Momiji Pada Musim Gugur, Jika berwisata ke Jepang, pada musim gugur, maka kita sering mendengar kata momiji ketika musim gugur tiba, momiji atau koyo adalah suatu proses perubahan warna daun menjadi kemerahan, kuning, atau jingga saat musim gugur. perubahan warna indah momiji seolah dalam lukisan hanya dapat kita lihat ketika musim gugur tiba. 
Keindahan Momiji ketika Musim Gugur tiba

Selain musim semi, musim gugur adalah waktu favorit para wisatawan untuk ke Jepang. Tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin, dan pemandangannya berwarna-warni. Jika pada musim semi pemandangan penuh warna itu adalah bunga-bunga yang mekar, maka saat musim gugur adalah daun-daun yang berubah warna.

Berubahnya daun-daun tersebut ternyata memiliki istilahnya sendiri di Jepang, yaitu koyo. Koyo atau lebih dikenal dengan sebutan momiji adalah proses perubahan warna daun menjadi kemerahan, kuning, atau jingga saat musim gugur. Transformasi warna indah bak lukisan ini hanya bisa dilihat selama musim gugur.

Waktu perubahan warna daun-daun tersebut tergantung pada suhu, lokasi (ketinggian di atas permukaan laut), serta faktor lainnya. Misalnya, wilayah Pegunungan Daisetsuzan yang berada di Hokkaido disebut sebagai wilayah pertama terjadinya momiji. Perubahan warna daun-daun yang berada di puncak gunung sudah terlihat sejak akhir bulan Agustus.
Momiji adalah kata yang sering terucap di musim gugur. Kata ini adalah untuk menggambarkan daun-daun yang berwarna-warni terutama warna merah dan kuning. Kata momiji ini sebenarnya berasal dari kata momiizu (memeras,melumat), yang merupakan bagian dari salah satu proses untuk membuat warna dengan cara memeras bunga Benibana (Carthamus tinctorius). Benibana yang diperas/dilumat di air dingin dengan pH normal menghasilkan warna kuning, dan jika diperas di air dengan pH tinggi maka akan menghasilkan warna merah.

Kata momiizu ini, seiring dengan berjalannya waktu, berubah menjadi momiji. Seperti kita tahu, warna momiji memang sebagian besar adalah merah dan kuning. Lalu ada istilah momijigari, yang berarti pergi ke suatu tempat (misalnya ke gunung atau taman) untuk melihat dan menikmati momiji.
Sekitar 2 minggu proses perubahan warna tersebut berlangsung, sebelum daun-daun tersebut berjatuhan, namun prsoses tersebut ada pula yang kurang dari 1 bulan, tergantung dari jenis pohonnya.

momiji sangat indah dan keindahannya bisa membuat kita berdecak kagum. Namun di lain sisi, sewaktu kita melihat momiji, kita sekaligus diingatkan bahwa musim dingin yang sepi dan panjang akan segera tiba.

 

Read previous post:
filosofi kopi
Filosofi Kopi

Close