Philodendron Pink Princess yang langka, Philodendron Pink Princess merupakan salah satu jenis tanaman hias yang paling langka di seluruh dunia. Lalu mengapa Philodendron Pink Princess termasuk tanaman langka? Hal tersebut karena hasil mutasi genetiknya agak berbeda dengan pohon lain.

Philodendron Pink Princess

Philodendron Pink Princess

Philodendron pink princess yang diyakini berasal dari Florida dan sudah ada sejak tahun 1970-an. Tanaman hias yang berasal dari keluarga Araceae ini memiliki kombinasi warna hijau dan pink pada daunnya sehingga membuatnya terlihat sangat indah. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Philodendron erubescens  ini kini sedang tren di kalangan pecinta maupun kolektor tanaman hias.

Mengapa Philodendron Pink Princess termasuk tanaman langka

Pada umumnya, tanaman baru hasil mutasi genetik, menghasilkan warna putih atau kuning. Sedangkan mutasi genetik pada Philodendron Pink Princess justru menghasilkan semburat warna pink.

Philodendron Pink Princess

Philodendron Pink Princess

Philodendron Pink Princess termasuk pada tanaman yang langka oleh karena itu tanaman Philodendron Pink Princess dijual dengan harga mahal. Tidak ada yang bisa menjamin sepenuhnya bahwa tanaman philodendron akan benar-benar menjadi semahal philodendron pink princess.

Philodendron pink princess yang sebenarnya memiliki tingkat variegasi yang bervariasi dari daun ke daun. Jenis philodendron langka adalah yang memiliki kombinasi dua warna dalam satu daun. Bukan beberapa daun dengan warna berbeda dalam satu tanaman.

Apa itu Philodendron Pink Princess

Philodendron Pink Princess atau nama botaninya Philodendron erubescens ialah tanaman Trailing dalam keluarga Araceae. Lepas dari daun merah muda dan hijau tua yang cantik, tanaman ini dideteksi oleh daun lilin besar. Daun ini bisa tumbuh sampai panjang 22 cm dan lebar 12 cm.

Philodendron Pink Princess

Philodendron Pink Princess

Warna merah jambu pada daun disebabkan karena minimnya klorofil, zat kimia yang membuat daun tanaman warna hijau. Tetapi, penghijauan pada daun dibutuhkan supaya tanaman bisa berfotosintesis. Klorofil menolong membuat oksigen dan glukosa untuk perkembangan yang sehat.

Mengapa diberi nama Philodendron Pink Princess

Tanaman hias ini di beri nama Philodendron Pink Princess  atau putri merah jambu atau ‘pink princess’ alasannya karena daunnya menyerupai bentuk hati berwarna hijau tua dan kombinasi warna pink. Dengan daunnya yang hijau tua dan variegasi merah muda cerah, tanaman di dalam ruang ini secara tepat disebutkan “Pink Princess”

Warna pink terbentuk karena tanaman kekurangan zat hijau daun atau klorofil. Namun, warna hijau pada sebagian daun juga perlu untuk fotosintesis.

Tanaman Philodendron Pink Princess  juga memiliki daun dengan lapisan lilin di permukaannya sehingga akan membuatnya tampak mengkilat. Biasanya, lebar daun pink princess bisa mencapai panjang 22 cm dengan lebar 12 cm.

Philodendron Pink Princess bisa di simpan di dalam ruangan

Philodendron Pink merupakan tanaman tropis yang bisa tumbuh di dalam ruangan.Tanaman ini tumbuh secara perlahan dan merambat. Seperti tanaman jenis anggur, Pink Princess sangat cocok untuk ditanam dengan tiang penyangga. Sebagai tanaman tropis, tanaman ini menyukai tanah yang sedikit kering yang disesuaikan dengan musim dan suhu sekitar. Namun, anda tetap harus menyiramnya.

Perawatan Philodendron Pink Princess agar  Tumbuh Subur

Cara merawat tanaman Philodendron Pink Princess  yang sangat mudah. Namun demikian, kita  tetap harus menjaga tanaman hias philodendron pink princess supaya tidak stres.

