Resep Nasi Biryani, Nasi biryani atau biriani, beriani, atau briyani adalah hidangan berupa nasi, biasanya dari beras basmati. Makanan ini berasal dari Asia Selatan, yaitu (India dan Pakistan).

Nasi Biryani

Nasi biryani atau biriani, beriani, atau briyani adalah hidangan berupa nasi (biasanya dari beras basmati) yang dimasak dengan rempah-rempah lalu ditambah dengan sayuran, atau daging (ayam, kambing, ikan, udang atau sapi).

Nasi biryani berasal dari Bahasa Persia, beryā(n) yang berarti goreng atau panggang. Pada zaman dulu, beras digoreng di dalam Minyak samin sebelum direbus di dalam air bersama rempah-rempah hingga setengah matang.

Di Indonesia dan Malaysia, hidangan ini disebut dengan tambahan kata nasi (nasi biryani, nasi briyani, nasi briani, atau nasi beriani.

Biryani dibuat dari beras yang sudah direbus di panci terpisah. Setelah beras setengah matang, beras dicampur dengan kaldu berbumbu, ditutup rapat di dalam panci, dan dimasak hingga matang sampai kaldu menyerap kedalam nasi.

Pedagang dari Bangsa Persia memperkenalkan cara memasak briyani kepada orang India dan Pakistan. Hidangan ini tidak hanya populer di India dan Pakistan, melainkan juga di Irak, Iran, Afganistan, Bangladesh, dan kalangan penduduk muslim Sri Lanka.

Resep Nasi Biryani

Berikut ini merupakan resep Nasi Biryani ala Endeus TV.

Endeus.tv

Resep Nasi Briyani

Bahannya

  • 3 sdm minyak goreng
  • 4 sdm minyak samin
  • 5 cm kayu manis
  • 2 batang serai
  • ½ butir pala
  • 2 sdm bumbu kari bubuk
  • 2 butir cengkih
  • 700 g daging kambing bertulang
  • ½ sdt merica bubuk
  • 4 sdt garam
  • 1,5 liter air
  • 600 g beras basmati
  • 400 m susu cair
  • 2 sdm air kunyit
  • 3 butir kapulaga
  • 1 sdt garam
  • 50 g kismis
  • 1 sdm air jeruk nipis

Bahan bumbu:

  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 4 siung bawang putih
  • 12 butir bawang merah
  • Minyak goreng secukupnya

Langkah-Langkah

  1. Haluskan semua bahan bumbu
  2. Tumis bahan bumbu dengan minyak goreng dan minyak samin
  3. Masukkan kayu manis, serai, pala, bumbu kari bubuk, dan cengkih, aduk rata
  4. Masukkan daging kambing, aduk merata
  5. Masukkan merica bubuk, garam, dan air, lalu presto hingga empuk
  6. Masak beras basmati dengan air presto, tambahkan susu cair, air kunyit, kapulaga, garam, dan kismis, masak hingga matang
  7. Masukkan air jeruk nipis dan daging kambing
  8. Sajikan

Sejarah Nasi Biryani

Menurut sejarah, Nasi briyani telah ada sejak abad ke-18 dan ke-19, hidangan ini merupakan hasil kreasi Mumtaz Mahal, istri dari Shah Jahan, raja ke-5 dari Dinasti Mogul di India.

Saking senangnya dengan dunia memasak, konon Mumtaz lah yang pertama kali menciptakan briyani. Kisah briyani sendiri bermula pada masa Mughal memerintah kawasan Lucknow atau yang dulu disebut dengan Awadh.

Pada saat itu, Wajid Ali Shah yakni Nawab dari Awadh menambahkan potongan kentang ke dalam nasi biryani. Hasilnya sangat mengejutkan, nasi biryani menjadi lebih kaya karena ternyata kentang merupakan makanan pelengkap yang tepat untuk disajikan bersama daging dan nasi.

Terlepas dari kreasi nasi biryani yang kini banyak ragamnya mulai dari, Sindhi Biryani dengan potongan kentang, Memoni Biryani dengan tez masala, hingga Kachay Gosht ki Biryani yang diolah dengan bumbu rempah-rempah tanpa tomat, Lucknow diklaim menjadi tempat lahirnya kuliner tersebut.

Secara harfiah, briyani adalah hidangan tradisional yang dimasak pada momen-momen tertentu seperti perayaan hari besar. Keistimewaan briyani terletak pada aroma rempah-rempah, masala, dan rasa pedasnya yang unik. Setiap regional maupun daerah di India maupun Pakistan memiliki gaya memasak berbeda.

Tidak ada penggunaan air mawar atau kewra, seperti yang biasa digunakan di sebagian besar hidangan Mughlai. Namun, Awadhi Dum Biryani digadang-gadang menjadi cikal bakal nasi briyani yang masih sering ditemui hingga saat ini.

Hidangan tersebut ditemukan pada masa Shuja-ud-Daula. Suksesornya Asaf-ud-Daula yang memerintah pada tahun 1750-an. Ia disebut menghabiskan banyak uang untuk mengolah beragam hidangan lezat karena terpukau dengan kelezatan nasi briyani.

Setidaknya lebih dari 12 lusin dapur di kerajaan dan ratusan koki diminta untuk menyiapkan ratusan makanan. Di sinilah tercipta varietas Awadhi Biryani dari eskperimen panjang para koki berpengalaman. Satu abad kemudian, Wajid Ali Shah turun dari takhtanya, dan dikirim ke Calcutta oleh kaum imperialis.

