Sejarah Blog, Blog atau web blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah Blog

Blog pertama kali muncul pada tahun 1994. Tentu saja pada waktu itu blog masih belum mendapatkan nama resminya seperti saat ini. Sejarah blog bisa dibagi menjadi beberapa periode tahun seperti berikut:

  1. Perkembangan Blog di Tahun 1994
    Sekitar tahun 1994 blog sudah mulai diperkenalkan ke internet dengan adanya jurnal pribadi yang dibuat oleh Justin Hall yang dimuat secara online dalam situs bernama links.net. Tampilannya masih sangat sederhana dengan background warna putih. Justin Hall mendapatkan julukan sebagai The Founding Father of Personal Blogger.
  1. Perkembangan Blog di Tahun 1997
    Pada tanggal 17 Desember 1997, Jorn Barger mengenalkan istilah weblog. Istilah ini digunakan untuk menyebut aktivitas logging to the web. Jorn Barger jadi orang pertama yang mengenalkan konsep kronologi pada weblog berdasarkan waktu posting tulisan.
  1. Perkembangan Blog di Tahun 1999
    Peter Merholz pada tahun 1999 ini mulai memperkenalkan kata blog yang dianggapnya lebih nyaman diucapkan dibandingkan weblog. Pada tahun ini pulalah mulai bermunculan variasi blog seperti Blogger, Xanga, ataupun LiveJournal.
  1. Perkembangan Blog di Tahun 2003
    Tahun 2003 menjadi tahun perkembangan blog secara signifikan. Karena pada tahun 2003 Google akhirnya mengakuisisi blog dari Pyra Labs yang merupakan pemilik Blogger sebelumnya. Pada tahun ini pula muncul pesaing Blogger yaitu WorPress. Keduanya eksis dan merajai dunia blog sampai saat ini.
  1. Perkembangan Blog di Tahun 2018
    Perkembangan pesat terjadi pada WordPress yang merajai dunia blogger. Hampir 50% blogger menggunakan layanan dar WordPress. Sedangkan Blogger hanya digunakan oleh 2% penulis blog saja. WordPress mengembangkan platformnya dengan layanan yang menjanjikan seperti website basic hingga toko online.

Sejarah Blog di Indonesia

blog mengalami perkembangan di Indonesia seiring dengan masuknya teknologi dan jaringan internet. Pada umumnya, dunia blog di Indonesia bisa dibagi menjadi 3 generasi yaitu:

  1. Generasi Awal (Tahun 1998-2001)
    Para generasi awal ini biasanya orang-orang menulis blog dengan tema jurnal pribadi. Mereka berkumpul pada search engine msn.or.id yang sekarang sudah tidak beroperasi lagi. Para blogger generasi pertama ini menggunakan tools dari livejournal.com ataupun blogger.com.
  1. Generasi Kedua (Tahun 2001-2002)
    Pada periode 2001-2002 mulai bermunculan komunitas blogger di Indonesia. Ada komunitas blogbugs, angkringan (Jogjakarta), bbv.or.id (Bandung), tukanglenong (Jakarta). Isi dari blog masih berkutat seputar jurnal pribadi saja. Jumlah blogger pada periode ini meningkat dengan pesat. Tools yang mereka gunakan adalah blogger.com, pMachine, dan MT.
  1. Generasi Ketiga (Tahun 2004 – Sekarang)
    Generasi ketiga ini bisa dibilang lebih modern dan menguasai teknologi dibandingkan dengan dua generasi sebelumnya. Tema blog pun sudah mulai bergeser dari jurnal pribadi menjadi tema umum yang banyak dicari oleh pengguna internet. Generasi ketiga ini umumnya menggunakan tools dari WordPress dan juga blogspot.

Blog memiliki konten yang harus terus-menerus diperbarui dan dikelola, Anda harus menggunakan desain yang menarik untuk menjadi perhatian audience dan memaksimalkan keunggulan yang dimiliki. Salah satu contohnya adalah dengan mengaktifkannya kolom komentar sehingga pengunjung situs bisa menuliskan pikiran atau sarannya.  Demikian artikel tentang Sejarah Blog, semoga bermanfaat.

source :qwords.com

Read previous post:
Profil Mark Zuckerberg Pendiri Facebook

Close