Pengertian Web Developer, Web Developer adalah Pengembang Web yang bekerja untuk merancang, membuat, dan memelihara situs web dan aplikasi web. Jadi bisa diartikan pengembang web adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website.

Pengertian Web Developer

Web developer adalah seorang programmer yang membuat program dan aplikasi untuk world wide web. Seorang web developer tahu bagaimana cara membuat website dari nol, membuat kode custom jika memang Anda membutuhkan fitur khusus di website Anda, mengembangkan semua mulai dari layout website sampai fitur dan fungsi websitenya.

Web Developer adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website. Seorang Web Developer menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Tugas dari Web Developer ini menjadi penghubung dari seluruh sumber daya yang dibutuhkan untuk pembuatan website.

Tugas seorang web developer antara lain seperti pembuatan database, mengatur domain, membuat tampilan web yang dinamis, dan masih banyak lagi tugas dari seorang Web Developer. Tugas mereka akan berakhir jika website yang dibuat sudah siap untuk digunakan dan tidak terdapat masalah dalam penggunaan website tersebut.

Seorang web developer setidaknya memiliki dua skill utama.

  • Skill untuk membuat konsep website seperti apa yang ingin dibangun.
  • Skill untuk mengaplikasikan ilmu pemrograman sehingga konsep yang ada di benaknya bisa diimplementasikan menjadi sebuah website.

Web development bukan hanya berhubungan dengan coding saja melainkan juga berhubungan dengan pengembangan konten, penyusunan desain, pemilihan dan pengelolaan server hosting (web server), clientatau server side scripting, dan tentu saja konfigurasi keamanan jaringan.

Sebagai Web Developer, Anda akan bertanggung jawab dalam:

  • Merancang, mendesain, mengembangkan dan memodifikasi situs web.
  • Menganalisa kebutuhan pengguna untuk penerapan konten, grafis, fitur kerja, dan kapasitas pada sebuah situs Web internet/intranet/extranet.
  • Mengintegrasikan situs web dengan aplikasi komputer lainnya.
  • Mengkonversikan komponen teks, gambar, suara, dan video kepada format yang kompatibel untuk situs web dengan menggunakan aplikasi yang khusus dibuat untuk memfasilitas pengembangan situs web dan konten digital multimedia.

Bidang web development yang dapat dijadikan titik awal untuk belajar web developer adalah HTML dan CSS. Semoga artikel tentang  Pengertian Web Developer dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Terus kunjungi  kamiwebdevelopment.com untuk mendapatkan informasi tentang teknologi IT lainnya.

penulis feby kurniawati rejeki

Read previous post:
Ciri dan Karakteristik Programmer Yang Baik
Ciri dan Karakteristik Programmer Yang Baik

Close