Mengenal aquascape, Aquascape adalah sebuah hobi yang difokuskan untuk memelihara dan mengatur tanaman-tanaman air, kayu-kayu, batu, karang, ikan serta aksesoris lainnya di dalam akuarium. Didesain sedemikian rupa supaya menghasilkan pemandangan dalam air yang indah.

Mengenal Aquascape

Green Aqua

Aquascape merupakan seni untuk mengatur berbagai jenis tanaman, air, batu, karang, kayu, dan yang lainnya pada suatu media seperti kaca atau akrilik, seperti aquarium. Tidak seperti aquarium umumnya aquascape ini tidak hanya memelihara ikan tapi juga terdapat beberapa komponen yang ada di dalam akuarium, dengan berbagai pendekatan dan ketelitian.

namun  aquarium dan Aquascape memiliki perbedaan, jika aquarium lebih fokus pada ikan hias atau beberapa aksesoris sebagai isinya. Sedangkan aquascape lebih fokus kepada memelihara tanaman air agar tidak mati, mendesain kayu, karang agar cantik dan fokus pada fauna seperti keong, udang atau ikan kecil-kecil yang hidup di dalamnya.Jadi Intinya adalah Aquascape tidak hanya memelihara ikan saja akan tapi juga memelihara semua komponen yang berada di dalam aquarium itu sendiri.

Sejarah Aquascape

Aquascape merupakan salah satu hobi, memelihara suatu ekosistem air tawar pada media aquarium. hobi ini disebut dengan istilah aquascape sedangkan untuk ekosistem air laut disebut oceanirum. Sejarah aquascape bermula pada tahun 1369, yang merupakan ide seorang kaisar China membuatkan wadah untuk memelihara ikan hias.

takashi amano

Pada tahun 1990 Takashi Amano dari negara Jepang. Ketika itu Takashi Amano meniru kondisi alam yang sebenarnya untuk diterapkan di dalam air sehingga terlihat benar-benar alami meskipun berada di dalam akuarium. Kemudian Takashi Amano mendirikan sebuah perusahaan Aqua Design Amano atau yang dikenal oleh kalangan penghobi sebagai ADA (singkatan aqua design amano) hingga sekarang perusahaannya sebagai rujukan bagi para penggemar aquascape.

Tujuan dari hobi aquascape

aquascape

Tujuan utama dari hobi aquascape adalah untuk menciptakan pemandangan lanskap seperti bawah air yang cantik, untuk aspek pemeliharaan tanaman dan hewan air juga wajib dipertimbangkan. Untuk memastikan keberhasilan proses aquascape, banyak sekali faktor pendukung yang harus seimbang.

Faktor paling penting untuk membuat aquascape:

aquascape

  • Pencahayaan atau lighting:
    berguna sebagai pengganti sinar matahari untuk fotosintesis. Lighting dibagi 3, yaitu lowlight, midlight dan highlight.
  • Dibutuhkan CO2:
    berfungsi untuk dijadikan makanan tanaman air. Akan tetapi jika terlalu banyak CO2 dapat mengakibatkan ikan sering terapung ke permukaan dan akhirnya mati.
  • pupuk:
    sebagai nutrisi makanan tanaman.
  • filterisasi:
    Untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam air dan berfungsi menjaga kualitas air agar tetap bersih.
  • Temperatur air
    temperatur air berguna untuk menjaga suhu tetap 26C°- 28C°. Bila terlalu panas dapat mematikan tanaman dan ikan pada mati. Temperatur keasaman air/PH air juga perlu diatur, idelanya PH air mencapai 7.

Tanaman air yang digunakan untuk aquascape

aquascape

Tanaman air yang digunakan untuk aquascape beragam jenisnya ada yang perawatannya mudah seperti jenis anubias dan tanaman moss. Tapi ada pula yang rumit. Untuk menciptakan landscape aquascape sendiri dibagi 3 bagian:

  • Foreground
    Tanamannya ditaruh di bagian depan atau bawah sebagai rumput karpet.
  • Midground
    Tanaman diletakkan di tengah-tengah.
  • Background
    Tanaman ditaroh di sisi belakang. Untuk background biasanya digunakan adalah tumbuhan yang bisa tumbuh tinggi.

Jenis Ikan untuk Aquascape

aquascape

Ikan yang digunakan beragam macam macam jenisnya. Rata rata masyarakat memakai jenis ikan neon tetra, neon cardinal dan lainnya.

Aquascape adalah hobi yang memanfaatkan keindahan dari kombinasi tumbuhan air, batu dan kayu serta hewan air untuk membentuk suatu pemandangan landskap bawah air yang indah dan memiliki estetika dengan tambahan berbagai ikan kecil sebagai pelengkap yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan ekosistem aquascape

Secara umum, aquascape adalah membuat kebun di dalam aquarium. Kebun itu diisi oleh tanaman air, kayu, batu, dan ikan. Yang terpenting dalam aquascape yaitu semua komponen itu alami dan ekosistemnya hidup seperti di alam. Demikian artikel tentang Mengenal aquascape, semoga bermanfaat.

Source: www.hobinatang.com, greenaqua

Read previous post:
cara menghindari whatsapp disadap
Cara Menghindari Whatsapp Disadap

Close