Puasa Di Bulan Rajab, Narasumber fikih kontemporer di radio MQ FM dan MQTV, Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Ihsan Cimahi & Banjaran. SHAUM RAJAB dari Ajengan Aef Cimahi (Saefudin Abdul Fattah)

Puasa Di Bulan Rajab

PhiRadioDotNet Official

APAKAH SHAUM DIBULAN RAJAB ITU SUNAH ATAU BID’AH? Terkait hal itu Ajengan Aef menyampaikan tiga poin singkat:

1. Memperbanyak shaum di bulan Rajab itu disunahkan

Bulan Rajab merupakan salah satu empat bulan haram ( yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab) dimana ada hadits shohih yang menganjurkan memperbanyak shaum sunah dibulan-bulan itu.

Berikut ini dalilnya:

صُمْ مِنَ الحُرُمِ وَاتْرُكْ، صُمْ مِنَ الحُرُمِ وَاتْرُكْ، صُمْ مِنَ الحُرُمِ وَاتْرُكْ

“Berpuasalah di bulan haram, lalu jangan puasa (kecuali ramadhan), Berpuasalah di bulan haram, lalu jangan puasa…, Berpuasalah di bulan haram, lalu jangan puasa.” (HR. Ahmad & HR. Abu Daud)

2. Mengkhususkan shaum rajab hanya dihari-hari tertentu dengan dalil hadits-hadits maudhu (palsu) adalah tidak dibenarkan.

Hadits palsu yang biasanya menjanjikan pahala bombastis banyak beredar di medsos salahsatunya adalah hadits dibawah ini:

مَنْ صَامَ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ رَجَبَ كُتِبَ لَهُ صِيَامُ شَهْرٍ وَمَنْ صَامَ سَبْعَةَ أَيَّامٍ مِنْ رَجَبَ أَغْلَقَ اللهُ عَنْهُ سَبْعَةَ أَبْوَابٍ مِنَ النَّارِ وَمَنْ صَامَ ثَمَانِيَةَ أَيَّامٍ مِنْ رَجَبٍ فَتَحَ اللهُ ثَمَانِيَةَ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ، وَمَنْ صَامَ نِصْفَ رَجَبَ حَاسَبَهُ اللهُ حِسَاباً يَسِيْراً.

“Barangsiapa berpuasa tiga hari pada bulan Rajab, dituliskan baginya (ganjaran) puasa satu bulan, barangsiapa berpuasa tujuh hari pada bulan Rajab, maka Allah tutupkan baginya tujuh buah pintu api Neraka, barangsiapa yang berpuasa delapan hari pada bulan Rajab, maka Allah membukakan baginya delapan buah pintu dari pintu-pintu Surga. Dan barangsiapa puasa nishfu (setengah bulan) Rajab, maka Allah akan menghisabnya dengan hisab yang mudah.”

Hadits diatas ini adalah hadits (مَوْضُوْعٌ)palsu yang tidak boleh jadi sandaran beramal.

3. Tapi juga jika ada yang mengharamkan mutlaq melaksanakan shaum sunah dibulan Rajab.

Menurut Ajengan Aef, itu tidak tepat karena sah-sah saja seorang yang rajin shaum. Dengan niat untuk memuliakan bulan Rajab dengan memperbanyak shaum karena hadits shohihnya ada(bisa lihat hadits poin pertama).

Kesimpulan

  1. Boleh memperbanyak shaum sunah dibulan Rajab.
  2. Tidak boleh hanya mengkhususkan shaum dihari-hari tertentu dibulan Rajab dengan dasar hadits-hadits palsu
  3. Tidak boleh mengharamkan atau membid’ahkan memperbanyak shaum dibulan rajab.

Wallahu a’lam bishowaab, Semoga bermanfaat. Aamiin

Sumber :

Ajengan Aef Cimahi (Saefudin Abdul Fattah) (Narasumber fikih kontemporer di radio MQ FM dan MQTV, Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Ihsan Cimahi & Banjaran.

PhiRadioDotNet Official

Keutamaan Puasa Rajab Tanggal 1-10 Rajab 1442 H / 13 Februari 2021 Menurut Ulama

 

Read previous post:
aplikasi meeting online
Aplikasi Meeting Online untuk PC dan Smartphone

Close