Resep Tiramisu Mille Crepes Yang Lembut Berlapis Krim Manis, Mille crepes yaitu  kue yang terbuat dari crepes dan olesan whip cream yang ditata dengan cara ditumpuk hingga berlapis-lapis.

Olahan dessert manis ini merupakan cake khas Perancis, cita rasa si kue ribuan layers ini terasa milky, creamy, legit dan lembut.

Resep Tiramisu Mille Crepes Yang Lembut Berlapis Krim Manis

Mengikuti resep tiramisu mille crepes dari buku “Chef @Home (HC) 35 Resep Masakan Rumahan ala Restoran” (2017) oleh Mika Hadi terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Cake ini juga bisa dibuat di rumah dengan dessert ala kafe mewah.

Berikut ini Resep tiramisu mille crepes

Resep tiramisu mille crepes

Bahan:

  • 125 gram tepung
  • 3 butir telur
  • 50 gram gula halus
  • ½ sdt garam
  • 40 gram mentega tawar
  • 400 ml susu cair
  •  1 sdt vanili

Krim tiramisu:

  • 250 gram gula bubuk
  • 250 gram keju mascarpone
  • 1 L whip cream
  • 200 gram cokelat bubuk

Cara membuat tiramisu mille crepes:

  1. Crepes: Kocok telur, gula, garam, dan mentega. Tuang susu dan tepung secara bergantian. Kocok sampai adonan tidak ada yang menggumpal.
  2. Siapkan teflon anti lengket berukuran 20 cm. Olesi dengan mentega, tuang adonan tipis-tipis secara merata. Masak selama satu sampai dua menit. Ulangi proses ini hingga adonan crepes habis.
  3. Krim tiramisu: Siapkan semua mangkuk bersih, kocok keju mascarpone dan gula halus. Tambahkan whip cream, aduk dengan ballon whisk sampai tercampur rata.
  4. Menyusun crepes: Siapkan loyang berbentuk bundar, taruh satu lembar crepes dan olesi dengan krim tiramisu yang sudah dibuat.
  5. Ulangi proses ini hingga crepes dan krim tiramisu habis. Kalau sudah, simpan tiramisu mille crepes ke dalam lemari pendingin selama satu jam.
  6. Keluarkan dan nikmati dalam keadaan dingin.

Dessert ini terbuat dari susunan crepe yang diberi lapisan cream. Walaupun berasal dari Perancis, mille crepes namun dessert ini sangat populer di Jepang.

Mille crepes dalam bahasa Prancis berarti “seribu crepe”. Crepe diberi lapisan pastry cream beragam rasa kemudian ditumpuk dengan crepe lainnya. Ini terus dilakukan sampai membentuk sebuah cake berlapis. Meski namanya seribu, namun biasanya cake terdiri dari 20 crepe.

Bagian paling atas dari crepe biasa diberi brulee berupa lapisan tipis gula yang dibakar. Baru kemudian cake dipotong berbentuk segitiga. Cake terasa lembut dengan krim yang manis.

Bagi yang belum menguasai tekniknya, membuat kue ini kelihatannya sangat sulit. Padahal bahan dasarnya sendiri mudah dicari, yakni telur, tepung terigu, mentega, dan susu. Untuk isiannya bisa menggunakan whipped cream yang diberi bubuk cokelat, greentea, red velvet dan cream cheese.

Itulah tadi informasi tentang Resep Tiramisu Mille Crepes Yang Lembut Berlapis Krim Manis, semoga bermanfaat.

Info: kompas.com, gramedia