Bunga telang (Clitoria ternatea) adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika. (Wikipedia).

Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

Bunga telang biasanya tumbuh di pekarangan rumah sebagai tanaman hias, bunganya berwarna ungu atau biru terang.  Berikut ini adalah beberapa Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan diantaranya adalah:

1.Antioksidan

Bunga telang memiliki manfaat sebagai antioksidan.   bunga telang mengandung Antioksidan yang dapat mengelola stres oksidatif pada sistem biologis.

2.Dapat Menangkal Radikal Bebas

Satu penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bunga telang melindungi eritrosit hemolisis dan kerusakan oksidatif. Hal inilah yang kemudian membuat ekstrak bunga telang efektif melindungi sel-sel kulit dari tekanan oksidatif.

3.Mencegah Diabetes

Menurut penelitian bunga telang dapat menurunkan glukosa serum dan glikosilasi hemoglobin. Sehingga mampu meningkatkan insulin serum, glikogen otot hati, dan tulang.

4.Mencegah Obesitas

Obesitas terkait dengan pembentukan jaringan lemak. Bunga telang dapat digunakan sebagai antiobesitas. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuannya menghambat adipogenesis pembentukan jaringan lemak

5. Antiinflamasi

Bunga telang memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik.

6. Mengatasi Asma

Bunga telang dapat mengatasi masalah asma. Berdasarkan studi telah dilakukan untuk mengonfirmasi kinerja bunga telang sebagai antiasma dan pereda batuk.

7. Mencegah Kanker

Menurut studi bunga telang dapat mencegah kanker, Bunga telang memiliki komponen zat aktif antikanker. Tak heran jika manfaat bunga telang untuk kesehatan ini cocok atasi masalah kanker.

Demikian Manfaat Bunga telang Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

Referensi : liputan6.com, kompas.com

Read previous post:
Resep Macaroni Schotel Panggang

Close