Hari Puisi Sedunia 2021, Hari Puisi Dunia diperingati pada Tanggal 21 Maret. Peringatan World Poetry Day tersebut  Ditetapkan oleh UNESCO Tanggal 21 Maret sejak tahun 1999.

Hari Puisi Sedunia 2021

Hari Puisi sedunia telah ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 21 Maret 1999 tujuannya adalah untuk mempromosikan kegiatan membaca, penulisan, penerbitan, pengajaran dan penghayatan Puisi di seluruh Dunia.

Sejarah Hari Puisi Sedunia

Pada akhir abad ke-21  peringatan puisi diselenggarakan pada tanggal 15 Oktober, tanggal tersebut merupakan bertepatan dengan hari lahirnya seorang ahli penyair bernama Virgil, dia adalah seorang ahli penyair wiracarita Romawi era Augustan.

Pada beberapa negara masih memperingati hari puisi setiap tanggal 15 Oktober, namun beberapa negara lainnya memperingati hari puisi sedunia tada tanggal 21 Maret sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh UNESCO.

UNESCO sendiri merupakan sebuah badan khusus PBB yang fokus terhadap perdamaian dan keamanan dengan mempromosikan kerjasama antar Negara melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya dalam rangka meningkatkan rasa saling menghormati yang berlandaskan kepada keadilan, peraturan, huku, HAM, dan kebebasan hakiki.

UNESCO pertama kali mengadopsi 21 Maret sebagai Hari Puisi Dunia selama Konferensi Umum ke-30 di Paris pada tahun 1999, dengan tujuan mendukung keragaman linguistik melalui ekspresi puitis dan meningkatkan kesempatan untuk bahasa yang terancam didengar. Penetapan tersebut telah dibuat pada deklarasi UNESCO untuk memberikan pengakuan dan dorongan baru bagi gerakan Puisi Nasional, Regional, dan Internasional.

Hari Puisi Sedunia adalah anokrasi untuk menghormati penyair, menghidupkan kembali tradisi lisan dari pembacaan puisi, mempromosikan pembacaan, penulisan dan pengajaran puisi, menumbuhkan konvergensi antara puisi dan seni lainnya seperti teater, tari, musik dan lukisan, dan meningkatkan visibilitas puisi di media. Ketika puisi terus menyatukan orang-orang di seluruh benua, semua diundang untuk bergabung.

Dikatakan oleh  PBB, bahwa diperingati setiap tahun pada tanggal 21 Maret, Hari Puisi Sedunia merayakan salah satu bentuk ekspresi dan identitas budaya dan bahasa yang paling berharga dari umat manusia.

Definisi Puisi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Puisi adalah ragam sastra yang bahasa terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait. Gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat. Sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapn khusus lewat penataan bunyi, irama dan makna khusus.

Puisi merupakan sebuah karya sastra hasil dari ungkapan dan perasaan seseorang dengan bahasa yang terikat irama, matra, rima, penyusunan lirik, dan bait. Isi-isi dalam puisi penuh makna dengan bahasa yang dipakai cukup indah. Banyak orang yang tertarik dengan puisi.

Dilansir Encyclopaedia Britannica, Puisi adalah sastra yang membangkitkan kesadaran imajinatif dan terkonsentrasi pengalaman atau respon emosional melalui bahasa yang dipilih serta diatur untuk makna, suara, dan ritme.

World Poetry Day dideklarasikan oleh UNESCO pada tahun 1999 di Paris dengan tujuan mendukung keragaman bahasa melalui ekspresi puitis dan meningkatkan kesempatan bahasa yang sudah jarang untuk didengar.

Bentuk ungkapan berupa puisi dapat disampaikan kepada manusia dan nilai-nilai kita bersama, mengubah puisi paling sederhana menjadi katalisator yang kuat untuk dialog dan perdamaian. Demikian artikel tentang Hari Puisi Sedunia 2021,semoga bermanfaat.

Source: cgkata.blogspot.com, kompas.com

Hari Puisi Sedunia 2021

Read previous post:
hari dongeng sedunia 2021
Hari Dongeng Sedunia 2021

Close