Jenis Web Hosting, Hosting adalah layanan untuk menyimpan semua data, file, dan gambar  pada website. Jenis Web Hosting yang biasa di gunakan adalah Shared Hosting, Cloud Hosting, Managed WordPress Hosting, VPS Hosting dan Dedicated Hosting.

Jenis Web Hosting

Saat mendaftar untuk mencoba layanan hosting, maka pada dasarnya kamu tengah menyewa ruang server fisik yang berguna untuk menyimpan semua data. Data tersebut sangatlah penting dan dibutuhkan agar website bisa berfungsi dengan baik.

Setiap situs web yang ada di seluruh dunia pasti memiliki host web yang menyediakan teknologi dan server yang diperlukan agar situs dapat diakses secara online di Internet. Web hosting umumnya tersedia dalam Lima jenis utama. Semuanya bekerja secara berlainan dan memenuhi persyaratan yang berbeda-beda. Itu sebabnya, sangat penting agar pada  saat memilih hosting web yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan bisnis para pengguna.

Jenis Web Hosting

Berikut ini merupakan Jenis Web Hosting. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Shared hosting

Shared hosting adalah layanan hosting dimana sebuah server digunakan secara bersama-sama oleh banyak pengguna sekaligus. Para pengguna layanan shared hosting tersebut berbagi resource & kapasitas server bersama-sama.

Dengan shared hosting, Anda berbagi server dengan klien lainnya di provider hosting yang sama. Website yang dionlinekan di server yang sama berbagi semua resource, seperti memori, computing power, disk space, dan lain-lain.

Paket Shared hosting menjadi pilihan yang pas untuk blog dan website sederhana sehingga menjadi tipe web hosting yang paling banyak digunakan. Untuk jenis hosting ini cocok dimanfaatkan pada situs web portofolio, website bisnis kecil, serta blog.

Kelebihan Shared hosting:

  • Murah
  • Mudah digunakan oleh pemula (bahkan tak harus menguasai bahasa pemrograman)
  • Pre-configured server
  • Control panel yang mudah digunakan
  • Maintenance dan administrasi server dilakukan oleh penyedia hosting

Kekurangan Shared hosting:

  • Sedikit atau sama sekali tidak dapat mengontrol konfigurasi server
  • Apabila traffic tinggi di website pengguna lain, maka hal tersebut akan memengaruhi kinerja situs Anda

2.Cloud Hosting

Cloud hosting Merupakan hosting yang mengutamakan penggunaan teknologi komputasi awan. Cloud hosting merupakan salah satu layanan hosting yang diterima dari server saling terhubung.  Jenis web hosting ini menawarkan kemudahan penggunaan yang ada pada shared hosting, tetapi dengan kapasitas penyimpanan serta bandwidth yang lebih tinggi.

Cloud hosting  mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja melainkan menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai titik dan berbagai negara.

cloud hosting memiliki harga yang lebih mahal dibanding paket shared hosting, dan biaya yang dikenakan ada yang tergantung pada seberapa sumber daya yang anda gunakan, namun ini akan cocok bagi situs yang berkembang setiap waktu dan menggunakan cloud hosting akan mudah saat membutuhkan sumber daya yang lebih besar.

Metode Pada Cloud hosting mengkonfigurasi server dalam cara yang fleksibel untuk memungkinkan kerja web yang paling terjangkau, terukur, dan dapat diandalkan dalam infrastruktur web.

Kelebihan Cloud hosting

  • Sedikit bahkan tidak ada downtime
  • Jika server error, sama sekali tidak akan memengaruhi situs Anda
  • Alokasi resource sesuai permintaan
  • Bayar sesuai dengan yang Anda gunakan

Kekurangan:

  • Biaya sulit diperkirakan
  • Akses root tidak selalu tersedia

3.Managed WordPress Hosting

Managed WordPress Hosting adalah jenis hosting yang di bangun khusus untuk menjalankan website dengan platform WordPress.

Banyak perusahaan yang sudah memanfaatkan WordPress untuk membuat website. Selain itu WordPress sendiri memiliki tambahan fitur WooCommerce. Karena website yang dibuat menggunakan WordPress, maka tidak masalah jika memanfaatkan hosting managed WordPress hosting ini.

