Manfaat Puasa Untuk Kesehatan, Puasa merupakan rukun islam yang ketiga,  ibadah puasa dapat mensucikan jiwa, membersihkan hati, dan menyehatkan tubuh.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa yang dapat berupa memperturutkan syahwat, perut dan farji (kemaluan) sejak terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat khusus.

Setiap muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Tujuannya untuk mencapai ketakwaan kepada Allah SWT.

Di antara hikmah berpuasa adalah melatih kesabaran, menumbuhkan rasa empati terhadap orang yang kelaparan sehingga terdorong hati kita untuk membantu orang yang kurang mampu.

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Selain untuk beribadah kepada Allah SWT, puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mengontrol Gula Darah
    Menurut National Institutes of Health menuliskan satu penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah. Puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang bisa sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes.
    Puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin.
    Mengurangi resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, sehingga memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh.
    Ditambah efek penurunan gula darah potensial puasa, ini bisa membantu menjaga gula darah tetap stabil, mencegah lonjakan gula darah.
  1. Mencegah Peradangan
    Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan.
    Penelitian menunjukkan bahwa peradangan bisa saja terlibat dalam perkembangan kondisi kronis seperti sakit jantung, kanker dan rheumatoid arthritis. Peradangan akut adalah proses kekebalan normal yang digunakan untuk membantu melawan infeksi dan juga peradangan kronis.
  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung
    Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung sekitar 31,5 persen kematian secara global.
    Mengubah pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung.
  1. Meningkatkan Fungsi Otak
    Meskipun sebagian besar penelitian besar terbatas pada hewan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa puasa dapat memiliki efek yang kuat pada kesehatan otak. Studi kasus pada tikus menunjukkan bahwa mempraktekkan puasa selama 11 bulan meningkatkan fungsi otak dan struktur otak.
  1. Menurunkan Berat Badan
    Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan membatasi asupan kalori dan meningkatkan metabolisme. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat menyebabkan peningkatan berat badan dari waktu ke waktu.
  2. Membantu Pencegahan Kanker
    Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat bermanfaat untuk pengobatan dan pencegahan kanker.
  3. Meningkatkan Sekresi Hormon Pertumbuhan
    Hormon pertumbuhan manusia (HGH) adalah sejenis hormon protein yang penting bagi banyak aspek kesehatan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa hormon kunci ini terlibat dalam pertumbuhan, metabolisme, penurunan berat badan dan kekuatan otot.
  4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
    Puasa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika berpuasa tingkat limfosit dalam tubuh meningkat hingga 10 kali lipat. Hal ini membuat kekebalan tubuh meningkat, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Dengan pola makan yang benar dan makanan yang bersih saat berpuasa maka kita akan memiliki  organ-organ yang baik. Selain itu tubuh sedang bebas dari tugas memproses makanan di pencernaan. Dengan berpuasa, tubuh dapat lebih memfokuskan energi untuk melakukan proses regeneratif pada sistem lain. Demikian artikel tentang Manfaat Puasa Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

Source: alodokter.com, health.detik.com

Read previous post:
telegram rilis fitur voice chat
Telegram Rilis Fitur Voice Chat 2.0

Close