Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi, Sebagian besar kolesterol dihasilkan oleh tubuh sendiri dan hanya sekitar 30 persen yang diperoleh dari makanan. Namun begitu, Anda perlu menghindari makanan-makanan ini agar kadar kolesterol tidak melambung. Apalagi jika Anda sudah memiliki kolesterol tinggi.

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi

makanan penyebab kolesterol tinggi

makanan penyebab kolesterol tinggi

Beberapa makanan diketahui mengandung kadar kolesterol yang tinggi dan berkontribusi terhadap peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Untuk mengontrol kadar kolesterol, hindari beberapa jenis makanan tertentu.

Kadar kolesterol yang tinggi berisiko terhadap berbagai penyakit, di antaranya adalah penyakit jantung dan stroke. Agar terhindar dari penyakit berbahaya tersebut, kenali jenis makanan yang diketahui dapat memicu kolesterol tinggi demi kesehatan tubuh yang lebih baik. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi diantaranya adalah:

 1.Gorengan

Makanan-makanan yang digoreng dengan minyak atau margarin kadar kolesterolnya akan langsung naik. Apalagi kalau dimasak dalam minyak jelantah yang sudah dipakai menggoreng beberapa kali. Misalnya tahu, tempe, bakwan, martabak telur, dan ayam goreng. Solusinya yaitu dengan memasak dengan cara sehat lainnya, tanpa digoreng. Misalnya kukus atau rebus.

2.Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi misalnya santan kelapa, daging kemasan seperti kornet dan sosis, minyak palm, dan mentega mengandung kolesterol tinggi. Sebaiknya ganti makanan yang tinggi lemak jenuh dengan makanan dengan lemak tak jenuh. Sebagai contoh, daripada pakai minyak palm atau mentega, pilih minyak zaitun.

3.Lemak Trans

Lemak trans adalah minyak yang sudah dipadatkan. Biasanya, lemak trans ada dalam margarin dan minyak kelapa. Maka, hidangan yang diolah dari margarin dan minyak kelapa pun tinggi kolesterol. Kalau bisa, pilih margarin yang mengandung 0 gram lemak trans atau bebas lemak trans.

4.Jeroan

Hindari jeroan ayam dan sapi seperti hati, otak, usus, ampela, jantung, dan organ dalam lainnya. Pasalnya, jeroan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Lebih baik konsumsi daging yang rendah lemak, jangan organ dalamnya.

5.Kulit

Kulit ayam, sapi, atau kikil mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi bahkan dari dagingnya. Hal ini bisa meningkatkan kolesterol secara cukup signifikan. Jadi jika makan ayam, sebaiknya jangan disajikan dengan kulitnya.

6.Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji dapat menyebabkan kolesterol tinggi karena selain karena gizinya kurang lengkap, makanan cepat saji atau junk food mengandung kolesterol tinggi karena proses pengolahannya. Oleh karenanya, sebaiknya hindari makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng tepung, burger dan makanan cepat saji lainnya.

Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Health Promotion Perspectives, terlalu sering makan makanan cepat saji berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, lemak di area perut, serta masalah pada regulasi gula darah dalam tubuh.

7.Udang

Makanan laut yang perlu diwaspadai pengidap kolesterol tinggi adalah udang. Sebab, dibandingkan dengan makanan laut lainnya seperti ikan dan cumi, udang memiliki kadar kolesterol yang paling tinggi. Bila ingin mengonsumsi makanan laut, sebaiknya imbangi dengan nutrisi dari sayur dan buah-buahan segar.

8.Telur Ayam

Sebutir telur ayam ras (ayam negeri) lengkap dengan kuning telur dan putih telur mengandung kira-kira 164 miligram kolesterol. Sementara kuning telurnya saja mengandung kolesterol sekitar 242 miligram. Belum lagi kalau telur digoreng dengan minyak palm. Sebaiknya konsumsi sumber protein lain yang masih lebih aman, misalnya dari tahu dan tempe.

9.Daging olahan

Daging olahan seperti sosisham, daging asap, ham, nugget, serta daging olahan lainnya adalah makanan dengan kolesterol tinggi yang harus dibatasi.

Konsumsi daging olahan yang berlebihan telah dikaitkan dengan peningkatan angka penyakit jantung dan kanker tertentu, seperti kanker usus besar. Sebuah studi menyatakan, 50 gram daging olahan per hari dikaitkan dengan risiko 42 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung.

10.Makanan Manis

Makanan penyebab kolesterol diantaranya adalah makanan manis. Makanan manis seperti camilan, es krim, aneka kue juga tinggi akan kolesterol, gula, lemak jahat dan kalori. Asupan gula yang berlebih juga dapat berujung pada diabetes, obesitas, penyakit jantung dan kanker.

Makanan penyebab kolesterol dapat berupa makanan dan gaya hidup buruk. Penderita kolesterol tinggi sebaiknya menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak, garam, dan gula yang tinggi.  Pola hidup tidak sehat juga harus mulai dihilangkan oleh penderita kolesterol. Beberapa gaya hidup tidak sehat yang sebaiknya dihindari seperti merokok dan jarang berolahraga. Demikian artikel tentang Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi, semoga bermanfaat.

Source: halodoc.com, hellosehat.com

Read previous post:
Tips Merawat Organza Fabric
Tips Merawat Organza Fabric

Close