Hari Kesehatan Sedunia 2021,  Hari Kesehatan Sedunia atau juga World Health Day diperingati setiap  tanggal 7 April. Tujuan peringatan  Hari Kesehatan Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah kesehatan global. Tema Hari Kesehatan Sedunia 2021 adalah bagaimana membangun dunia yang lebih adil dan sehat.

Hari Kesehatan Sedunia 2021

Dilansir dari situs resmi WHO,  Hari Kesehatan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 7 April 2021, mengajak semua  untuk berpartisipasi dalam sebuah kampanye baru untuk membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat. “Dunia kita adalah dunia yang tidak setara”.

Sejarah Hari Kesehatan Sedunia

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Hari Kesehatan Sedunia mulai dilaksanakan sejak First Health Assembly tahun 1948. Setiap tahun tema yang diangkat dianggap menjadi prioritas WHO, contohnya mulai dari masalah perubahan iklim, kesehatan ibu dan anak, serta kesehatan mental.

Tujuan Hari Kesehatan Sedunia

Tujuan diadakannya Hari Kesehatan Sedunia adalah untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan menyoroti bidang prioritas yang menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Selama 50 tahun terakhir, hari ini telah menyoroti masalah kesehatan penting seperti kesehatan mental, perawatan ibu dan anak, serta perubahan iklim.

Peringatan ini ditandai dengan kegiatan yang dilakukan tidak hanya hari ini, tapi setahun ke depan dan berfungsi sebagai kesempatan untuk memusatkan perhatian dunia pada aspek penting kesehatan global.

Tema Hari Kesehatan Dunia 2021

Tema Hari Kesehatan Dunia 2021 Tema Hari Kesehatan Sedunia 2021 adalah “Building a fairer, healthier world for everyone” atau membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat untuk semua orang.

Dalam situs resminya WHO menuliskan bahwa “Dalam beberapa tahun terakhir, negara di bagian Pasifik Barat mengalami perkembangan ekonomi, migrasi, dan urbanisasi yang cepat. Ini menciptakan kesempatan untuk hidup lebih baik bagi banyak orang, tapi ada juga yang tertinggal. Pandemi COVID-19 memangkas kemajuan tersebut, mendorong lebih banyak orang ke jurang kemiskinan dan kelaparan, serta semakin memperlebar kesenjangan gender, sosial, dan kesehatan.

COVID-19 telah menghantam semua negara di dunia, tetapi dampak yang paling parah dirasakan oleh komunitas yang memang sudah rentan, mereka yang lebih berisiko terpapar penyakit ini, yang cenderung tidak memiliki akses ke pelayanan kesehatan berkualitas, dan cenderung lebih terdampak oleh efek negatif dari upaya-upaya untuk mengendalikan pandemi ini. WHO berkomitmen untuk memastikan agar setiap orang, di mana saja, dapat memenuhi haknya untuk kesehatan yang baik.

Hari Kesehatan Sedunia Di Indonesia

Di Indonesia, momen Hari Kesehatan Sedunia dijadikan pengingat oleh Yayasan Jantung Indonesia (YJI) bahwa penyakit jantung masih menjadi ancaman. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyebutkan bahwa setidaknya 15 dari 1.000 orang di Indonesia bisa menderita penyakit jantung.

Olahraga menjadi salah satu hal yang disarankan untuk mencegah penyakit jantung. Di tengah pandemi, bersepeda rutin menjadi olahraga populer yang disarankan. Serta jangan lupa juga untuk selalu mengecek kesehatan secara rutin dan membuat pola latihan yang teratur serta seimbang. Demikian  artikel tentang Hari Kesehatan Sedunia ,semoga bermanfaat.

Source:  tirto.id, health.detik.com, www.who.int/indonesia/news/campaign/world-health-day-2021

Read previous post:
hari buku anak sedunia
Hari Buku Anak Sedunia

Close