Makanan Penurun Kolesterol Tinggi, Mengonsumsi makanan sehat dapat membantu Anda mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Kolesterol

Kolesterol ada di setiap sel tubuh, bahkan merupakan salah satu komponen penyusun sel. Kolesterol diperlukan untuk membuat hormon, membantu mencerna makanan, dan melarutkan beberapa jenis vitamin. Jenis kolesterol yang banyak dikenal adalah low-density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL).

LDL kerap disebut kolesterol jahat karena dapat menyebabkan penumpukan di pembuluh darah, sementara HDL disebut kolesterol baik karena berfungsi membawa kolesterol tubuh ke hati untuk dipecahkan dan dikeluarkan dari tubuh. Yang disebut dengan kolesterol tinggi adalah bila kolesterol jahat kadarnya tinggi dalam darah.

Dilansir dari healthline.com, Heart disease is the world’s leading cause of death. Having high cholesterol levels — especially “bad” LDL — is linked to an increased risk of heart disease Low “good” HDL cholesterol and high triglycerides are also linked to increased risk Your diet has a powerful effect on your cholesterol and other risk factors.

Banyak mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti makanan cepat saji, dapat meningkatkan kadar kolesterol. Memiliki kadar kolesterol tinggi , terutama LDL “buruk” , dapat menyebabkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tubuh memerlukan kolesterol untuk dapat bekerja dengan baik. Namun, bila jumlahnya terlalu tinggi dan jenisnya pun bukan kolesterol yang baik, kolesterol tersebut dapat menumpuk di pembuluh darah dan membuat penyempitan.

Kolesterol yang menumpuk di dalam pembuluh darah dapat menimbulkan penyakit seperti penyakit jantung koroner dan stroke. Karena itu, para penderita kolesterol tinggi perlu melakukan diet khusus untuk menjaga agar kadar kolesterol tetap normal. Pola makan sehat dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Tubuh manusia memproduksi kolesterol LDL secara alamiah. Tetapi, pola hidup yang tidak sehat seperti jarang berolahraga dan tidak mengontrol asupan makanan yang tinggi kolesterol dapat menyebabkan tubuh Anda memiliki jumlah kolesterol LDL yang lebih banyak.

Berikut ini merupakan Makanan Penurun Kolesterol Tinggi adalah sebagai berikut:

1.Oat

Oat merupakan jenis makanan yang sering disajikan untuk sarapan. Semangkuk sereal gandum bisa bekerja untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

2.Ikan Salmon dan Tuna

Ikan Salmon dan Tuna adalah sumber asam lemak omega-3 terbaik. Bahkan, asam lemak omega-3 pada ikan salmon dan tuna mampu mengurangi risiko kematian akibat aritmia jantung atau penyakit jantung koroner secara signifikan.

3.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kenari, kacang tanah, walnut, dan almond adalah jenis makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Kandungan kacang-kacangan terdapat  vitamin, serat, antioksidan, dan asam lemak omega-3. Kacang-kacangan mengandung asam lemak sehat tak jenuh ganda dan tunggal.

4.Alpukat

Alpukat kaya kandungan lemak tak jenuh, mengonsumsi alpukat dalam bentuk buah, bukan dalam bentuk jus yang sudah dicampur gula dan susu. Penderita kolesterol tinggi perlu membatasi asupan lemak jenuh.

5.Buah beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, rasberi, dll termasuk makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi. Tak hanya menurunkan kolesterol jahat, makan buah beri juga bisa menurunkan gula darah.

6.Apel, anggur, jeruk

Buah-buahan termasuk jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol tinggi.Sejumlah buah seperti apel, anggur, dan jeruk mengandung banyak serat larut jenis pektin yang membantu menurunkan kolesterol jahat. Zat yang terkandung dalam buah-buahan tersebut mendorong tubuh untuk menyingkirkan kolesterol, sekaligus mengontrol hati agar tidak memproduksi kolesterol.

7.Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik dan bisa menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi peradangan arteri. Polifenol dalam minyak zaitun dapat mengurangi oksidasi berbahaya dari kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Penyakit kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kolesterol tinggi terjadi akibat pola makan yang salah. Oleh karena itu, selain memperbaiki pola makan dengan mengurangi makanan penyebab kolesterol, diperlukan gaya hidup yang sehat dan olah raga yang teratur. Demikian artikel Makanan Penurun Kolesterol Tinggi semoga bermanfaat.

Source: halodoc.com, healthline.com

Read previous post:
keindahan kepulauan anambas
Keindahan Kepulauan Anambas yang Ratusan Pulaunya Tak Berpenghuni

Close