Hari Dongeng Sedunia 2021, Hari Dongeng Sedunia atau World Storytelling Day diperingati setiap 20 Maret. Peringatan Hari Dongeng Sedunia ini telah dilakukan sejak tahun 1991.

Hari Dongeng Sedunia 2021

Tanggal 20 Maret selalu diperingati sebagai Hari Dongeng Sedunia sejak tahun 1991, Dongeng menjadi salah satu cerita fiktif yang biasanya diceritakan kepada anak-anak sebagai pengantar tidur.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Dongeng merupakan cerita yang tidak benar-benar terjadi (terutama tentang kejadian zaman dulu ).

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dongeng merupakan bentuk karya sastra lama yang suda berkembang sejak zaman dahulu. Umumnya pengarang sebuah dongeng tidak dapat dikenali.

Karena dongeng adalah bentuk cerita turun temurun dari nenek moyang. Kejadian pada dongeng terkesan sebagai kejadian sungguhan. Namun, pada dasarnya dongeng adalah cerita fiktif dan imajinatif, seperti binatang dan tumbuhan yang bisa berbicara seperti manusia.

Sejarah Hari Dongeng Sedunia

Sejarah Hari Dongeng Sedunia diawali dengan kebiasaan warga Swedia memeringati Hari Dogeng Nasional di negaranya yang dikenal dengan sebutan ‘Alla berattares dag’ atau yang berarti ‘Hari Semua Pendongeng’.

Pada 1997, para pendongeng dari Australia melakukan perayaan mendongeng selama lima minggu yang lantas dikenal dengan ‘Hari Narator Lisan Internasional’ atau International Day of Oral Narrators. Hal serupa dilakukan di sejumlah negara lainnya seperti Meksiko hingga Amerika Latin.

Pada 2002 sejumlah pendongeng asal Skandinavia membuat website sebagai media bercerita yakni Ratatosk. Website ini memfasilitasi para pendongeng di seluruh dunia untuk bercerita. Kepopuleran website tersebut telah menyebar hingga Swedia, Norwegia, Denmark, Finlandia, dan Estonia.

Kemudian pada 2003, gagasan tersebut kian populer hingga akhirnya terbentuklah Hari Mendongeng Sedunia. Hingga kini setiap negara kecuali Antartika memeringati Hari Mendongeng Sedunia setiap tanggal 20 Maret.

Selain sebagai wadah para pendongeng untuk bisa terus berkarya dan bercerita, Hari Mendongeng Sedunia juga dijadikan pengingat untuk anak dan orang tua agar dapat memberikan dan mengambil nilai-nilai dalam sebuah dongeng.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makariem, pun menjelaskan bahwa mendongeng adalah cara untuk membangun imajinasi anak yang tentunya berguna untuk tumbuh kembang si kecil di masa depan.

Selain itu, dengan mendongeng, anak-anak diharapkan menjadi senang bercerita yang secara tidak langsung ampuh untuk meningkatkan perkembangan otak kanan anak, perkembangan spikologi, dan kecerdasan emosional.

Dengan mendongeng, anak juga bisa belajar bahasa baru, budaya baru, ras, hingga agama. Sehingga dapat menambah wawasan serta menciptakan rasa empati yang tinggi pada anak.

Manfaat Mendongeng

Salah satu manfaat mendongeng adalah membantu anak untuk mengenali kosakata sejak kecil. Ketika orangtua membacakan cerita, anak-anak akan belajar mengenal suara, kosakata, dan bahasa. Semakin sering mendengar cerita yang bervariasi, semakin banyak jumlah kata yang mereka simpan di kepala dan ini dapat membantu keterampilan komunikasi anak akan semakin baik saat berbicara maupun membaca.

Berikut ini merupakan manfaat mendongeng untuk anak diantaranya adalah:

  1. Memperkaya kosakata
  2. Menstimulasi daya imajinasi Anak
  3. Melatih kemampuan mendengar
  4. Dengan mendongeng anak bisa sekaligus mengenal budaya
  5. Menstimulan minat baca anak secara tidak langsung
  6. Membangun hubungan yang hangat antara orang tua dan anak
  7. Mengajarkan kecerdasan sosial dan emosional

Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, anak yang dibacakan cerita oleh orang tuanya, akan mendapatkan manfaat yang lebih baik dalam pengembangan keterampilan bahasa dan kecerdasan lainnya. Dengan membacakan dongeng untuk anak, tidak hanya sekadar menghibur, namun juga menambah wawasan sekaligus menanamkan nilai-nilai moral pada anak. Demikian artikel tentang Hari Dongeng Sedunia 2021, semoga bermanfaat.

Source: antaranews.com, kompas.com

Hari Dongeng Sedunia 2021

Read previous post:
hari arsitektur nasional 2021
Hari Arsitektur Nasional 2021

Close