Potret Keindahan Danau Weekuri, Danau Weekuri adalah danau air asin yang terletak di Desa Kalena rongo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Danau Weekuri terletak sekitar 60 kilometer dari ibu kota kabupaten, Tambolaka.

Potret Keindahan Danau Weekuri

Nama Weekuri berasal dari bahasa Sumba wee yang berarti air dan kuri yang berarti parutan atau percikan,  Danau Weekuri dipercaya terbentuk dari air laut yang terpercik melalui karang sehingga menembus ke daratan. Danau ini memang dikelilingi oleh batu karang yang memisahkannya dengan laut. Mitos setempat menyebutkan bahwa Weekuri konon dahulu merupakan nama sebuah perkampungan yang tenggelam akibat meluapnya air laut.

Danau Weekuri berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar terjauh 50 meter.Kedalaman danau berkisar 30 cm hingga 2,5 meter saat surut namun dapat mencapai lima meter saat laut pasang.

Danau Weekuri memiliki air yang sangat jernih dengan kedalaman air yang tak cukup dalam, sehingga sangat cocok digunakan oleh pengunjung untuk sekedar bermain air dan berenang. Tersembunyi di balik pepohonan rimbun dan semak belukar serta jauh dari keramaian kota, suasana di sekitar danau terasa masih sangat asri.

Selain sifat air payau yang dibawa dari laut, uniknya lagi di danau ini terdapat beberapa titik sumber mata air yang membuat gradasi warna air di danau ini bervariatif. Air pada Danau Weekuri  juga bervariasi, ada yang hangat dan dingin. Keunikannya sangat jarang ditemukan pada danau-danau lain di Indonesia.

Keindahan Danau Weekkuri diantaranya adalah:

  • Memiliki kadar garamnya tinggi sehingga kamu akan mengapung tanpa harus menggunakan pelampung.
  • Danau Weekuri dikelilingi oleh batuan cantik yang sering dikunjungi pengunjung sebagai tempat berteduh.
  • Memiliki gradasi warna yang cantik, ada yang berwarna biru, kehijauan, hingga putih dari pantulan dasar danau.
  • Danau Weekuri masih menjadi tempat wisata favorite bagi para wisatawan lokal dan mancanegara.
  • Untuk melihat sunset, waktu yang dianjurkan adalah mulai jam 4 sore. Di waktu ini, kamu bisa melihat air danau yang sangat biru dari pantulan sinar matahari yang telah bergerak ke barat

Namun, akses menuju Danau Weekuri masih terbilang cukup sulit. Ada beberapa titik jalan yang masih belum berlapis aspal. Demikian tadi Potret Keindahan Danau Weekuri, semoga bermanfaat.

Read previous post:
Hipotensi atau Darah Rendah
Hipotensi atau Darah Rendah

Close