Manfaat Memelihara Kucing, Kucing adalah hewan yang disayangi oleh rasulullah, Kucing yang di pelihara oleh Nabi Muhammad SAW diberi nama Muezza. Dalam sebuah hadits disebutkan,  dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّهَا لَيْسَتْ بِنَجَسٍ إِنَّهَا مِنَ الطَّوَّافِينَ عَلَيْكُمْ وَالطَّوَّافَاتِ

Manfaat Memelihara Kucing

 

“Kucing itu tidaklah najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada di sekeliling kita. ”

(HR. At Tirmidzi, Abu Daud, An Nasa’i, Ibnu Majah, Ad Darimi, Ahmad, Malik).

Diriwayatkan suatu saat, di ketika Nabi Saw hendak mengambil jubah,Kucing Rasululah , Mueeza tersebut sedang terlelap tidur di atas jubah. Rasulullah tak ingin mengganggu hewan kesayangannya itu, Nabi Saw pun memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza dari jubahnya.

Ketika Rasulullah kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk kepada Nabi. Sebagai balasan, Nabi menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke badan mungil kucing itu sebanyak tiga kali.

Manfaat  memelihara kucing diantaranya adalah:

1. Rahmat Allah SWT

Orang yang menyayangi hewan, sekalipun hewan tersebut adalah hewan sembelih, akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT pada hari kiamat kelak.

“Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.”

(HR. Bukhari)

2. Mengajarkan Rasa Empati

Memelihara hewan mengajarkan rasa empati pada diri kita, memiliki hewan peliharaan  kucing dapat membuat kita memiliki rasa empati yang tinggi. Ketika kita memiliki hewan peliharaan, kita mencoba untuk mengerti apa yang dirasakan hewan tersebut. Maka ketika kita telah berempati terhadap hewan, tentu kita akan memiliki rasa empati kepada sesama.

3.Terapi mental

Kucing bisa menghilangkan rasa kesepian atau kesendirian. Orang yang memelihara kucing seringkali mengajak kucingnya berkomunikasi dan bermain. Itulah yang dapat menjadi obat terapi untuk mental atau emosi yang sedang tidak stabil.

Kucing dapat menjadi penghilang stres. Dalam sebuah penelitian, para pemilik kucing memiliki denyut jantung istirahat yang rendah dan tekanan darah yang lebih rendah, ketimbang mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Studi menunjukkan, betapa besar dukungan emosi yang didapatkan seseorang dari kucing peliharaannya berdasarkan bagaimana pemilik tersebut mencari mereka pada situasi stres.

4. Sedekah

Islam selalu mengajarkan agar umatnya berbuat baik kepada setiap makhluk hidup, dan menganjurkan umatnya untuk senantiasa bersedekah. Sedekah tidak hanya dapat dilakukan kepada sesama,, namun juga dapat dilakukan kepada hewan.

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat memelihara kucing dapat menurunkan stres. Dalam jangka panjang, stres yang terkendali dapat memiliki efek langsung pada risiko penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, jantung, dan stroke. Dengan demikian, manfaat memelihara juga baik untuk kesehatan jantung.

6. Anak akan mengalami lebih sedikit alergi

Anak-anak yang terpapar alergen kucing memiliki pertahanan terhadap alergi yang lebih baik. Anak-anak di lingkungan kota dengan paparan paling banyak dengan alergen dan bakteri membuat mereka lebih peka terhadap alergi. Mereka yang terpapar kucing, kecoa, dan tikus pada tahun pertama lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi. Demikian manfaat memelihara kucing, semoga bermanfaat

Read previous post:
Jadilah Seperti Pohon Yang Tumbuh Dan Berbuah Lebat

Close