Manfaat Air Purified Di Dalam Rumah, Air purifier merupakan suatu alat berteknologi yang memiliki kemampuan untuk menjernihkan atau membersihkan udara di dalam suatu ruangan.

Manfaat Air Purified Di Dalam Rumah

Menurut World Health Organisation (WHO), polusi menyebabkan sekitar tujuh juta kematian setiap tahun. Dan menurut Dr Mary Prunicki, direktur penelitian polusi udara dan kesehatan di Sean N. Parker Center for Allergy and Asthma Research at Stanford University polusi udara dan kualitas udara juga terkait dengan kesehatan mental.

Mendapatkan udara bersih dan sehat di kota besar sangatlah sulit, sehingga tidak heran bila air purifier atau pemurni udara dijadikan andalan untuk mendapatkan udara sehat di dalam rumah.

Berdasarkan penelitian dari lembaga pemerhati lingkungan Environmental Protection Agency (EPA), polusi udara merupakan satu Udara dalam ruang memiliki tingkat polutan lima kali lebih tinggi daripada udara luar ruangan. Udara akan semakin buruk jika Anda tinggal di kawasan dengan tingkat polusi udara yang tinggi.

Dalam jangka pendek, polusi udara akan memicu gejala seperti asma dan alergi termasuk bersin, hidung tersumbat, dan batuk. Jika polusi cukup pekat, seseorang bisa mengalami sakit kepala akibat paparan karbondioksida.

Air purifier berbeda dengan air conditioner (AC), walaupun saat ini ada juga air conditioner (AC) yang memiliki air purifier dalam sistemnya. Air purifier bisa dikatakan sebagai teknologi yang tepat saat ini untuk mendapatkan udara sehat di dalam ruangan.

Karena fungsinya tersebut, masyarakat banyak yang memburu air purifier. Air purifier diminati karena kualitas udara saat ini, khususnya di daerah perkotaan sudah begitu banyak polusi. Terutama saat pandemi covid – 19 ini. Berikut manfaat air purifier diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Meredakan gejala asma

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, 1 dari 12 orang menderita asma. Orang yang hidup dengan asma mengalami peradangan pada saluran pernapasan. Polutan seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari, atau tungau debu mengiritasi saluran pernapasan mereka, yang menyebabkan kesulitan bernapas. Sebagian besar air purifier mengandung filter teknologi HEPA, yang dapat menghilangkan 99,7 persen dari airborne particulate matter (PM) yang bersirkulasi di lingkungan rumah.

2.Menghilangkan virus dan bakteri di udara

Salah satu manfaat air purifier adalah menghilangkan virus dan bakteri di udara. Retroscreen Virology ( UK ) telah melakukan penelitian dengan menggunakan metode test. Penelitian dilakukan dengan memasukan virus dalam kotak dan dihitung penurunan jumlah aktivitas virus setelah digunakan air purifier.

3.Lebih leluasa menghirup udara yang segar

Dilansir WebMD, polusi udara yang ada di ruangan indoor seperti gedung perkantoran atau rumah tidak lebih baik dibanding polusi di luar ruangan. Apalagi bila kita tinggal di lingkungan perkotaan, debu-debu sisa polusi pun lebih rentan menempel di permukaan sofa, karpet, dan barang-barang lainnya.

Dengan adanya air purifier dengan teknologi berlapis-lapis yang efektif menyaring udara kotor menjadi lebih bersih, otomatis sirkulasi udara di rumah pun akan terasa segar saat dihirup.

4.Menetralkan bau tidak sedap

Air purifier dengan HEPA dan filter karbon aktif efektif dalam menangkap gas serta partikel bau yang mengurangi polutan di lingkungan dalam ruangan. Saat diletakkan di sebuah ruangan, air purifier dapat menyerap semua bau, membuat ruangan menjadi segar dan bersih.

5.Meningkatkan kualitas tidur

Alergen dalam ruangan seperti bakteri, jamur, dan tungau debu dapat memicu alergi hingga gangguan tidur. Udara yang lebih bersih memberi seseorang tidur malam yang lebih nyenyak . Untuk menghindari gangguan tidur, sebaiknya gunakan air purifier karena mampu menyaring sebagian besar alergen dari kamar tidur.

Cara penggunaan dan kerja alat air purifier cukup sederhana. Begitu dinyalakan, udara di dalam ruangan akan tersedot dengan bantuan kipas dan ditangkap oleh filter yang terletak di bagian belakang air purifier.udara tersebut disaring melalui filter dan akan di salurkan kembali lewat penyalur yang berada di depan. kemudian, udara yang dikeluarkan tentunya sudah menjadi segar dan bebas polusi karena debu, kuman, bakteri, partikel di dalam udara sudah disaring terlebih dahulu. Demikian artikel tentang Manfaat Air Purified Di Dalam Rumah, semoga bermanfaat.

source: hellosehat.com, kompas.com

Read previous post:
instagram perbarui algoritma
Instagram Perbarui Algoritma Agar Tidak Menjadi Tempat Iklan TikTok

Close