Makanan Untuk Daya Tahan Tubuh Saat Kehujanan, beberapa wilayah di Indonesia dituruni hujan sejak pagi hingga malam. Banyak orang yang kehujanan saat berangkat ke kantor, ke sekolah, ataupun saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Dalam penelitian menunjukkan bahwa rhinovirus dapat berkembang dengan baik pada suhu yang lebih rendah dari 37 derajat Celcius. Suhu tersebut adalah rata-rata suhu tubuh ketika seseorang kehujanan.

Pada saat itu, rhinovirus yang sedang kuat-kuatnya tentu sulit ditaklukan oleh sistem imun Anda yang lemah. Akibatnya, virus tersebut pun akan menang dan menyebabkan infeksi di dalam rongga hidung. Anda pun bisa terkena berbagai penyakit, seperti sakit tengorokan, hidung tersumbat, batuk, dan demam.

Makanan Untuk Daya Tahan Tubuh Saat Kehujanan

kehujanan saat perjalanan ke kantor atau perjalanan ke rumah dan kamu lupa membawa payung atau jas hujan. Terjebak dalam hujan dan tetap memakai pakaian yang basah kuyup akan mengakibatkan tubuh jadi kedinginan.

Saat tubuh menjadi basah dan kedinginan karena kehujanan dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan tubuh jadi sakit dan masuk angin. Perlu kamu ketahui, saat cuaca dan suhu tubuh dingin, virus pun akan berkembang. Itulah sebabnya kesehatan tubuh dapat terganggu saat cuaca dingin di musim hujan.

Kehujanan terkadang membuat daya tahan tubuh menurun dan menjadi flu, demam, dan pusing. Agar itu tak terjadi, maka perlu konsumsi beberapa makanan ini agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Makanan atau minuman tertentu dapat menaikkan suhu tubuh secara alami, dan menyehatkan karena diperkaya oleh nutrisi dan antioksidan penguat kekebalan tubuh agar nggak gampang sakit.

Agar tidak sakit setelah kehujanan lakukanlah tips berikut ini:

  • Segera Ganti Baju yang Basah
    Ketika tiba di rumah, segeralah ganti baju yang basah akibat kehujanan. Meskipun baju tidak basah, lebih baik segera ganti agar tidak kedinginan agar virus dan bakteri yang menempel di baju tidak menyebabkan penyakit di tubuh.
  • Mandi dengan Air Hangat
    Virus dan bakteri yang berkeliaran saat hujan kemungkinan juga menempel di tubuh. Oleh karenanya, segeralah mandi dengan air hangat untuk membersihkannya. Setelah mandi, keringkan tubuh, terutama bagian rambut. Rambut yang basah dapat menyebabkan tubuh kedinginan dan pusing.
  • Lakukan Stretching Ringan
    Ketika kehujanan, tubuh akan kedinginan dan mungkin menyebabkan tubuh menggigil dan kaku. Cobalah untuk melakukan sedikit peregangan ringan untuk merilekskan tubuh yang kaku. Stretching juga dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat dan memperlancar aliran darah.
  • Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Berikut ini merupakan Makanan  Untuk Daya Tahan Tubuh Saat Kehujanan diantaranya adalah:

  • Lemon
    Llemon kaya akan senyawa yang disebut bio-flavonoid, yang membunuh radikal bebas penyebab kanker. Lemon juga mengandung vitamin C yang bisa memenuhi setengah dari kebutuhan harian. Mengonsumsi jus lemon atau lemon dengan teh hangat adalah cara untuk melindungi tubuh dari flu atau infeksi lainnya.
  • Apel
    Menurut sebuah penelitian, orang yang makan apel setiap hari lebih jarang sakit, lebih sedikit muncuk gejala asma. Dan karena kaya akan serat, apel juga dapat membantu mengurangi peradangan yang menjadi infeksi.
  • Jahe
    Jahe sangat direkomendasikan untuk mengobati mual. Antioksidan di dalamnya berfungsi sebagai anti-peradangan. Kajian terbaru dari 60 penelitian menemukan bahwa jahe yang mengandung beta-karoten dan capsaicin ini mungkin memiliki efek menguntungkan, yaitu mencegah penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes.
  • Bawang putih
    ternyata bawang putih bermanfaat untuk mencegah infeksi. Para ilmuwan mengatakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menangkal masuk angin, serta mengurangi risiko kanker perut, kolon, dan esofagus.
  • Chamomile (Kamomil)
    Bunga chamomile kering yang juga bisa dijadikan teh ini bisa membantu meringankan sakit perut. Bunganya yang mengandung senyata flavonoid dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Teh chamomile dengan madu dan irisan lemon bisa untuk mencegah flu.
Berikut ini poin-poin yang harus diperhatikan sebagai cara mencegah sakit setelah kehujanan.
  • Basah karena hujan tidak akan membuat sakit
  • Perkuat kekebalan anak dengan makan dan istirahat yang cukup
  • Keringkan tubuh setelah kehujanan
  • Pilek ketika cuaca dingin adalah respons fisiologis yang normal

Mandi dan berkeramas juga sangat penting bagi kesehatan tubuh kita setelah kehujanan. Demikian tadi informasi tentang Makanan Untuk Daya Tahan Tubuh Saat Kehujanan, semoga bermanfaat.

 

Source:detik.com, hellosehat.com, halodoc.com