Karakteristik Scuba Fabric, Scuba adalah jenis kain rajut ganda yang merupakan perpaduan bahan polyester dan likra atau spandeks. Karena itulah, bahan ini secara umum bersifat lentur dan menempel di badan. Kain scuba berupa benang filamen yang sangat halus dan dirajut secara padat menghasilkan kain halus dan lembut. Sifat khusus kain scuba lebih kuat sehingga kain ini tidak mudah sobek. Selain itu, kain scuba juga tahan terhadap cuaca ekstrim.

Karakteristik Scuba Fabric

Karakteristik Scuba Fabric

Karakteristik Scuba Fabric

Kain Scuba pertama kali diperkenalkan di dunia fashion pada musim semi tahun 2012 yang terinspirasi dari pakaian olah raga. Disebut scuba karena terinspirasi dari bahan baju diving atau scuba (menyelam) yang sangat stretch dan tebal. Namun untuk busana sehari-hari, bahan scuba ini dibuat lebih tipis dan dikurangi kandungan benang spandexnya

Scuba fabric is a type of double knit made from polyester and spandex, with a very fine gauge thread, and smooth texture.  It’s a little springy, very smooth and has a nice drape to it. Scuba fabric should not be confused with neoprene which is a thicker synthetic rubber and fabric hybrid that is more durable, flexible and is often used for wetsuits. You can also buy a fabric called scuba crepe which is a lighter version of scuba, more like a traditional lycra but with a crepe textured finish.

Kain scuba adalah jenis rajutan ganda yang terbuat dari polyester dan spandex, dengan benang gauge yang sangat halus, dan tekstur yang halus. Kain scuba sedikit lentur, sangat halus dan memiliki penutup yang bagus.

Kain scuba sering tertukar dengan neoprene yang merupakan karet sintetis yang lebih tebal dan kain hybrid yang lebih tahan lama, fleksibel dan sering digunakan untuk pakaian selam.

Anda juga dapat membeli kain yang disebut scuba crepe yang merupakan versi scuba yang lebih ringan, lebih mirip lycra tradisional tetapi dengan hasil akhir bertekstur krep.

Kain scuba  merupakan salah satu bahan yang sedang populer saat ini adalah scuba. Banyak dipakai oleh desainer atau brand-brand yang mengangkat gaya casual.

Karakteristik Scuba Fabric

Scuba Fabric

Scuba Fabric

Berikut ini merupakan karakteristikk scuba fabric atau kain scuba diantaranya yaitu :

  • Bahannya tebal dan sangat elastis.
  • Tekstur kainnya sangat halus dan lembut.
  • Kain ini termasuk jenis kain yang tidak mudah kusut.
  • Memiliki dua lapisan kain
  • Kain bisa melar
  • Kain Tebal
  • Halus ketika disentuh
  • Memiliki sifat menempel di tubuh seperti spandeks
  • Kuat
  • Tidak mudah kusut
  • Adem dan nyaman ketika dikenakan
  • Daya serap keringat sangat baik
  • Mudah merawatnya

Keunggulan Scuba

Scuba Fabric

Scuba Fabric

Scuba fabrik memiliki banyak keunggulan, berikut ini merupakan keunggulan kain scuba diantaranya adalah :

  • Menyerap Keringat dengan Baik
    Scuba Fabric atau kain scuba walau pun tebal namun tidak panas panas saat digunakan karena mampu menyerap keringat dengan baik sehingga cocok dikenakan di negara tropis seperti Indonesia.
  • Tebal dan Tidak Menerawang
    Scuba fabric atau kain scuba termasuk bahan yang cukup tebal, meskipun tergantung juga pada pabrik pembuatnya. Dengan ketebalan 1–3 cm, bahan ini tidak menerawang dan inilah yang membuatnya banyak dipilih untuk membuat berbagai fashion item.
  • Sangat Elastis
    Tingkat elastisitas dan kerenggangannya juga termasuk tinggi, yaitu mencapai sekitar 40%. Di luar negeri, bahan ini banyak dijumpai dalam berbagai jenis busana, seperti gaun, legging, rok, blouse, dan peplum dress. Kini, di Indonesia, gamis berbahan scuba pun mulai banyak beredar di pasaran.
  • Halus dan Empuk
    Karakteristik lain dari kain scuba adalah memiliki tekstur yang halus dan terasa empuk saat digunakan. Hal ini membuat jenis busana apa pun yang dibuat dari bahan scuba akan terasa nyaman dipakai.

Scuba fabric memiliki keunikan yaitu serat kain tidak akan lepas walaupun tidak dijahit. Kain scuba yang original juga memiliki rajut ganda atau dua lapisan yang dapat dilihat secara langsung dari tepi kain.

Kain Scuba sekarang ini termasuk bahan yang banyak digunakan di luar negeri untuk pakaian seperti t shirt, atau pakaian yang digunakan sehari-hari karena sifatnya yang stercth, ada juga untuk gaun istimewa. Karena memiliki ketebalan yang cukup serta sangat halus kain ini sangat cocok untuk bahan jas atau blazer wanita.

Tips merawat Scuba Fabric

Scuba Fabric

Scuba Fabric

Merawat kain scuba tidaklah sulit karena kain ini sangat kuat, jadi tidak ada perawatan khusus untuk kain ini. Hanya saja hindarkan beda panas dari kain ini, karena walaupun kuat kain ini terbuat dari serat buatan atau polyester jadi sangat tidak tahan terhadap benda panas. Berikut ini merupakan tips merawat scuba fabric atau kain scuba yaitu:

  • Scuba Fabric tidak mudah kusam walupun dicuci menggunakan mesin cuci. jadi jangan khawatir untuk merendam kain ini dengan deterjen dan memutarnya di mesin cuci.
  • Agar lebih awet jangan terlalu lama merendam kain ini menggunakan deterjen.
  • Karena sifatnya yang elastis, kamu sebaiknya menjemur Bahan scuba ditempat yang cukup teduh dan tidak terkena matahari langsung.
  • Kain ini tidak mudah kusut sehingga tidak walaupun tidak di setrika kain tidak begitu terlihat kusut, namun jika ingin menyetrika jangan gunakan suhu yang terlalu panas.

Perlu diperhatikan bahwa kain scuba memiliki daya serap keringat yang bagus jadi jika mencuci gamis berbahan scuba gunakan gantungan yang besar dan kuat untuk mengeringkannya karena kain ini banyak menyerap kain ini, sehingga menjadi sangat berat ketika dicuci. Demikian artikel tentang Karakteristik Scuba Fabric, semoga bermanfaat.

Karakteristik Scuba Fabric

Read previous post:
greenhouse baja ringan
Greenhouse Baja Ringan

Close