Pengertian Marketplace, Marketplace adalah suatu aplikasi atau website yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya, sekaligus bertindak sebagai pihak ketiga yang tidak hanya menyediakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli tetapi juga transaksi pembayaran.

Pengertian Marketplace

Marketplace merupakan pihak perantara yang mengakomodasi pihak penjual dan pihak pembeli di dalam dunia maya. Situs marketplace akan menjadi layaknya pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan fitur penjualan serta fasilitas pembayaran yang aman. Marketplace sendiri bisa kita artikan sebagai suatu department store-nya online store

Marketplace adalah sebuah website yang menghubungkan seorang penjual dengan pembeli melalui internet. Berikut ini Pengertian Marketplace Menurut Para Ahli

Menurut Strauss (2001)

Marketplace adalah penggunaan data elektronik dan aplikasi untuk perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, distribusi dan harga sebuah ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Menurut Smith dkk (2005)

Marketplace didefinisikan sebagai mencapai tujuan pemasaran melalui penerapan teknologi digital.

Menurut Opiida (2014)

Marketplace adalah salah satu penyedia media online berbasis internet (web based) yang tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Pembeli dapat mencari supplier sebanyak mungkin dengan kriteria yang diinginkan, sehingga memperoleh sesuai harga pasar.

Salah satu marketplace pertama di dunia yang mempopulerkan marketplace adalah eBay. Dirilis pada tahun 1995, website ini membuat proses penjualan lebih mudah dan efisien. Saat ini marketplace sudah banyak berkembang dan sekarang Anda bisa menemukan marketplace untuk banyak hal mulai dari barang bekas sampai makanan. Di Indonesia, marketplace menjadi beberapa startup paling sukses di Indonesia, bahkan sudah mencapai status unicorn seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Semoga artikel Pengertian Marketplace dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Terus kunjungi  kamiwebdevelopment.com untuk mendapatkan informasi tentang teknologi IT lainnya.

 

Read previous post:
Jenis-jenis Transaksi E-commerce

Close