Sambal Dabu-dabu khas Manado Yang Segar dan Pedas, Orang Manado nyaris tak bisa makan tanpa ditemani rasa pedas. Cabe  menjadi salah satu bumbu yang paling dicari. Cabe diolah menjadi dabu-dabu (sambal).

Dabu-dabu khas manado memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri karena dabu-dabu Manado sangat pedas. Beberapa macam dabu-dabu seperti dabu-dabu bakar, dabu-dabu iris, dabu-dabu lemong dan dabu-dabu lilang mudah dijumpai di rumah makan yang menyajikan ikan bakar.

Sambal Dabu-dabu khas Manado Yang Segar dan Pedas

Sambal dabu-dabu adalah sambal khas Manado yang cara membuatnya dipotong kotak-kotak, disiram jeruk nipis, dan ditambahkan irisan kemangi. Cita rasa pedas dan segar membuat sambal dabu-dabu nikmat dengan nasi hangat dan ikan bakar.

Youtube Dapur Kadeena

Dabu-dabu merupakan bahasa Manado, Sulawesi Utara yang berarti sambal. Di Manado memiliki beberapa  jenis dabu-dabu. Diantaranya adalah dabu-dabu lilang, dabu-dabu roa, dabu-dabu bakasang, dan dabu-dabu kuning. Dabu-dabu yang paling terkenal adalah lilang yang artinya sambal yang dipotong-potong.

Bahan untuk membuat sambal dabu-dabu berbahan dasar cabai rawit merah, bawang merah, garam, batang daun bawang, cabai keriting, tomat, dan perasan jeruk nipis atau minyak kelapa.

Cara membuat sambal dabu-dabu tidak terlalu sulit,  Cabai merah, cabai keriting, bawang merah, dan tomat dipotong kecil-kecil. Sedangkan batang daun bawang dipotong tipis-tipis. Campur semua bahan lalu tambahkan air perasan jeruk dan garam dan Sambal dabu-dabu pun siap disajikan.

Dalam bahasa Manado, dabu-dabu sendiri sebenarnya berarti sambal. Hanya saja, saat ini masyarakat umum mengenal sambal dabu-dabu sebagai sambal Manado dengan irisan tomat segar.

Sambal Dabu-dabu ala Chef Billy

Berikut merupakan resep sambal dabu-dabu dari Chef Billy Kalangi yang berasal dari Manado menjelaskan sambal dabu-dabu merupakan hidangan sambal yang terbuat dari cabai rawit, bawang merah, dan tomat.:

Bahan:

  • 10 buah rawit merah, iris
  • 5 buah rawit hijau, iris
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 1 buah tomat merah, dipotong dadu
  • 5 buah tomat hijau, iris
  • 1/2 buah jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

Cara membuat:

  • Peras jeruk nipis ke bawang merah dan diamkan sebentar.
  • Campurkan semua bahan di atas, aduk rata dan bumbui dengan gula dan garam secukupnya
  • Agar tetap segar, sambal bisa disimpan dalam kulkas

Secara sekilas, sambal dabu-dabu mirip sambal matah, karena berbahan dasar cabai rawit dan bawang merah. Namun bedanya adalah sambal matah menggunakan campuran daun jeruk purut dan serai. Sedangkan, sambal dabu-dabu menggunakan tomat segar, mentimun, dan perasan jeruk nipis.

Sambal Dabu-dabu ini memiliki tingkat kepedasan yang cukup tinggi, pedasnya Sambal khas Manado memang gak perlu diragukan lagi ya. Rasanya sambal apapun di Manado walaupun tergolong pedasnya di atas rata-rata standar Indonesia, tetapi mampu memberikan sensasi kenikmatan sendiri.

Rasanya yang pedas dan segar membuat sambal dabu-dabu jadi pilihan tepat untuk menghilangkan rasa amis pada hidangan laut. Sambal dabu-dabu khas manado,  ketenarannya sudah dikenal hingga penjuru nusantara. Kelezatannya juga tak perlu diragukan lagi.

Itulah tadi informasi tentang Sambal Dabu-dabu khas Manado Yang Segar dan Pedas, selamat mencoba.

(cnnindonesia.com, inews.id, travel.rakyatku.com)