Pengertian Blog, Blogger adalah sebagai sebuah platform penerbitan blog. Di dalam blogger ini penggunanya dapat menerbitkan karya-karya tulis yang dimilikinya.

Pengertian Blog

Blogger merupakan salah satu platform tertua yang memungkinkan Anda membuat situs web, blogger berfungsi penuh, dengan cepat, mudah. Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog (Sumber:  Merriam Webster)

Blog didefinisikan sebagai website yang dikelola beberapa penulis dan berisi pengalaman pribadi, observasi, dan opini dari penulis. Seringkali blog dilengkapi gambar atau link ke website lain.

Blogger berupa artikel, karya tulis, esai, dan berbagai tulisan lainnya. Untuk mewadahi semua kepentingan ini maka Blogger memudahkan berbagai penggunanya ketika ingin mempublikasikan sebuah tulisan.

Blogger dapat juga menjadi sumber penghasilan bagi penggunanya. Situs blogger dapat dimanfaatkan para penggunanya sebagai platform menulis apapun, entah itu menulis sesuai dengan apa yang ditekuni di bidangnya, jurnal pribadi, sebagai laman portofolio hingga menjadikanya sebagai laman e-commerce.

Struktur pada Blog

Saat ini blog memiliki tampilan dan tatanan yang sangat beragam tergantung fungsi pada blog itu sendiri. Mulai dari blog yang memiliki beberapa sidebar, hingga blog yang hanya memiliki satu kolom. Pada dasarnya blog memiliki struktur standar, berikut beberapa struktur standar pada sebuah blog:

  • Header :Biasanya terletak dibagian atas blog. Header berisi tentang judul blog, deskripsi blog dan menu blog.
  • Navbar : Elemen ini biasanya terletak diatas header. Fungsi dari Navbar untuk mempermudah editor/pemilik blog dalam mengelola blog nya. Navbar biasanya tidak akan tampil jika diakses oleh user selain pemilik blog.
  • Main blog: Biasanya terletak di bagian tengah blog. Disinilah tempat dimana postingan blog berada. Pada Main Blog juga terdapat struktur seperti Judul, tanggal, nama penulis serta kolom komentar.
  • Sidebar: Pada elemen ini biasanya terdapat Popular Post, Archive. Anda juga dapat menambahkan widget lainya seperti kalender, jam dan widget menarik lainnya. Letaknya bisa di kiri atau kanan sebuah blog.
  • Footer: Terletak paling bawah blog. Biasanya terdapat informasi singkat pemilik blog, kontak atau form subscribe untuk diisikan alamat email.

Pada awalnya blog menjadi wadah bagi para pengguna untuk mengekspresikan pendapat atau perasaan pribadi. Namun seiring dengan berjalannya waktu, fungsi blog semakin berkembang dan merambah berbagai cabang.

Banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan blog untuk memberikan informasi yang up-to-date bagi klien mereka. Semakin banyak orang yang datang dan mengakses situs Anda, maka semakin bagus pula bagi brand awareness dan tingkat kepercayaan terhadap perusahaan. Demikian Pengertian Blog, semoga bermanfaat.

Read previous post:
Cara Memindahkan Riwayat Chat WhatsApp ke Telegram

Close