Manfaat SEO untuk Bisnis, Search engine optimization (SEO) adalah sebuah proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan traffic melalui mesin pencarian Google.

Manfaat SEO untuk Bisnis

Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah cara untuk mengoptimasi website agar mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian sehingga potensi trafik organik Anda pun meningkat.

SEO (Search Engine Optimization) merupakan serangkaian upaya yang dilakukan oleh seseorang pada sebuah website sehingga mampu meningkatkan website menjadi lebih baik pada halaman mesin pencari, terutama Google.

Tujuan utama SEO adalah agar menempatkan suatu website muncul pada urutan pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu.

Website yang bagus adalah website yang memiliki ranking baik pada halaman pencari Google dan otomatis akan mendapatkan lebih banyak pengunjung potensial secara terus menerus secara gratis.

Biasanya, website yang mendapatkan peringkat satu pada kata kunci tertentu merupakan website yang berhasil memaksimalkan teknik SEOnya. Website yang SEO Friendly (Optimasi SEO yang benar) biasanya mendapatkan banyak trafik organic dari mesin pencari sehingga tanpa perlu mengeluarkan uang untuk periklanan di website.

Tipe trafik SEO

Tipe trafik SEO (Search Engine Optimization) terdiri dari :

  1. Quality Traffic
    Quality traffic atau trafik yang berkualitas yaitu untuk menentukan nilai kualitas trafik, dapat diukur dari seberapa besar nilai dari konversi yang dihasilkan dari data pengunjung yang masuk pada website anda.
    Pada website bisnis, semakin banyak pengunjung situs yang berganti menjadi pembeli, maka semakin baik pula kualitas trafik dari website anda.
  1. Quantity of Traffic
    Kuantitas trafik adalah untuk meningkatkan performa sebuah website. Semakin banyak pengunjung yang masuk pada setiap halaman website anda, maka semakin besar nilai trafik yang dapat anda peroleh.
    Pada website bisnis, anda perlu memperbanyak halaman dengan konten yang berkualitas. Anda dapat membuat kumpulan artikel dalam bentuk blog yang mengandung keyword yang bersifat informasional sehingga trafik pada website anda berkualitas.
  1. Organic Traffic
    Trafik organik yaitu dengan mendatangkan jumlah pengunjung yang lebih banyak serta meningkatkan konversi secara organik sehingga sangat disukai oleh pemilik website karena tidak membutuhkan biaya atau gratis.
    Contohnya adalah,saat  seseorang mengetikkan kata kunci dalam mesin pencari di sebuah browser, dan selanjutnya user tersebut akan meng-klik link yang ditampilkan pada hasil pencarian. Lalu kunjungan link tersebut yang merupakan sebuah organic traffic.

Manfaat SEO (Search Engine Optimization)

Berikut ini adalah Manfaat SEO (Search Engine Optimization) diantaranya adalah:

  • Target Lebih Jelas
    Sebelum membuat artikel atau konten, pastikan Anda melakukan riset kata kunci terlebih dahulu agar Anda mengetahui kata kunci yang paling sering dicari oleh pelanggan Anda. Jika kemundian halaman Anda berada di peringkat atas pencarian Google untuk kata kunci tersebut, maka hanya orang-orang yang tertarik dengan konten tersebut atau membutuhkan bisnis yang Anda tawarkan yang mengklik nya.
  • Mendatangkan Trafik Potensial
    Jika Anda mempunyai sebuah website bisnis yang memiliki peringkat teratas di mesin pencari Google untuk kata kunci potensial. Maka website Anda memiliki peluang lebih besar mendapatkan pengunjung oleh pengguna internet Google, terutama orang tersebut memang sedang mencari produk Anda atau layanan Anda.
  • Meningkatkan Brand Awareness
    Penahkah Anda membayangkan jika Anda memiliki 50 kata kunci untuk beberapa halaman Anda yang memiliki volume pencarian tinggi dan berada di halaman pertama, Hal tersebut tentu sangat membantu mempromosikan brand perusahaan Anda, yang mana tadinya seseorang tidak mengenal brand Anda, namun setelah mereka melihat beberapa kali akhirnya mereka mengenal brand Anda.
  • Dapat Bersaing Dengan Perusahaan Besar
    Apabila bisnis Anda masih berkembang dan sangat sulit untuk bersaing dengan kompetitor, yang mana sudah masuk terlebih dahulu ke bisnis tersebut. Dengan menggunakan SEO Anda bisa bersaing dengannya perusahaan besar lainnya.
  • Promosi 24 Jam
    Jika Anda beriklan menggunakan jasa iklan Google ads atau facebook ads dan lain-lain mungkin bisa melakukan promosi 24 jam namun dengan biaya yang cukup tinggi. Apabila budget iklan habis maka iklan tersebut akan berhenti. Berbeda dengan SEO, yang akan mempromosikan brand atau produk Anda selama 24 jam non stop tidak ada habisnya, kecuali situs web tersebut sudah tidak ada.
  • Meningkatkan Penjualan
    Jika seseorang ingin membeli atau mencari informasi sebuah produk atau jasa maka hampir 80 % mereka akan mencari informasi tersebut melalui mesin pencari seperti google dan mengunjungi website tersebut. Jika website anda berada pada halaman pertama dan peringkat teratas dengankata kunci yang relevan maka website anda berpotensi akan semakin meningkat.
  • Investasi Jangka Panjang
    Jika website Anda memiliki beberapa kata kunci potensial dengan volume pencarian tinggi dan itu semua berada di peringkat atas. Ini bisa disebut sebagai iklan gratis, dan juga bila judul dan deskripsi halamannya tepat. Maka  SEO tersebut akan memiliki hasil yang optimal dan menguntungkan dibanding beriklan.

Pada dasarnya website yang memiliki fokus topik bahasan sendiri akan lebih dikenal oleh banyak orang, jika SEO yang di optimasi dengan baik dengan kata kunci yang relevan maka  blog atau website tersebut akan mendapatkan peringkat pada mesin pencarian. Demikian artikel tentang Manfaat SEO untuk Bisnis, semoga bermanfaat.

Source: sekawanmedia.co.id, idcloudhost.com

Read previous post:
exuberrant service based fashion
Exuberrant Service Based Fashion Campaign Film by Bajukertas & Co

Close