Ternyata, Pohon Pelangi Terindah di Dunia Ada di Indonesia, Pohon pelangi dengan gradasi warna yang cantik tumbuh di hutan hujan Indonesia terutama di Papua dan Maluku.

Pohon ini adalah satu-satunya spesies Eucalyptus yang ditemukan secara alami di belahan bumi utara. Penyebaran alaminya meliputi Britania Raya, Papua Nugini, Pulau Seram, Pulau Sulawesi dan Mindanao (Filipina).

Eucalyptus Deglupta adalah pohon tinggi yang memiliki banyak sebutan, seperti “Pohon Pelangi”, “Rainbow Eucalyptus”, “Mindanao Gum”, & “Raibow Gum”.

Pohon Rainbow Eucalyptus, merupakan satu jenis kayu putih (Eucalyptus), memiliki ciri khas yang menawan. Yaitu memiliki batang yang menghasilkan warna-warni layaknya Pelangi. Warna-warni pada batang pohon terbentuk secara alami, bukan dicat atau hasil edit foto.

Warna-warni pada pohon ini muncul akibat getah yang keluar dari dalam pohon dan mengenai kulit pohon di bagian lain yang membentuk sebuah lapisan warna.

Pohon Pelangi Terindah di Dunia Ada di Indonesia

Biasanya batang pohon umumnya berwarna coklat, lain halnya dengan pohon pelangi ini atau bernama latin Rainbow Eucalyptus, yang memiliki keunikan batang berwarna-warni seperti namanya. Tampak gradasi warna merah muda, biru, kuning, jingga, hijau dan lainnya.

Karakteristik Pohon Pelangi

  • Pohon pelangi merupakan keluarga Myrtaceae dan tergolong tanaman yang dapat tumbuh dengan cepat. Tanaman unik ini dapat tumbuh hingga setinggi 75 meter dan cabang tumbuh pada ketinggian 25 meter.
  • Permukaan kayu bertekstur licin dan seratnya berbentuk seperti papan catur.
  • Daun muda dan dewasa berbeda sifat, saat dewasa, daun pohon ini berseling dan kadang saling berhadapan. Daun dewasa juga memiliki tulang tengah yang tegas dan tulang sekunder yang menyirip, ketebalan daun dewasa lebih tebal dibanding daun muda, dan bila daun dewasa diremas akan menimbulkan aroma wangi.
  • Bunga muda yang belum mekar dan masih kecil berbentuk bulat berwarna hijau dan akan berubah warna menjadi hijau pucat atau krem saat membesar. Saat mekar, bunga berwarna putih atau putih kekuningan.
  • Buah dari pohon ini berbentuk setengah bulat dan saat matang berwarna cokelat hingga cokelat tua, mengandung 3-12 biji per katup yang berbentuk pipih berwarna cokelat.

Fakta Unik Pohon Eukaliptus

  • Pohon pelangi ini satu keluarga dengan pohon kayu putih. Namun, pohon pelangi tidak menghasilkan minyak kayu putih seperti pohon kayu putih pada umumnya.
  • Banyak tanaman yang membutuhkan air untuk tumbuh dan bertunas.Namun berbeda dengan eukaliptus yang memiliki kemampuan resprouting. Tanaman ini juga mampu bertahan dari kebakaran dan tumbuh kembali dengan cara vegetatif. Jadi, meskipun api membakar semua pohon eukaliptus, namun akan tumbuh dan muncul lagi tunas-tunas eukaliptus yang baru.
  • Ketika terjadi kebakaran, maka api akan melelehkan resin yang membungkus benih eukaliptus. Maka benih eukaliptus akan terbuka dan mengeluarkan bijinya.
  • Seluruh Bagian Memiliki Manfaat

Bunga eukaliptus terdiri dari benang sari yang banyak, namun tidak memiliki kelopak, dan dapat menghasilkan madu monofloral berkualitas tinggi.

Penyerbukan tanaman terjadi secara alami dengan adanya konsentrasi cinole yang tinggi, yaitu senyawa organik cair yang tidak berwarna dan memiliki aroma yang sangat kuat.

Cinole dengan konsentrasi tinggi terdapat pada daun dan kulit eukaliptus, yang memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antijamur.

  • Daun eukaliptus yang memiliki konsentrasi cinole yang tinggi hanya dapat dimakan oleh koala, glider, dan possum ekor cincin.

Pohon pelangi tergolong cepat tumbuh, rerata pertumbuhannya bisa mencapai 2-3 meter saban tahunnya dengan batang yang menjulang nyaris tegak. Permukaan kulit kayu pohon ini cukup licin dengan daun berbau harum khas kayu putih ketika diremas.

Pohon terindah dengan status terancam punah, Karena keindahannya dan hanya tumbuh di beberapa tempat saja di dunia, tentunya jumlah pohon ini tak banyak. Bahkan World Conservation Monitoring Centre dalam laporannya pada tahun 1992 menyebut bahwa spesies pohon pelagi berada dalam status terancam punah (endangered).

Itulah informasi tentang Pohon Pelangi Terindah di Dunia yang ada di Indonesia.

(indonesia.go.id, wanaswara.com ,goodnewsfromindonesia.id)