Jenis hosting yang satu ini akan memberikan pengguna layanan seperti memperbarui instalasi WordPress untuk membantu melindungi website dari ancaman keamanan peretas.
Kelebihan Managed WordPress Hosting:

  • Menggunakan hosting jenis ini dibanding dengan hosting lain saat anda  menjalankan WordPress adalah pada sisi server yang sudah di optimalkan secara khusus agar WordPress berjalan dengan baik.
  • Update situs otomatis atau WordPress.
  • Backup harian atau mingguan otomatis.
  • Pengoptimalan kecepatan terpasang melalui jaringan caching dan CDN.
  • Mekanisme keamanan terintegrasi dioptimalkan untuk WordPress.
  • Optimasi database built-in untuk WordPress.
  • Optimalisasi skalabilitas (server mampu menangani lebih banyak lalu lintas jika perlu).
  • Pengaturan server dioptimalkan khusus untuk perangkat lunak WordPress.
  • Dukungan khusus dari ahli WordPress

4.VPS Hosting

VPS Hosting ini menawarkan kecanggihan dari mesin virtual yang mampu dipergunakan ke dalam web hosting. Dan VPS Hosting ini menjamin kepuasan para penggunanya. Ini dikarenakan hosting satu ini bisa memberikan kenikmatan lingkungan hosting stabil dibandingkan dengan menggunakan hosting lainnya.

Keunggulan dari VPS Hosting sendiri adalah dari segi keamanan lebih terjamin dibandingkan shared hosting. Pengguna juga akan mendapatkan akses root yang bisa digunakan untuk mengatur dan menginstal sistem operasi sendiri. Selain itu VPS hosting ini pun juga lebih fleksibel dibandingkan dedicated server.

Server utama dibagi menjadi beberapa server virtual, dan setiap server didedikasikan untuk masing-masing situs web individual yang dapat disesuaikan sepenuhnya berdasarkan kebutuhan pengguna. Dengan VPS, sebuah situs web masih berbagi server dengan situs web lain, namun hanya dalam jumlah yang lebih sedikit, sehingga akan berkinerja lebih baik dan kekhawatiran bahwa gangguan pada situs lain akan memberi imbas akan lebih terminimalisasi.

VPS hosting adalah singkatan untuk Virtual Private Server hosting. Virtual Private Server hosting menawarkan mesin virtual untuk klien. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya.

Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi dan sistem operasi.  Dari sisi harga VPS masih jauh lebih terjangkau dibandingkan Dedicated Server.

Kelebihan VPS:

  • Anda bisa & bebas mengcustomisasi server VPS yang Anda miliki.
  • Pada jenis VPS managed, ada tim support yang akan membantu Anda 24 jam.
  • Memiliki akses root server VPS.
  • Scalable, Anda dapat menurunkan atau meninggikan resource tanpa harus mengalami downtime.

Kekurangan VPS:

  • Diperlukan pengetahuan dasar tentang server dan sistem operasi.
  • Biaya yang dikeluarkan lebih tinggi dari shared hosting.
  • Harus menginstal control panel sendiri.

5.Dedicated Hosting

Hosting satu ini diciptakan hanya untuk melayani klien tunggal saja. Sehingga tidak bisa digunakan untuk beberapa website sekaligus. Hanya satu website yang bisa masuk ke dalam dedicated hosting ini.

WordPress menjadi salah satu platform website ideal yang bisa masuk ke dalam dedicated hosting ini. Karena hanya mampu menampung satu website saja, maka tidak heran jika perusahaan-perusahaan besar saja yang tepat untuk menggunakan hosting ini.

Dedicated hosting yang ideal untuk website WordPress dengan jumlah pengunjung yang sangat besar. Banyak Penyedia Layanan WordPress hosting menawarkan Hosting Dedicated Plan Shared dengan VPS hosting Plan.

Dedicated hosting yang ideal untuk organisasi besar atau situs dengan lalu lintas yang sangat besar. Klien mendapatkan kontrol penuh dari server yang memungkinkan mereka untuk mengkonfigurasinya untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Dalam perkembangan internet peran hosting sangatlah penting. Tanpa hosting, maka anda  tidak akan dapat membangun suatu situs web yang baik. Demikian artikel tentang Jenis Web Hosting, semoga bermanfaat.

Source: niagahoster.co.id, puskomedia.id

Jenis Web Hosting

Read previous post:
keunggulan kanopi baja ringan
Keunggulan Kanopi Baja Ringan

Close