Tanaman Aromaterapi Untuk Relaksasi, Tanaman hias tidak hanya berguna untuk mempercantik ruangan selain itu  beberapa jenis tanaman hias juga mengandung aroma terapi yang bisa membuat rileksasi pada tubuh.

Tanaman Aromaterapi Untuk Relaksasi

Sering kali kegiatan harian  membuat lelah, untuk mengobati kelelahan tersebut tentu anda mencari cara sesuai pilihan masing-masing, seperti bersantai di rumah, berolahraga, atau sekedar melakukan perawatan diri dll.

Manfaat Aromaterapi

Aromaterapi memberikan banyak manfaat untuk para penggunanya. Selain mampu menenangkan pikiran dan mengobati berbagai jenis gejala penyakit, aromaterapi juga mampu melakukan beberapa hal, seperti:

  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mengurangi efek samping dari kemoterapi
  • Menurunkan kadar stres, gelisah dan cemas berlebih
  • Meredakan nyeri, baik itu di persendian atau bagian tubuh lainnya
  • Meredakan dan mengobati sakit kepala serta migrain
  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Mengoptimalkan perawatan paliatif
  • Mengurangi rasa tidak nyaman saat persalinan
  • Melancarkan pencernaan
  • Dll

Tanaman Aromaterapi Untuk Relaksasi

Salah satu kegiatan yang paling favorit lainnya adalah relaksasi, ada beberapa tanaman hias yang memiliki aroma khas, sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum ruangan alami yang sangat menyegarkan. Berikut ada beberapa tanaman hias dengan aroma khas yang bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Peppermint

Peppermint

Peppermint

Peppermint memiliki manfaat sebagai dekongestan, anti pasmodik dan stimulant. Aroma dari peppermint yang segar dan sejuk dapat digunakan untuk mengatasi mual, kelelahan, dan pusing.

Peppermint dapat meningkatkan konsentrasi, menambah energi, memperbaiki sistem pencernaan, membantu iritasi dan ruam kulit. Peppermint juga dapat membantu membasmi bakteri, virus dan parasit yang ada dalam pencernaan.

Manfaat lainnya dari peppermint yakni dapat melancarkan penyumbatan sinus dan paru, mengaktifkan produksi minyak dikulit dan menyembuhkan gatal-gatal .

2.Tanaman Kemangi

Tanaman Kemangi

Tanaman Kemangi

Tanaman kemangi merupakan tanaman yang sering dikonsumsi sebagai lalapan oleh masyarakat, maupun penyedap masakan.

Tanaman kemangi mengandung banyak senyawa yang baik untuk tubuh, seperti flavonoid, saponin dan karotenoid. Ekstrak daun kemangi bisa digunakan sebagai obat herbal, yang dapat menyegarkan sekaligus menghilangkan rasa sakit di area tubuh. Daun kemangi berkhasiat untuk menenangkan, mengurangi dan menghilangkan stres.

3.Rosemary

Rosemary

Rosemary

Orang yang memiliki tekanan darah rendah disarankan untuk mandi dengan Rosemary. Hal ini diyakini bahwa tanaman wangi dapat melancarkan sirkulasi dan berfungsi sebagai tonikBerikut Caranya adalah Tuangkan empat gelas air mendidih ke dalam panci berisi lima sendok makan daun Rosemary.  Lalu tutup dan biarkan selama 30 menit.

4.Lavender

Lavender

Lavender

Selain memiliki warna yang cantik dengan bau yang wangi telah membuat lavender sebagai tanaman hias yang cukup digemari oleh banyak orang. Terlebih lagi tanaman bunga lavender mempunyai aroma tersendiri dan telah dipercaya dapat memberikan efek aromatik, bermanfaat untuk  mengobati kesulitan tidur hingga dapat menghilangkan stres serta dapat mengusir nyamuk.

5.Bunga Melati

Bunga Melati

Bunga Melati

Bunga melati terkenal akan aroma wanginya. Selain untuk tanaman hias di rumah, bunga melati juga sering digunakan sebagai elemen dekorasi dan untuk kecantikan.

Bunga melati juga terdapat banyak manfaat untuk kesehatan yang dikandung tanaman herbal ini, sebagian orang juga menjadikannya sebagai aroma berbagai makanan dan minuman. Manfaat yang bisa didapatkan dari bunga melati di antaranya sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah penuaan dini, pencegah kanker, menetralisir racun dan menyehatkan mata.

6.Tanaman Chamomile

Tanaman Chamomile

Tanaman Chamomile

Selain untuk tanaman hias, tanaman chamomile juga bermanfaat untukcampuran dari minuman teh ini, nyatanya mampu mengobati berbagai jenis gejala penyakit, seperti sakit perut, sakit kepala, muntah-muntah, serta antidepresan ringan.

7.Tanaman Bergamot

Tanaman Bergamot

Tanaman Bergamot

Buah bergamot matang berwarna kuning terang persis seperti jeruk lemon. Bergamot sangat sering digunakan sebagai ekstrak dalam parfum atau cologne.

Selain sebagai obat herbal antimalaria, bergamot juga bermanfaat sebagai antidepresan, penyaring zat beracun dalam tubuh dan aroma relaksasi untuk memperbaiki mood.

8.Bunga Mawar

Bunga Mawar

Bunga Mawar

Bunga mawar sudah lama dikenal sebagai salah satu sumber utama aromaterapi dan obat alami. Senyawa fenolat yang terkandung dalam tanaman ini, memiliki sifat antiinflamasi. Minyak yang berasal dari bunga Mawar juga bisa dimanfaatkan untuk obat sakit kepala dan antiseptik.

9.Kayu Manis

Kayu Manis

Kayu Manis

Kayu manis mengandung sinamaldehida yang mampu memberikan banyak manfaat baik untuk tubuh, seperti mengatasi dan meredakan perut kembung, radang sendi dan sebagai suplemen. Kandungan tersebut juga mampu memberikan sensasi tenang untuk pikiran, meredakan stres, dan mengobati insomnia.

Aroma khas kayu manis yang tentunya manis dan sedikit pedas juga efektif dalam meningkatkan mood, meningkatkan kinerja dan konsentrasi kerja, meringankan rasa sakit, hingga mengurangi kantuk.

10.Tanaman Geranium

Tanaman Geranium

Tanaman Geranium

Tanaman geranium memiliki aroma manis yang sangat khas, tanaman Geranium dinilai mampu memberikan ketenangan, kepada setiap orang yang menghirup aromanya.

Aromaterapi langsung dari tanaman jauh lebih ampuh daripada aromaterapi buatan, baik itu dalam bentuk lilin, pewangi, atau bentuk lainnya. Selain itu, aromaterapi alami dari tanaman juga tidak mengandung zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Demikian artikel tentang Tanaman Aromaterapi Untuk Relaksasi, semoga bermanfaat.

Tanaman Aromaterapi Untuk Relaksasi

Read previous post:
cara membuat pagar baja ringan
Cara Membuat Pagar Baja Ringan

Close