tempat tumbuh optimal Dataran rendah  tinggi, suhu panas maupun dingin
Kebutuhan sinar matahari 15-22 derajat celcius
Rekomendasi ukuran pot Diameter 5-10 cm
Media tanam yang digunakan Tanah humus atau tanah kompos
Intensitas penyiraman Satu kali dalam sehari
Pemupukan Dilakukan kira-kira 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK Daun

Suhu dan pencahayaan

Suhu dan pencahayaan Sansevieria Kirkii Silver Blue ini tumbuh paling baik di bawah sinar matahari sedang. Pastikan tanaman tidak terkena sinar matahari penuh karena akan merusak daun dan membuat daun menguning. Tempatkan tanaman kirkii silver blue di lingkungan dengan suhu mulai dari 15 hingga 22 derajat celcius. Tanaman ini juga dapat bertahan dalam suhu serendah 10 derajat celcius, tetapi itu bukan suhu yang ideal untuk jangka panjang.

Media tanam

Media tanam Sansevieria Kirkii Silver Blue dengan drainase baik membantu tanaman ini berkembang. Jika tanah terlalu basah maka Sansevieria Kirkii Silver Blue akan menyebabkan busuk pada akar. Sansevieria Kirkii Silver Blue ditanam di kompos yang dikeringkan dengan baik dan tidak terlalu banyak disiram , agar Sansevieria Kirkii Silver Blue tidak membusuk.

Pupuk

Tanaman Sansevieria Kirkii Silver Blue dengan perawatan rendah yang tidak membutuhkan nutrisi tambahan yang berlebihan, jika  pemberian pupuk diberikan secara berlebihan akan merusak daun tanaman. Proses pemupukan dilakukan kira-kira 30 hari sekali, menggunakan pupuk NPK Daun,

Untuk memperbanyak tanaman  Sansevieria Kirkii Silver Blue melalui metode stek daun, Anda dapat menggunakan daun yang dipotong tersebut untuk memperbanyak tanamannya. Sehingga tanaman Sansevieria Kirkii Silver Blue semakin cantik dan terawat. Itulah tadi informasi tentang Sansevieria Kirkii Silver Blue Tanaman Lidah Mertua yang Cantik. Semoga bermanfaat.

Source: kompas.com, epicgardening.com