Rombongannya ternyata membawa serta resep Awadhi Biryani, hingga akhirnya tercipta Calcutta Biryani dengan ciri khas potongan kentang berukuran besar sebagai campuran utamanya.

Jenis Nasi Biryani

Berdasarkan jenisnya nasi biryani terdapat beberapa macam jenis diantaanya adalah sebagai berikut:

  1. Biryani Awadh
    Biryani adalah makanan khas Lucknow. Biryani lucknow (biryani awadh) tergolong pakki biryani (pakki berarti matang). Daging dan nasi dimasak terpisah sebelum dicampur di dalam panci tertutup dan dipanggang. Daging ditumis lebih dulu bersama rempah-rempah di dalam minyak samin sebelum dimasak di dalam air hingga matang.
    Air kaldu disisihkan untuk dipakai memasak beras yang sudah digoreng sebentar di dalam minyak samin. Setelah matang, nasi dicampur bersama daging di dalam panci (handi) tertutup dan dimasak di atas api kecil.
  1. Biryani Hyderabad
    Nasi biryani yang “non-vegetarian” (bukan untuk pemakan sayur saja) Hyderabad dikenal di seluruh India. Daging yang dipakai adalah daging kambing atau daging ayam. Terkadang, Potongan kentang dimasak bersama daging.
    Berdasarkan cara memasak, biryani dibagi menjadi dua jenis, yaitu pakki biryani dan kacchi biryani.
    Daging untuk pakki biryani dimasak terpisah hingga matang sebelum dimasak dengan beras di dalam panci tertutup.
    Daging untuk kacchi biryani (kacchi berarti mentah) hanya direndam di dalam campuran yogurt dan rempah-rempah sebelum diletakkan di dasar panci dan dimasak bersama nasi yang sudah direbus hingga setengah matang.
  1. Biryani Iran
    Di Iran, biyani dibuat di Isfahan memakai daging kambing panggang. Paru-paru kambing direbus dan dicincang terpisah sebelum dipanggang di atas wajan khusus. Hidangan ini dimakan bersama roti yang disebut nan-e taftton atau nan-e sangak.
    Dalam bentuknya yang asli, biryani disebut dam pukht (dan-pukhtak) yang berarti dimasak dengan dikukus dalam bahasa Persia. Di Iran, hidangan ini lebih umum disebut dum pukht daripada biryani.
  1. Biryani Malabar
    Nasi biryani ayam dari daerah Malabar Utara dikenal di luar Malabar sebagai biryani malabar. Ciri khas biryani malabar tidak telalu banyak rempah, namun dimasak dengan cara dum pukht.
    Biryani malabar konon diperkenalkan di Kerala oleh pedagang dari Timur Tengah. Biryani malabar biasanya dimakan bersama raita berisi bawang bombay dan tomat. Minuman sewaktu makan biryani malabar adalah teh lemon yang disebut suleimani.
  1. Biryani Sindh/Lahore
    Biryani sindh adalah variasi biryani Pakistan. Biryani pakistan terutama biryani yang memakai daging ayam adalah makanan populer di Karachi dan Lahore. Biryani ayam ala Pakistan sangat mirip dengan biryani Lahore, namun memasukkan unsur-unsur biryani Sindh seperti pemakaian kentang.
  1. Biryani Sri Lanka
    Daging yang dipakai adalah daging ayam, sapi, atau kambing. Di Sri Lanka, biryani populer di kalangan penduduk beragama Islam. Hidangan sampingan sewaktu makan nasi biryani di Sri Langka adalah acchar, kari kacang mete, dan sambol daun mint.
  1. Tahiri
    Versi “vegetarian” (pemakan sayur) nasi biryani disebut Tahiri. Hidangan ini populer sebagai masakan rumah di India dan Pakistan. Di Bangladesh, Tehri berarti biryani yang memakai daging.
    Biryani Tahiri ini biasanya tidak pakai daging dan biasa hanya pakai kentang untuk pengganti daging. Biryani versi ini biasanya untuk umat Hindu yang tidak makan dagin-dagingan.
  1. Biryani di Asia Tenggara
    Di Myanmar, biryani disebut danpauk, danbauk or danpauk htamin. Semuanya berasal dari bahasa Persia, dam pukht. Beras yang dipakai bukan beras basmati, melainkan beras khusus yang ditanam di dalam negeri.
    Bahan-bahan biryani berupa daging ayam, kacang mete, yogurt, kismis, kacang-kacangan, cengkih, kayu manis, safron, dan daun salam koja. Biryani dihidangkan bersama salad irisan bawang bombay dan mentimun.
    Di Yangon terdapat rumah makan berantai yang secara khusus menyediakan nasi biryani.
    Di Thailand, biryani dipopulerkan oleh komunitas muslim Thai yang menyebutnya khao mok. Daging yang dipakai adalah daging ayam, daging sapi, atau daging kambing.
  1. Biryani Indonesia
    Di Indonesia Biryani sering disamakan dengan nasi kebuli. Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis

Nasi Biryani merupakan salah satu olahan nasi yang sangat unik dan juga sangat nikmat asli timur tengah. Nasi briyani yang sangat lezat memiliki warna kuning. Karena daging yang dicampurkannya dibumbui dengan bumbu kunyit sehingga nasi yang putih ini menjadi kuning. Dengan perpaduan bumbu rempah-rempah yang begitu melekat pada nasi briyani ini menjadi makanan dengan cita rasa yang nikmat.Demikian artikel tentang Resep Nasi Biryani, semoga bermanfaat.

Source: tribunnewswiki.com, muslim.okezone.com,endeus tv

Read previous post:
isra mi'raj 2021
Selamat memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad 27 Rajab 1442

Close