Petrichor Aroma Khas Setelah Hujan, Petrikor adalah aroma alami yang dihasilkan saat hujan jatuh di tanah kering. Kata ini berasal dari bahasa Yunani.

Petrichor Aroma Khas Setelah Hujan

Dikutip dari Nationalgeographic.co.id, Istilah petrichor pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964 oleh dua peneliti CSIRO, Isabel Joy Bear (Australia) dan Roderick G. Thomas (Inggris), untuk sebuah artikel di jurnal Nature. Menurut para peneliti ada peran zat kimia yang membuat aroma hujan begitu menarik setelah cuaca kering yang panjang.

Beberapa jenis tanaman mengeluarkan minyak selama periode kering dan ketika hujan, pada minyak tersebut kemudian dilepaskan ke udara yang menyebabkan munculnya aroma tertentu.

Reaksi lain yang menciptakan aroma petrichor karena  bahan kimia yang diproduksi oleh bakteri pada tanah atau actinomycetes dilepaskan. Molekul yang dimaksud adalah geosmin. Itu diproduksi oleh bakteri Streptomyces yang hidup di dalam tanah yang sehat dan kerap digunakan untuk membuat antibiotik komersial.

Pada senyawa aromatik tersebut kemudian bergabung dan menghasilkan aroma petrikor yang menyenangkan ketika hujan menyentuh tanah. Kemudian aroma saat hujan adalah karena ozon. Selama badai, petir dapat memecah molekul oksigen dan nitrogen di atmosfer.

Seluruh komponen tersebut pada gilirannya dapat bergabung kembali menjadi oksida nitrat. Zat ini berinteraksi dengan bahan kimia lain di atmosfer untuk membentuk ozon, yang memiliki bau tajam yang mengingatkan pada klorin.

Beberapa orang yang memiliki sensitivitas terhadap bau bisa mencium bau ini. Mereka yang memiliki kemampuan ini bisa memprediksi hujan melalui bau ini yang diterbangkan oleh angin dari ozon hingga turun ke permukaan.

Setelah hujan reda dan tanah mulai mengering, aroma petrichor perlahan akan menghilang. Hal tersebut terjadi karena aktivitas actinobacteria menjadi lambat sehingga hal inilah yang membuat aroma petrichor tak tercium.

Mikroorganisme akan kembali aktif dan menghasilkan senyawa geosmin dan tumbuhan mulai memproduksi minyak dan melepaskannya jika hujan akan kembali datang di waktu berikutnya.

Aroma Petrichor yang Menenangkan

Dilansir dari Psychology Today, para ahli menyebutkan bahwa aroma memicu ingatan emosional yang lebih jelas dalam menginduksi perasaan daripada gambar. hal ini disebabkan oleh rangsangan yang terjadi pada anatomi otak.

Aroma yang masuk pertama kali diproses oleh bulbus olfaktorius, yang dimulai di dalam hidung dan mengalir di sepanjang bagian bawah otak. Organ ini memiliki koneksi langsung ke dua area otak yang sangat terlibat dalam emosi dan memori, yakni amigdala dan hippocampus.

Namun demikian, Informasi visual, pendengaran, dan sentuhantidak melewati area otak ini. Inilah sebabnya mengapa penciuman, lebih dari perasaan lainnya, sangat berhasil memicu emosi dan ingatan. hal ini disebabkan oleh rangsangan yang terjadi pada anatomi otak.

Aroma yang masuk pertama kali diproses oleh bulbus olfaktorius, yang dimulai di dalam hidung dan mengalir di sepanjang bagian bawah otak.

Organ ini memiliki koneksi langsung ke dua area otak yang sangat terlibat dalam emosi dan memori, yakni amigdala dan hippocampus. Hal ini yang menyebabkan Aroma Petrichor jadi menenangkan.

Source: nationalgeographic.grid.id, tirto.id

Read previous post:
earth hour 2021
Earth Hour 2021

Close