Resep Kakap Asam Manis, ikan kakap menjadi salah satu menu paling dicari di rumah makan seafood. selain ikan gurami dan olahan laut lainnya, ikan kakap juga sangat nikmat jika di sajikan dengan saus asam manis.

Resep Kakap Asam Manis

Ikan kakap merupakan keluarga ikan laut dasaran yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang. Mempunyai ciri tubuh yang bulat pipih dengan sirip memanjang sepanjang punggung.

Jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia adalah jenis kakap merah (L. campechanus). Beberapa jenis yang lain yang juga banyak ditemui adalah kakap kuning, kakap hitam dan lain-lain.

Kakap merah merupakan fauna khas provinsi Kepulauan Riau dikarenakan provinsi ini merupakan tempat tinggal banyak kakap dan kakap sendiri sering dijadikan bahan makanan khas yaitu asam pedas.

Ikan kakap memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah  kakap merah, putih, kuning, hingga hitam. Semuanya bisa dimasak jadi beragam hidangan lezat.

Resep Ikan Asam Manis ala Masakan Restoran , Sweet and sour fish
by Mrs. Culinary

Resep Ikan Asam Manis ala Masakan Restoran by Mrs. Culinary

Bahan – bahannya:

  • 1 ikan fillet yang sudah di potong potong
  • 1 paprika merah yang di potong dadu
  • 1/2 bawang bombai yang di iris tipis
  • 2 cm jahe parut
  • 2 butir bawang putih cincang

Cooking Instruction:

  1. Untuk membuat tepungnya, kocok 1 butir telur ke dalam piring. Lalu di piring yang berbeda, masukan 1 gelas / 120 gr. tepung terigu yang berbumbu dan 2 sdm tepung topioka lalu aduk hingga rata.
  2. Potong ikan sebesar 4 – 5 cm, lalu sebarlah ikan yang sudah di potong di atas piring lalu berikan perasan jahe yang sudah di parut lalu  campur hingga rata ke seluruh ikan fillet.
  3. Setelah berikan perasan jahe, taburi bubuk lada hitam dan bubuk bawang putih. jika tidak ada, di skip saja, lalu  taburi sedikit garam dan  aduk hingga rata.
  4. Setelah semua tercampur rata, celupkan ikan yang berbumbu kedalam telur lalu ke dalam tepung berbumbu. ulangi step ini hingga semua ikan terbumbui
  5. Untuk membuat adonan tepung ikan yang tidak di fillet. Di dalam mangkok besar, tambahkan 120 gr tepung terigu yang berbumbu dan 2 sdm tepung topioka lalu masukan 1/4 gelas air dingin dan  aduk. Lalu  lumuri adonan tepungnya ke semua sisi ikan hingga rata..
  6. Untuk menggoreng ikannya, pastikan minyaknya panas dengan menyelupkan sumpit kayu kedalam minyak, jika minyaknya bergelombang, berarti sudah siap untuk menggoreng. Goreng ikannya hingga kuning kecokelatan. Agar ikannya benar2 crispy, gorengnya jangan terlalu penuh ya..lalu angkat.
  7. Untuk membuat sausnya, di dalam mangkok kecil, tambahkan 2 sdm saus tomat botol, 1 sdm saus plum, 1/2 sdm kecap asin dan 1 sdm air dan aduk hingga rata. Siapkan juga untuk mengentalan sausnya dengan 1sdm tepung topioka dan 5 sdm air putih.. lalu campur hingga rata..
  8. Di dalam 3 sdm minyak yang panas tambahkan bawang bombai dan masak hingga harum lalu tambahkan bawang putih dan jahe.  masak kira kira 1-2 menit. Setelah itu  masukan paprika dan tambahkan saus yang sudah  buat tadi lalu  masak dan aduk hingga rata. Tambahkan m1/4 gelas air agar sausnya tidak terlalu kental, kalian juga bisa menambahkan potong nanas. setelah itu   masukan air tepung topiokanya dan aduk selama 30 detik. Lalu masukan ikan yang sudah di goreng dan aduk hingga semua bumbu tercampur.
  9. Untuk membuat saus ikan yang tidak fillet, tumis bawang putih lalu masukan sausnya hingga mendidih, lalu  siram ke dalam ikan yang sudah  goreng.

Sebelum mulai memasak ikan kakap, sebaiknya mengetahui  beberapa tipsnya agar  tidak salah dalam memilih, ikan jadi tidak segar, baunya amis, hingga rasa yang cenderung hambar. Berikut ini beberapa tips memasak ikan kakap diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pilih ikan kakap yang matanya masih jernih. Jika matanya buram, bisa jadi ikan kakap tersebut tidak segar
  • Pilih daging yang kenyal. Jika lembek dan tidak keras, maka ikan tidak segar
  • Jika Ikan dalam bentuk fillet, pilih yang kulitnya masih menempel pada daging, agar tidak mudah hancur saat dimasak
  • Baking ikan kakap di dalam oven dengan garam, jus lemon dan bubuk lada hitam
  • Rendam dalam larutan susu sekitar 20 menit agar tidak bau amis
  • Bisa juga dengan cara baluri ikan dengan larutan asam, seperti lemon dan cuka selama 5 menit
  • Jika ikan kakap fillet, panggang dalam oveb dan bumbui dengan bubk bawang putih serta lada hitam
  • Sebelum dimasak, cuci dengan air dingin. Tidak disarankan mencuci dengan air panas, karena ikan akan setengah matang sebelum waktunya
  • Untuk menghilangkan bau amisnya, rendam di dalam larutan susu sekitar 20 menit. Pastikan jangan terlalu lama, karena bisa bikin lembek.

Selain rasanya yang enak untuk diolah menjadi masakan, jenis ikan kakap  juga memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh, seperti dapat mencegah penyakit tulang, penyumbatan pembuluh darah, menjaga metabolisme tubuh, hingga mencegah penyakit jantung. Demikian artikel tentang Resep Kakap Asam Manis, semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Source: Youtube : Mrs. Culinary , idntimes.com/food

Read previous post:
adhitya mentor 3000 programmer
Adhitya Siswa SMKN 1 Majalengka Jadi Mentor 3000 Programmer

Close