Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman, Telur memiliki banyak sekali manfaat bagi kita, kandungan telur memiliki sumber protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, kolin, fosfor, lemak, sodium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium, lutein dan zeaxanthin, folat, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. Tak hanya telurnya saja yang dapat kita manfaatkan untuk kita konsumsi, ternyata cangkang telur jyga memiliki banyak manfaat, berikut manfaat cangkang telur untuk tanaman.

Manfaat Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman adalah sebagai berikut:

1.Cangkang telur dapat bermanfaat untuk menguatkan akar tanaman.

Cangkang telur memiliki kandungan kalsium yang berperan penting untuk menguatkan tanaman, merangsang pertumbuhan akar,dan juga untuk mempertebal dinding sel dan pembentukan biji.

Jika tanaman kekurangan kalsium biasanya akan tumbuh dengan kerdil, bunga juga gugur secara prematur, mudah di serang hama lalat buah, buah mudah busuk pada pucuk buahnya serta buah gagal berbentuk.

2. Cangkang telur dapat digunakan sebagai wadah semai

Cangkang telur dapat digunakan sebagai tempat untuk semai bibit tanaman, caranya adalah cangkang telur di lubangi pada bagian atas, lalu masukan media tanam, kemudian basahi dan semai benih tanaman.

Jika bibit tanaman siap untuk mindah tanam remas dan remuk kan cangkang telur terebut dan tanam bersama dengan semaian tanaman yang siap ke media tanam yang baru.  

3. Cangkang telur dapat dicampurkan pada media tanam

 Cangkang telur juga dapat dicampurkan kedalam media tanam, caranya adalah hancurkan cangkang telur hingga lembut, lalu tambahkan sedikit air san 1,5 cup cuka. Kemudian campurkan pada media tanam kompos. Cangnkang tellur yang sudah di campurkan tersaebut akan terurai selama beberapa minggu.

4. Cangkang telur dapat digunakan sebagai pengangkal hama.

Kalsium yang terdapat  pada cangkang telur akan menjadi penangkal tanaman dari gangguan siput, hama putih dan beberapa jenis hama lainnya.

Demikian tadi tentang Manfaat Cangkang Telur Untuk Tanaman,  Dan mulai saat ini mari kita gunakan cangkang telur sebagai  pupuk organik  hingga terurai bersama media tanam untuk memberi nutrisi untuk tanaman.

Referensi:

kabartani.com, kebunmadani.com, brilio.net, hidroponiq.com

Read previous post:
Jangan Berhenti Jadi Baik
Close