Hari Farmasi Indonesia 2021, Hari Persatuan Farmasi Indonesia diperingati setiap tanggal 13 Februari. Farmasi merupakan salah satu bidang keprofesian dalam tenaga kesehatan yang merupakan kombinasi antara ilmu kesehatan dan juga ilmu kimia, yaitu salah satu ilmu kombinasi antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia yang mempelajari tata cara penyediaan obat menjadi bentuk tertentu sehingga siap untuk dijadikan obat untuk suatu penyakit.

Hari Farmasi Indonesia 2021

Farmasi sendiri berasal dari bahasa Yunani Pharmacon yang berarti Obat. Para Asisten Apoteker adalah profesional bidang kesehatan yang memiliki tanggung jawab memastikan efektifitas dan keamanan penggunaan obat yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia.

Profesi farmasi bertanggung jawab untuk memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat tersebut, akan digunakan oleh dokter untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan membantu menyehatkan kembali pasien yang datang ke dokter.

Selain itu, farmasi juga mempelajari pengembangan ilmu dan teknologi pembuatan obat dalam bentuk sediaan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan kondisi pasien

Orang yang ahli dalam bidang farmasi disebut apoteker. Ruang lingkup dari praktik farmasi termasuk praktik farmasi tradisional seperti peracikan dan penyediaan sediaan obat, serta pelayanan farmasi modern yang berhubungan dengan layanan terhadap pasien (patient care) di antaranya layanan klinik, evaluasi efikasi dan keamanan penggunaan obat, dan penyediaan informasi obat.

Sejarah Hari Farmasi Indonesia

Sejarah Hari Farmasi Indonesia, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia disingkat PAFI adalah organisasi yang menghimpun Tenaga Ahli Farmasi Profesi Asisten Apoteker (AA) seluruh Indonesia, sekarang disebut Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK).

Enam bulan setelah Proklamasi Negara Republik Indonesia, dibentuklah secara nasional PAFI. Yaitu tepatnya pada tanggal 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka Yogyakarta dan sebagai anggota pendiri yang berjasa diangkatlah Ketua PAFI pertama, Bpk. Zainal abidin. Dan sampai saat ini Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia diperingati setiap tanggal 13 Februari.

PAFI merupakan organisasi farmasi tertua di Indonesia, bahkan Profesi Asisten Apoteker lebih dahulu muncul keberadaannya daripada profesi apoteker. Hal ini disebabkan karena pada masa pemerintahan Kolonial Belanda, hanya pendidikan Asisten Apoteker yang mampu dijalankan, bahkan rintisannya harus dididik langsung di Negeri Belanda.

Perkembangan PAFI Di Indonesia

Saat ini, dengan adanya UU no 36 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan, yang awalnya anggota PAFI berisi gabungan lulusan sekolah farmasi setingkat SMA seperti Sekolah Asisten Apoteker (SAA), Sekolah Menengah Farmasi (SMF), Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi (SMKF) dan Lulusan Diploma Farmasi seperti D3 Farmasi, D3 Akademi Farmasi, D3 Anafarna berdasarkan UU Nakes tersebut status lulusan setingkat SMA bukan lagi menjadi Nakes Farmasi namun bergeser menjadi Asisten Tenaga Teknis Kefarmasian (ATTK). Dengan pergeseran status tersebut melalui Munaslub PAFI lulusan ATTK dan seluruh jenjang Diploma tetap bergabung kedalam anggota PAFI dengan visi Bersama Kita Bisa.

PAFI memiliki misi turut bersama memerangi obat ilegal, mencegah terjadinya penyalahgunaan obat dan penggunaan obat yang salah dengan menggalang kerjasama, koordinasi dan kooperasi bersama Organisiasi Profesi Kesehatan lain agar diperoleh derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, melalui Standar Profesi, Standar Praktik, Standar Prosedur Operasional yang berlaku serta menjunjung tinggi moral dan kode etik.

Farmasi Indonesia pada tanggal 13 Februari 2021 memasuki usia 75 tahun. Selamat Hari Persatuan Ahli Farmasi bagi seluruh Farmasis di Indonesia. Semoga artikel Hari Farmasi Indonesia 2021 dapat bermanfaat.

source:

https://pari.or.id/

harinasionaldiindonesia.blogspot.com

by feby kurniawati rejeki

 

Read previous post:
Hari Pers Nasional 2021

Close