Jangan Lupa Selalu Bersyukur, Selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki, menghirup udara setiap saat, bertemu dengan orang yang kita cintai dan sayangi, bersyukur dengan segala yang ada akan membuat kita bahagia. Jangan lupa selalu bersyukur, karena akan membuat hati kita bahagia selamanya.  

Jangan Lupa Selalu Bersyukur

Syukur merupakan salah satu sifat dari sifat-sifat Allah yang husna. Yaitu Allah pasti akan membalas setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh hamba-Nya, tanpa luput satu orang pun dan tanpa terlewat satu amalan pun. Senantiasa bersyukur dan berterima kasih kepada Allah atas limpahan nikmat Allah, walau cobaan datang dan rintangan menghadang, itulah sifat para Nabi dan Rasul Allah yang mulia.

Definisi Bersyukur

Bersyukur merupakan suatu perbuatan yang bertujuan untuk berterima kasih atas segala limpahan nikmat yang telah Tuhan berikan. Istilah syukur sendiri menurut agama islam, sebagaimana yang telah diajabarkan oleh Ibnul Qayyim:

“Syukur adalah menunjukkan adanya nikmat Allah pada dirinya. Dengan melalui lisan, yaitu berupa pujian dan mengucapkan kesadaran diri bahwa ia telah diberi nikmat. Dengan melalui hati, berupa persaksian dan kecintaan kepada Allah. Melalui anggota badan, berupa kepatuhan dan ketaatan kepada Allah.” (Madarijus Salikin, 2/244).

Lawan dari syukur sendiri adalah kufur nikmat, yaitu sifat enggan untuk menyadari atau bahkan mengingkari bahwa nikmat yang telah didapatkan adalah dari Allah Ta’ala.

Cara kita bersyukur bisa kita mulai dengan banyak memuji Allah, selalu mentaati perintahnya, dan merealisasi rasa syukur kita dalam tindakan dan perbuatan kita sehari-hari. Jika begitu maka penyakit-penyakit hati akan hilang dari kita, menjadikan kita orang yang cukup, dan Allah akan senantiasa menambahkan nikmatnya kepada kita.

Jangan Lupa Selalu Beryukur, Bersyukur juga menjadikan kita semakin kuat dalam menghadapi lika liku kehidupan. Terkadang memang sulit untuk di lakukan, namun jika dilatih terus menerus akan menjadi kebiasaan yang baik.

Allah SWT berfirman, “Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku .” (QS al-Baqarah [2]: 152).

Masalah dan cobaan merupakan bagian dari hidup kita. Ada fase di mana kita dihadapkan pada situasi masalah yang terus datang silih berganti. Saat satu masalah selesai, masalah lainnya muncul.Kewajiban kita adalah bersabar ketika mendapati musibah dan bersyukur ketika mendapatkan nikmat Allah. Tidak ada yang tahu bagaimana jalan kehidupan kita nanti, esok, atau bahkan lusa. Tapi kita selalu bisa untuk ajarkan hati agar senantiasa berdoa meminta yang terbaik kepada Allah.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ؛ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mu’min sejati. Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar, dan itu baik baginya” (HR. Muslim no.7692).

Jangan Lupa Selalu Bersyukur, Saat bersyukur, kita tidak akan merasa sedih ataupun merasa kekurangan. Dan ketika kita mengeluh, maka akan bertambah kesusahan.

Bahagia secukupnya, Sedih seperlunya, mencintai sewajarnya, Membenci sekedarnya, Bersyukur Sebanyak-banyaknya.Bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini itu lebih baik, dari pada harus mengeluh karna tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. oleh karena itu jadikan lah hidup kita untuk selalu bersyukur dalam setiap keadaan.