Manfaat Teknologi Komunikasi dan Informasi, Manfaat teknologi informasi bisa dirasakan di segala bidang. Dalam bidang telekomunikasi, dunia bisnis, dunia perbankan, dalam dunia pendidikan, hingga kesehatan. Manfaat teknologi informasi tentunya tak luput dari perkembangan media elektronik seperti komputer, handphone, televisi dan perangkat lainnya.

Teknologi Komunikasi dan Informasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah semua kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar sarana atau media.

Teknologi komunikasi dan informasi adalah teknologi yang dibutuhkan untuk mengolah informasi dengan menggunakan komputer elektronik, perangkat komunikasi dan aplikasi perangkat lunak untuk mengkonversi, menyimpan, melindungi, memproses, mengirimkan, dan memanggil kembali informasi kapan pun dan dimana pun.

Pengertian Teknologi Komunikasi dan Informasi

Menurut Wikipedia, pengertian teknologi Informasi (IT) adalah istilah umum teknologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi.

Teknologi informasi merupakan suatu teknologi yang memiliki fungsi dalam mengolah data, memproses data, memperoleh, menyusun, menyimpan, mengubah data dengan segala macam cara untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat atau juga berkualitas. Selain itu fungsi dari teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia.

Pengertian teknologi informasi secara umum adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer).

Manfaat Teknologi Komunikasi dan Informasi

Manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi bagi manusia adalah sebagai berikut :

1.Berkomunikasi menjadi lebih mudah dan cepat

Kehadiran teknologi komunikasi dan informasi  sangat berpengaruh pada revolusi komunikasi di seluruh dunia. Dengan berkembangnya teknologi dan informasi menjadikan teknologi informasi menjadi lebih mudah dan cepat.
Ketika dahulu informasi hanya bisa terbatas, dan saat ini dengan perkembangan teknologi dan informasi makan bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan mudah dan cepat bahkan sampai ke mancanegara.

2.Penerapan Teknologi Informasi Dunia Bisnis

Teknologi Informasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan internet.

3.Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Pendidikan

Manfaat teknologi informasi dalam dunia pendidikan tentunya sangat membantu proses belajar mengajar.Penerapan Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman.
Dalam pelaksanaan pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai teknologi audio-data, video-data, audio-video, dan internet.
Melalui Internet sebagai alat komunikasi yang murah yang  memungkinkan terjadinya interaksi dengan banyak orang sehinga proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien.

4.Manfaat Teknologi Informasi Dalam Dunia Kesehatan

Teknologi informasi juga sangat bermanfaat sekali  dalam perbaikan manajemen di klinik atau rumah sakit. Jika dulu pencatatan riwayat kesehatan pasien hanya ditulis dalam sebuah berkas, saat ini pencatatan dilakukan dan diarsipkan melaui data secara komputerisasi.
Kegiatan pencatatan data melalui komputer tersebut sangat memudahkan petugas untuk mengetahui rekam medis pasien dengan cepat. Rekam medis berbasis komputer ini meliputi data klinis pasien dari hasil pemeriksaan dokter ataupun hasil laboratorium.

Teknologi bisa dimanfaatkan dalam mendiagnosa suatu penyakit dan mengambil gambar semua organ tubuh dengan komputer. Teknologi merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dengan bidang kedokteran saat ini seperti scan, Radiologi, maupun Usg.

5.Manfaat Teknologi Informasi Dalam Bidang Perbankan

Teknologi informasi juga berdampak besar pada dunia perbankan. Jika dulu melakukan transaksi penyetoran dan pengambilan uang hanya bisa dilakukan langsung di kantor pada jam kerja dengan waktu terbatas dan harus antre. Namun sekarang kamu bisa rasakan sendiri banyak perubahan yang semakin memudahkan dalam aktivitas menabung, pembelian barang, pembayaran tagihan, dan segala kegiatan perbankan. Seluruh pembayaran melalui perbankan dapat di permudah dengan adanya e-banking dengan menggunakan aplikasi smartphone sehingga sangat bermanfaat dan efisien.

6.Manfaat Teknologi Informasi Untuk Bidang Kriminal

Dengan adanya teknologi bisa membuat mudah aparat dalam menyelesaikan permasalahan, bisa dengan mudah terdeteksinya pelanggaran demi pelanggaran lalu lintas dan sidik jari. Untuk kejahatan cyberCrime sekalipun dapat dengan mudah dilacak lewat teknologi.

7.Manfaat Teknologi Informasi Mempersingkat waktu dan memangkas biaya

Dalam dunia industri, waktu dan biaya sangat penting dalam produksi. Sebelum adanya teknologi komunikasi dan informasi, produksi dilakukan secara manual serta membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit karena sepenuhnya bergantung pada tenaga manusia.

Setelah kehadiran teknologi komunikasi dan informasi, produksi dapat dilakukan setiap hari, cepat dan biaya pun dapat dipangkas. Sehingga akan meningkatkan laba bagi setiap perusahaan.

Teknologi Informasi memiliki dampak positif namun juga terdapat sisi negatifnya juga, untuk menghindari dampak negatif tersebut maka sudah seharusnya disikapi dengan bijak. Perubahan positif dari teknologi informasi tentu akan selalu dinantikan. Demikian artikel tentang  Manfaat Teknologi Komunikasi dan Informasi, semoga bermanfaat.

source: kamiwebdevelopment.com

Manfaat Teknologi Komunikasi dan Informasi

Read previous post:
kominfo buka pendaftaran digital talent scholarship 2021
Kominfo Buka Pendaftaran Digital Talent Scholarship 2021

Close