Berikut tipsnya ini merupakan cara untuk merawat tanaman Philodendron Pink Princess diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tanam di pot dengan tanah yang lembab dan jaga pada kelembaban sedang sampai tinggi.
  • Untuk menjaga kelembaban daun saat cuaca panas, semprotkan kabut halus setiap dua sampai tiga hari.
  • Untuk mendapat kelembaban alami, tempatkan berdekatan dengan tanaman hias lainnya.
  • Pastikan pot memiliki drainase yang baik supaya tidak menjadi basah.
  • Gunakan pot yang lebih besar untuk memberi lebih banyak ruang bagi akar untuk tumbuh.
  • Siram ketika tanah bagian atas benar-benar mengering sekitar 2,5 cm.
  • Hindari terlalu banyak air supaya tidak terjadi masalah pertumbuhan.
  • Cukup siram hanya sampai akarnya mendapat kelembaban yang cukup.
  • Jika ingin menanamnya di luar ruangan atau taman, pastikan tempatnya cerah namun tetap teduh.
  • Lindungi juga philodendron pink princess kamu dari hawa dingin seperti aliran AC atau jendela terbuka di malam hari.
  • Pangkas daun yang tampak menguning untuk mendorong pertumbuhan yang kuat.
  • Pemangkasan juga diperlukan untuk mengecek ketinggian tanaman.
  • Potong tepat pada area menempelnya daun pada batang.

Media Tanam Philodendron Pink Princess

Media tanam untuk Philodendron Pink Princess  yaitu yang memiliki nutrisi yang cukup, porous dan bisa menahan kelembaban tapi tidak terlalu basah.

Untuk membuat media tanam yang tepat, gunakan campuran tanah dan lumut spaghnum yang bisa membuat air lebih mengalir, karena jika air tertahan dan media tanamnya terlalu basah akan lebih memudahkan hama dan penyakit menyerang tanaman, seperti busuk akar akan lebih cepat menyerang.

Suhu juga perlu diperhatikan untuk menumbuhkan Philodendron pink princess. Suhu yang baik untuk pertumbuhan tanaman ini adalah 16-29 derajat Celcius sehingga hal ini membuat tanaman dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan ber AC.

Harga Philodendron Pink Princess

Karena Philodendron Pink Princess  merupakan jenis tanaman langka, maka dan unik karena kombinasi warnanya. Hal ini membuat harganya menjadi lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. Philodendron pink princess dengan kecil dengan daun 3-5 helaian biasanya dibanderol dengan harga sekitar 2,5 juta rupiah. Dengan demikian tentu saja untuk harga tanaman yang memiliki ukuran yang lebih besar akan lebih mahal lagi.

Penyiraman Philodendron pink princess

Penyebab utama Pink Princess kehilangan daunnya yang cantik adalah penyiraman yang kurang. Meskipun tanaman cantik ini mampu mentolerir kekurangan air, asupan air yang sedikit dapat menyebabkan daun berubah menjadi hijau tua dan kehilangan warna pink cerah.

Untuk mengetahui kapan tanaman Anda siap disiram adalah dengan cara mengecek bagian atas tanah tampak kering sekitar 2 hingga 3 sentimeter. Gunakan ujung jari telunjuk hingga ruas jari pertama untuk mengetahui tingkat keringnya tanah. Pastikan air mengalir dengan baik.

Tips Untuk Menjaga Warna Daun Philodendron pink princess

  • Philodendron pink princess akan tumbuh dengan baik dalam cahaya terang namun tidak langsung.
  • Pencahayaan yang ideal adalah yang difilter, sehingga matahari tidak
  • menyinari daun secara langsung.
  • Letakkan di dalam ruangan yang terkena sinar matahari pada pagi atau sore hari.
  • Jangan meletakkan tanaman philodendron pink princess terlalu dekat dengan jendela.
  • Pindahkan tanaman di tempat yang teduh jika daun mulai menguning. Kecuali karena faktor usia.

Penyinaran Philodendron pink princess

Tipe sinar ini memberi keadaan penerangan yang bagus untuk perkembangan yang sehat dan macam yang imbang. Sinar yang disaring juga bagus, yang terpenting adalah matahari tidak menerangi daun langsung . Maka, tempat terbaik ialah di ruang yang menghadap ke arah timur atau barat yang mendapatkan cahaya matahari selama seharian. Demikian Informasi tentang Philodendron Pink Princess yang langka, semoga bermanfaat.

Source: agrozine.id, bercocok.id