Hari Guru Nasional 25 November 2021, “Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan”, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah menetapkan Logo Hari Guru Nasional 2021 yang diperingati pada 25 November.

Guru adalah pengajar dan sosok penting dalam pendidikan yang memberi pengetahuan sekaligus sebagai guru pendidik dan pengajar yang memberikan pengetahuan  kepada murid-muridnya.

Guru adalah sosok yang menjadi panutan bagi semua murid-muridnya dan peran yang melekat padanya sangat penting bagi pembentukan karakter-karakter murid-muridnya.

Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru yang bermutu dapat melahirkan ribuan orang-orang hebat.

Guru juga mempunyai tanggung jawab untuk mendidik siswa, tak hanya dari sisi akademi, namun juga agar mempunyai sikap dan berperilaku baik.

Oleh karena itu, mengapa sebagai murid, kita perlu selalu menghormati guru dan memuliakan jasa guru. Begitu besar jasa mereka terhadap kehidupan kita. Jika tidak ada guru, sebuah bangsa tidak akan pernah memiliki pemuda yang beprestasi. Selamanya kita akan berutang jasa kepada guru-guru kita.

Hari Guru Nasional 25 November 2021, “Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan”

Untuk mengenang, menghargai dan mengapresiasi jasa para guru di Indonesia, setiap tanggal 25 November diperingati Hari Guru Nasional (HGN).

Tema Hari Guru Nasional 25 November 2021

Tema Hari Guru Nasional kali ini adalah “Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan”.

Tema ini sesuai situasi pendidikan Indonesia yang sempat terhambat akibat pandemi COVID-19, yang mewajibkan kegiatan belajar mengajar diselenggarakan dari jarak jauh, Proses itu tentu saja mempersulit seluruh tenaga pengajar dan peserta didik.

Sutuasi saat ini mulai membaik, dan sekolah mulai menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Hari Guru Nasional 25 November 2021, “Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan”

Makna Hari Guru Nasional 2021

Hari Guru Nasional memiliki makna sebagai bentuk penghormatan kepada para guru atas segala jasa mereka.

Logo Hari Guru Nasional 25 November 2021

Logo Hari Guru Nasional 25 November 2021

Logo Hari Guru Nasional 25 November 2021

Hari Guru Nasional 25 November 2021, “Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan”

Logo Hari Guru Nasional 25 November 2021

Logo Hari Guru Nasional 25 November 2021

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/11/logo-hari-guru-nasional-hgn-tahun-2021

Sejarah Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya. Peringatan ini dirayakan sebagai bentuk penghargaan kepada para guru yang telah berjuang mengajar dan mendidik para calon generasi penerus bangsa.

Peringatan Hari Guru Nasional ini, berdasarkan kepada Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994. Tanggal 25 November dipilih sebagai peringatan Hari Guru Nasional ini karena bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

PGRI terbentuk pada 25 November 1945, yang digagas oleh Rh. Koesnan, Djajeng Soegianto, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, dan Abdullah Noerbambang. Sebelum menjadi persatuan para guru, perkumpulan ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Sedangkan PGHB sendiri didirikan pada tahun 1912 dan beranggotakan kepala sekolah, guru bantu, guru desa, sampai perangkat sekolah lainnya. Kemudian pada tahun 1932 nama PGHB dirubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Pemberian Nama tersebut membuat pemerintah Belanda kaget. Pasalnya ada nama Indonesia di dalamnya. Bagi pemerintah Belanda, hal ini dianggap sebagai sebuah ancaman untuk mereka. Dan pada masa penjajahan Jepang, PGI tidak lagi melakukan aktivitasnya, karena Jepang melarang adanya PGI.

Dan setelah Indonesia merdeka, PGI pun kemudian menggelar Kongres Guru Indonesia yang pertama kalinya pada 24-25 November 1945 di Surakarta, Jawa Tengah. Salah satu hasil Kongres itu adalah mereka mengesahkan terbentuknya PGRI. Maka dari itu, kemudian tanggal 25 Noveber 1945 diperingati sebagai hari lahirnya PGRI.

Oleh kerena itu, peringatan Hari Guru Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahunnya ini. momentum Hari Guru Nasional sejatinya bisa menjadi pengingat  bagi kita untuk meneladani sifat dan bakti para guru yang dulu berjuang mempertahankan pendidikan bagi rakyat Indonesia, meski berada dalam masa penjajahan.

Hingga saat ini, setiap tanggal tanggal 25 November diperingati sebagai penghormatan guru-guru Republik Indonesia, dan ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati setiap tahun.

Link download twibbon Hari Guru Nasional gratis 25 November 2021:

  • Karya Nir Singgih

https://www.twibbonize.com/hari-guru-pgri

  • Karya reviewsteknologiku.tech:

https://twb.nz/harigurunasional2021twibbon

  • Karya Siti Purnama:

https://twb.nz/harigurunasional25nov21

  • Karya onlyriduan:

https://twb.nz/hgn2021onlyriduan03

  • Karya Susi Nuranisah:

https://twb.nz/hargun21

  • Karya Mifrohul Falah:

https://twb.nz/harigurunasional25nov2021foryou

Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional (HGN). Tema HUT Ke-76 PGRI dan HGN Tahun 2021 adalah “Bangkit Guruku, Maju Negeriku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” dengan tagline #GuruMenolakMenyerahkarenaCorona.

(bosscha.id, kumparan.com, kompas.com,twibbonize.com)