Manfaat Jus Kurma Susu, Buah  kurma memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, karena mengandung nutrisi dan vitamin yang berlimpah.

Manfaat Jus Kurma Susu

Selain dikonsumsi secara langsung, Anda bisa mencoba menjadikan kurma sebagai minuman jus yang lezat dan menyehatkan. Mengolah buah kurma menjadi jus kurma di tambah dengan susu segar akan lebih menyehatkan. Sehingga, jus kurma membawa dua manfaat sekaligus, yaitu manfaat kurma itu sendiri dan manfaat dari susu.

Kandungan Gizi Jus Kurma Buah kurma adalah buah yang kaya akan berbagai nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh. Sejumlah zat penting yang bisa kita temui antara lain vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, fosfor, folat, kalsium, hingga magnesium, niasin, riboflavin, dan thiamine

Manfaat Jus Kurma Susu

Selain Enak untuk di nikmati, minuman jus kurma juga memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah:

  1. Jantung sehat
    Kurma dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dan mengatasi penyumbatan yang terjadi di arteri. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan kalium dalam kurma terbukti efektif melawan penyakit jantung.
  1. Booster ASI
    Kurma yang diolah menjadi susu dapat memberikan manfaat sebagai booster ASI. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurma yang ditambahkan sebagai suplemen pada diet ibu menyusui dapat meningkatkan produksi ASI, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan ibu secara keseluruhan.
    Beberapa kandungan pada kurma seperti tryptophan, diyakini dapat menghasilkan serotonin yang merupakan hormon kebahagiaan. Kondisi tersebut dapat membuat ibu lebih tenang dan jauh dari stres.
    Selain itu serotonin juga dapat mencegah turunnya kadar prolaktin yang diperlukan untuk produksi susu ibu. Kondisi ibu yang jauh dari stres dan memiliki kadar prolaktin yang tinggi, dapat membuat produksi ASI meningkat dan volume ASI pun semakin banyak.
  1. Mengobati sembelit
    Susu kurma diyakini dapat mengatasi sembelit. Untuk menikmati manfaat ini, campurkan 5-6 kurma ke dalam 500 ml susu. Masak campuran ini dan biarkan hingga dingin. Minumlah dengan perut kosong di pagi hari.
    Serat dalam susu kurma dipercaya dapat mencegah sembelit. Serat akan menyisakan air dalam sistem pencernaan yang membuat kotoran menjadi lebih lembut dan lebih mudah untuk dikeluarkan.
  1. Tulang yang kuat
    Susu dikenal baik untuk tulang karena kaya akan kalsium. Dengan mencampurnya dengan kurma, nutrisi yang didapatkan tentunya akan semakin baik bagi tulang.
    Kurma juga tinggi akan kalsium, selenium, tembaga, dan magnesium. Bukan hanya memperkuat tulang, nutrisi ini juga penting untuk menjaga kekuatan gigi dan mencegah osteoporosis.
  1. Mengobati anemia
    Anemia atau kekurangan sel darah merah membuat jaringan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Susu kurma dipercaya dapat mengatasi kondisi ini karena kurma kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel darah merah dan sirkulasi darah dalam tubuh.
  1. Menjaga kesehatan sistem saraf
    Kombinasi kurma dengan susu dipercaya mampu menjaga kesehatan sistem saraf Anda. Kurma kaya akan vitamin B, kalium, dan natrium, yang merupakan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf.
  1. Kulit sehat
    Meminum susu kurma adalah cara alami untuk membuat kulit Anda halus dan bercahaya. Kandungan vitamin C dan D di dalamnya memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet. Nutrisi tersebut juga bisa mencegah penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan kulit kering.
    Di samping itu, kurma mengandung fitohormon yang dapat memberikan efek antipenuaan secara signifikan. Buah kurma dikenal bisa mencegah pertumbuhan melanin (pigmen yang memberi warna pada tubuh) di dalam tubuh sehingga dapat membuat kulit Anda lebih cerah.
  1. Menjaga kesehatan otak
    Suatu studi yang dilakukan pada binatang percobaan menemukan bahwa kurma dapat mengurangi aktivitas protein beta-amyloid, yang dapat mengurangi kerja otak karena membentuk plak di otak. Meskipun telah  terbukti pada hewan, hingga kini belum ada penelitian pada manusia.
  1. Membantu ibu hamil melahirkan normal
    Jika Anda tengah hamil dan menginginkan proses kelahiran yang normal, mungkin Anda akan direkomendasikan untuk mengonsumsi susu kurma ini. Pasalnya, beberapa penelitian telah membuktikan kurma dapat mengurangi kebutuhan induksi pada persalinan.
    Dalam sebuah studi, 69 wanita yang mengonsumsi 6 buah kurma per harinya selama 4 minggu memiliki peluang 20 persen lebih besar untuk melahirkan normal dibandingkan dengan wanita yang tidak memakan kurma.
    Studi tersebut juga menyebutkan bahwa seseorang yang mengonsumsi kurma saat hamil dapat membantu melunakan serviks sehingga membantu mempercepat pembukaan.
  1. Dapat merawat Kesehatan Mata Mengkonsumsi jus kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Pasalnya, kurma juga diperkaya oleh vitamin A, yaitu vitamin yang memang dikenal sebagai vitamin mata. Tak hanya itu, kurma juga mengandung senyawa zeanxanthin yang berfungsi untuk memproteksi mata dari degenerasi makula.

Resep susu kurma

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat susu kurma adalah:

  1. 4-5 buah kurma utuh
  2. 1 cangkir susu sapi
  3. Bubuk kayu manis secukupnya (jika Anda ingin menguatkan rasanya).

Cara membuatnya cukup sederhana, yakni campurkan bahan-bahan di atas ke dalam blender hingga halus dan tercampur rata. Minumlah secangkir setiap harinya. Jika ada susu kurma yang tersisa, Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas.

Kurma terkenal sebagai salah satu buah sehat. Kurma mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A dan B6, asam folat, kalium, natrium alami, zat besi, hingga magnesium. Dalam satu butir kurma dengan berat 24 gram, terkandung 66 kalori, karbohidrat 18 gram dengan serat 2 gram dan gula 16 gram.

Menu sahur praktis jus kurma susu hangat, Kombinasi ini bisa mencukupi energi untuk seharian. Demikian tadi artikel tentang Manfaat Jus Kurma Susu , semoga bermanfaat, Selamat mencoba.

Source: sehatq.com,doktersehat.com

Read previous post:
tonggeret suara nyaring di hutan
Tonggeret Suara Nyaring Di Hutan

Close