Kuliner Bandung Murah Meriah, Cuanki Serayu. Wisata kuliner yang murah meriah di bandung selanjutnya adalah Cuanki Serayu-apakah anda anda tahu bahwa cuankie merupakan suatu singkatan, yang berarti (cari uang jalan kaki),Yah memang benar karena pada saat dulu setiap pedagang cuankie selalu mendorong sebuah roda sambil jalan kaki,akan tetapi apakah anda sudah merasakan cuankie yang satu ini yaitu cuankie serayu. Yang lokasinya terletak di Jl.Serayu yang dekat dengan jl.RE martadinata atau disebut juga jl.Riau yang telah menjadi pusat factory outlet.

Kuliner Bandung Murah Meriah, Cuanki Serayu

Cuanki merupakan salah satu jajanan yang berasal dari kota bandung yang berbahan dasar ikan, daging sapi, tepung tapioka, dan bumbu penyedap lainnya yang disajikan dengan kuah kaldu yang kuat berisi bakso, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus dengan taburan bawang goreng dan daun seledri.

Cuanki pertama kali dikenalkan oleh orang Tionghoa pada tahun 60-an. Cuanki sendiri berasal dari singkatan “Cari Uang Jalan Kaki”. Hal ini berawal dari para penjual cuanki menjajahkan dagangannya dengan berjalan kaki sambil memikul dari satu kampung ke kampung lainnya, dengan membunyikan suara khasnya “tok tok tok” yang menandakan adanya penjual cuanki.

Dengan seiring perkembangan waktu dan teknologi, para pedagang cuanki tidak lagi memikul sambil berjalan kaki. Namun dengan cara menetap disatu tempat maupun menjual cuanki instan yang dapat disajikan dalam waktu singkat, dihidangkan kapan saja, dan dapat dikirim ke berbagai daerah melalui daring internet sosmed.

Bila anda berada di kota Bandung, anda bisa menikmati kuliner ini di Bakso Cuanki Serayu yang terletak di jalan serayu no.2, Kota Bandung.

Kuliner bakso cuanki serayu ini merupakan bakso yang dibuat dari bahan bakunya menggunakan ikan tenggiri yang segar. Selain itu pula cuanki serayu ini selalu menggunakan bahan-bahan dengan kualitas baik, bahkan tahunya pun dipesan secara khusus, dan pangsitnya juga mengunakan ukuran yang cukup besar, makanya rasa dan kwalitas bakso cuanki serayu ini tidak perlu untuk diragukan lagi.

Harga kuliner bakso cuanki serayu ini dibandrol hanya 17.000 rupiah seporsi dengan isi 6 buah, selain itu pula tersedia batogor dengan harga 17.000 rupiah seporsi dengan isi 6 buah.
Warung bakso cuanki serayu sekarang ini telah mempunyai cabang yaitu di jalan Bengawan, jalan Cihapit dan Jalan Mangga, Kota Bandung.

Jajanan kuliner ini masih dan sangat diminati di kota Bandung, tergolong harganya yang murah juga akan membuat perut kita puas,Nah yang lagi berekreasi ke Bandung tidak ada salahnya untuk anda mencoba.

Perbedaan Cuanki dan Bakso Malang
1. Berdasarkan cara penyajian

Cuanki disajikan dengan cara merebus semua isian didalam kuah termasuk siomay goreng dan disajikan ketika siomay goreng mengembang. Sedangkan berdasarkan cara penyajian bakso malang tidak merebus isiannya namun menyiram isian sehingga siomay goreng tidak mengembang.

2. Berdasarkan asal usul

Cuanki sendiri berasal dari Bandung yang singkatannya dari cari uang jalan kaki dengan adanya pedagang memangul dagangan sambil berjalan kaki. Sedangkan bakso malang yang berawal dari penjual berkeliling menjajahkan bakso dengan gerobak dorong.

3. Berdasarkan rasa kuah

Kuah cuanki yang terkenal memiliki karakteristik rasa gurih yang cukup tajam karena komposisi bumbu, kaldu, dan penyedap sehingga rasanya yang kuat. Sedangkan bakso malang memiliki kuah yang jernih dan ringan daripada cuanki karena kuah tersebut berasal dari air bekas rebusan daging.

4. Berdasarkan isi

Seporsi cuanki berisi bakso halus, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, tahu rebus, ataupun tambahan mi. Sedangkan bakso malang satu porsi berisi bakso halus, bakso urat, bakso goreng, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng, dan tahu rebus ataupun tambahan seperti mi kuning dan bihun yang membuat bakso malang memiliki komposisi lebih lengkap dibandingkan cuanki.

outboundbandungcileunca.com

Read previous post:
Website Untuk Belajar Coding
Website Untuk Belajar Coding

Close