Tanaman Aquascape yang Tidak Memerlukan CO2, Aquascape adalah seni mengatur dan menata tanaman air, bebatuan, dan kayu di dalam akuarium. atau aquascaping biasanya di sebut “berkebun” di dalam air.

Tanaman Aquascape yang Tidak Memerlukan CO2

 MD Fish Tanks

Untuk membuat aquascape, tanaman merupakan hal yang sangat penting. Biasanya tanaman memerlukan CO2 untuk hidup dan berfotosintesis. Namun ternyata ada juga tanaman aquascape tanpa CO2 yang tetap bisa hidup.

Yang perlu Anda perhatikan adalah pilihlah tanaman yang aquacape yang cocok untuk jenis ini. Fungsi CO2 sendiri adalah sebagai proses berfotosintesa, yakni proses pengiriman sari makanan yang diperlukan tumbuhan dari daun ke akar.

Karena beberapa tanaman aquascape akan tetap hidup tanpa menambahkan CO2, terutama untuk tanaman yang bisa hidup dengan cahaya rendah dan tidak berakar. Berikut jenis tanaman aquascape yang mampu tumbuh tanpa CO2:

Tanaman Aquascape yang Tidak Memerlukan CO2

Java Moss

Java Moss

Jenis tanaman aquascape tanpa CO2 Java Moss memiliki bentuk yang hampir mirip dengan rumput laut, namun java moss memiliki warna hijau terang. salah satu jenis tanaman aquascape tanpa CO2 ini biasa tumbuh pada kayu apung atau bebatuan.Tanaman Java Moss di sukai oleh ikan-ikan kecil dan dapat hidup di segala macam pencahayaan dan tumbuh ideal pada suhu sekitar 21-24 derajar celcius.

Peacock Moss

Peacock Moss

Tanaman peacock Moss, jenis tanaman aquascape yang tidak memerlukan co2. Bentuk daun nya agak lebar berwarna hijau dengan ranting bercabang seperti ekor merak. Karena karakternya mudah menyebar maka sangat cocok untuk dijadikan substrat atau alas aquascape.

Lilaeopsis

Lilaeopsis

Lilaeopsis brasiliensis mirip sekali dengan rumput yang ada di daratan. Ini adalah jenis tanaman yang sangat cocok untuk karpet akuarium dan foreground. Lilaeopsis adalah tanaman yang cocok untuk pemula dan relatif mudah perawatannya.Tanaman akuarium ini bisa tumbuh setinggi 5 cm.

Anubias

Anubias

Tanaman Anubias (Anubias sp.) juga termasuk tanaman aquascape yang populer karena tahan banting dan mudah perawatannya, juga bisa tumbuh dengan baik dengan atau tanpa CO2. Umumnya tanaman yang bisa mengeluarkan bunga di dalam air ini hanya membutuhkan sedikit sinar sehingga harus ditempatkan di area yang terlindung.

Christmas Moss

Christmas Moss

Pertumbuhan dari tanaman ini sangat cepat apalagi jika mendapatkan cahaya matahari yang banyak. Seperti pada peacock moss, bisa diletakkan di dekat batu atau atas batu pada tangki aquascape.

Cambomba Caraloniana

Cambomba Caraloniana

Cambomba Caraloniana, jenis tanaman yang bisa hidup dengan baik tanpa bantuan co2. Pertumbuhannya cepat dan bisa hidup dalam suhu air 15 derajat. Soal pencahayaan pun tidak merepotkan, cukup dengan tingkatan sedang.

Water Wisteria

Water Wisteria

Water Wisteria atau Hygrophila difformis merupakan tanaman yang berasal dari India dan wilayah sekitarnya. Tanaman tangki ini biasanya tumbuh pada musim hujan di perairan dangkal. Water Wisteria dapat tumbuh dengan cepat dan perawatannya relatif mudah. Bahkan, dengan kombinasi yang seimbang, tanaman ini bisa tumbuh tanpa CO2 tambahan. Water Wisteria sangat cocok sebagai karpet akuarium.

Flame Moss

Flame Moss

Tanaman Flame Moss tumbuh memutar kearah atas menyerupai api. Tanaman Flame Moss berwarna hijau tua. Tanaman aquascape Flame Moss hidup pada suhu dibawah 30 derajat dan tidak memerlukan alat tambahan karbon dioksida (CO2) injector. Tanaman Flame Moss biasanya digunakan sebagai alas untuk aquascape atau diikatkan pada kayu atau batu.

Agar Tanaman Aquascape Tumbuh Dengan Baik

Tanaman Aquascape dapat tumbuh dengan baik tanpa CO2 selama memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Pencahayannya sedang hingga ke tinggi
  • Tanaman Aquascape berada pada suhu di bawah 28 derajat celcius
  • Selalu memberikan nutrisi pupuk cair secara rutin agar tumbuh dengan subur
  • Merawat aquarium dan mengganti air aquarium 20% setidaknya seminggu sekali

Sebelum memilih Tanaman Aquascape, persiapkan dahulu konsep aquascape yang ingin anda dibuat. Dan hal yang terpenting adalah membersihkan aquascape secara berkala agar tetap bersih indah dan rapi. Demikian tadi artikel tentang Tanaman Aquascape yang Tidak Memerlukan CO2, semoga bermanfaat.

Source: akuatik.id, bibitbunga.com,  MD Fish Tanks

Read previous post:
transdermal optical imaging
Transdermal Optical Imaging Mengecek Tensi Dengan Mudah

Close