Sakinah Mawaddah Wa Rahmah, Dalam Islam Menikah adalah ibadah, sebuah pernikahan yang sakinah mawaddah dan wa rahmah menurut ajaran islam akan membawa kebahagiaan. Bahagia di dunia dan diakhirat.

Sakinah Mawaddah Wa Rahmah

 

Kata Sakinah dalam bahasa Arab memiliki arti kedamaian, tenang, tentram, dan aman. Dalam Qur’an

“…Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang…”.  QS. 30:21 (Ar-Rum) 

Makna kata sakinah dalam pernikahan tersebut dapat diartikan bahwa pasangan suami istri harus dapat membuat pasangannya merasa tentram, tenang, nyaman dan damai dalam menjalani kehidupan bersama agar sebuah rumah tangga bisa langgeng. Agar  rumah tangga yang langgeng dibutuhkan sebuah iman dan ikatan hati yang kuat yaitu kesetiaan.

Kata sakînah (Arab: سَكِينَة) atau sakan (سَكَنٌ) berasal dari kata sakana (سَكَنَ) yang mengandung arti ‘tenang’, ‘tenteram’ (rukun, sejahtera, sentosa, dll.).

Mawaddah (مَوَدَّة) berasal dari kata wadda (وَدَّ) yang salah satu maknanya adalah cinta. Cakupan makna kata ini lebih luas daripada mahabbah (مَحَبَّة) yang juga sering diartikan cinta.

Dan  rahmah (رَحْمَة) adalah kasih sayang.

Semoga kita semua termasuk kedalam golongan orang-orang yang menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah dan termasuk kepada orang-orang yang sholeh sholehah, sehingga kehidupan di dunia dan akhirat menjadi nyaman, aman dan tentram. Sehidup sesurga, membawa pasangan kita masing-masing dan anak-anak menuju jannah-Nya. Aamiin…

 

Read previous post:
Manfaat Memelihara Kucing

Close