Memperingati Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 dengan Mental Yang Sehat, setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Sumpah Pemuda, adapun Tema Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 telah dirilis oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora) Tema Sumpah Pemuda 2021: Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh.

Melansir dari laman resmi Kemenpora RI, tahun ini peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober mengangkat tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. “Dipilihnya tema tersebut sebagai bentuk penggambaran spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Tema ini juga menjadi spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi COVID-19 untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda,” demikian disampaikan dalam Panduan Penyelenggaraan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Tahun 2021.

Logo Sumpah Pemuda 2021 Beserta Makna

Logo Sumpah Pemuda memuat desain angka 93 yang melambangkan peringatan Sumpah Pemuda. Tertera juga tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh.

logo sumpah pemuda 28 oktober 2021

Logo Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021

Adapun berikut makna di balik logo Sumpah Pemuda:

Makna Tagline:

  • Bersatu: Spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia.
  • Bangkit: Pemuda sebagai spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi COVID-19.
  • Tumbuh: Upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda.

Makna Bentuk Logo:

  • Angka 93 sambung tanpa putus menandakan komitmen pemuda Indonesia untuk BERSATU mengatasi pandemi COVID-19.
  • Semangat Kepemudaan: Bentuk yang tegas mencerminkan jiwa semangat kepemudaan yang akan terus berkobar untuk Indonesia BANGKIT.
  • Kolaborasi Warna: Kolaborasi pemuda Indonesia yang beragam bersamasama berkomitmen mewujudkan eko

Isi  Teks Sumpah Pemuda

Pertama

Kami Poetra dan Poetri Indonesia,

Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe,

Tanah Indonesia.

Kedoea

Kami Poetra dan Poetri Indonesia,

Mengakoe Berbangsa Jang Satoe,

Bangsa Indonesia.

Ketiga

Kami Poetra dan Poetri Indonesia,

Mendjoengdjoeng Bahasa Persatoean,

Bahasa Indonesia.

Memperingati Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 dengan Mental Yang Sehat

Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2021 alangkah baiknya juga sekaligus menjadi pengingat mengenai pentingnya kesadaran akan kesehatan mental bagi pemuda dan penerus generasi bangsa Indonesia.

Saat ini ada banyak orang yang memiliki gangguan kesehatan mental namun tidak yakin dengan gejalanya dan tidak tahu harus melakukan apa.  Jika seseorang memiliki satu penyakit mental yang tidak diobati dapat menempatkan seseorang pada risiko mengembangkan gangguan lain yang bila terjadi secara bersamaan memerlukan perawatan yang lebih kompleks lagi.

Pentingnya bagi para generasi muda untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental dapat membantu kamu memahami gejala, menemukan perawatan profesional, dan yang paling penting adalah mematahkan stigma kesehatan mental yang salah.

Dilansir dari Halodoc Berikut ini hal penting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental

Kenali Gejala Gangguan Mental

Pentingnya meningkatkan kesadaran kesehatan mental, langkah ini merupakan cara yang dilakukan untuk membantu orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan mental merasa tidak sendirian dalam perjuangan bertahan dengan kondisinya.

Menerapkan pendekatan yang baik dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman akan pentingnya pemahaman akan kesehatan mental. Ada beberapa gangguan umum dari kesehatan mental, yaitu gangguan kecemasan, depresi, bipolar, stres pascatrauma, dan skizofrenia.

Gangguan tersebut hanya sebagian kecil dari gangguan kesehatan mental yang ada. Namun yang perlu  diketahui adalah walaupun kondisi gangguan kesehatan mental ini memiliki gejala yang berbeda, kondisi ini dapat memengaruhi cara berpikir, merasa, dan perilaku orang yang mengalaminya.

Gejala orang yang mengalami gangguan kesehatan mental bisa beragam, sebagai gambaran untuk mewaspadai, berikut ini adalah gejala yang biasa dialami:

  1. Merasa Sedih
    Perasaan sedih adalah suatu hal yang biasa dialami. Namun, bila akhir-akhir ini kamu sering mengalaminya, kamu patut curiga kalau kesedihan yang kamu rasakan bukanlah kesedihan biasa.
  1. Kehilangan Konsentrasi
    Tidak bersemangat dan kehilangan konsentrasi adalah tanda-tanda lain dari orang yang mengalami gangguan kesehatan mental. Terutama jika sampai mengganggu aktivitas pekerjaannya.
  1. Rasa Takut Berlebihan
    Ketakutan atau kekhawatiran yang berlebihan serta perasaan bersalah yang ekstrem juga menjadi tanda seseorang mengalami gangguan kesehatan mental.
  1. Perubahan Suasana Hati yang Ekstrem
    Pernahkah kamu mengalami perubahan suasana hati yang ekstrem? Tiba-tiba marah, enggak berapa lama kemudian merasa senang? Ini bisa menjadi tanda kalau kamu mengalami gangguan kesehatan mental.
  1. Penarikan Diri dari Teman dan Aktivitas Favorit
    Sestres apapun orang bila bersama dengan teman-temannya, dia akan mendapatkan penghiburan. Begitu juga dengan aktivitas favorit adalah pelipur lara ketika sedang suntuk ataupun tidak bersemangat. Bagaimana bila hal-hal yang dulunya menyenangkan menjadi tidak menyenangkan? Ini bisa menjadi tanda-tanda kalau seseorang sedang tidak baik-baik saja.
  1. Cepat Merasa Lelah
    Cepat merasa lelah juga menjadi indikasi kalau seseorang sedang mengalami gangguan kesehatan. Tidur yang dilakukan terus-menerus serta tidak bergairah untuk melakukan apapun karena merasa badan cepat letih adalah pertanda kalau ada yang tidak beres dengan kondisi fisik dan mentalmu. Yuk, mulai waspada mulai dari sekarang, untukmu dan orang di sekitarmu jangan ditunda lagi, segera hubungi psikolog atau psikiater.

Demikian informasi mengenai Memperingati Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 dengan Mental Yang Sehat. Semoga bermanfaat.

Source:

https://news.detik.com

https://www.halodoc.com

https://www.klikdokter.com