Hari Buku Nasional 2021, Hari Buku Nasional (Harbuknas) diperingati setiap tanggal 17 Mei, tujuan peringatan hari buku nasional adalah untuk mendorong tumbuhnya budaya literasi, terutama minat baca dan menulis pada masyarakat Indonesia.

Hari Buku Nasional 2021

Sejarah Hari Buku Nasional

Menteri Pendidikan Nasional Abdul Malik Fadjar merencanakan 17 Mei 2002 menjadi Hari Buku Nasional (Harbuknas). Rencana tersebut dilatarbelakangi kondisi bangsa Indonesia yang ketika itu masih lebih banyak mempertahankan tradisi lisan dibanding menjawab tuntutan informasi dengan banyak membaca.

Mengutip dari Kemdikbud, awal mulanya, Hari Buku Nasional adalah bagian dari usaha pemerintah untuk mendorong minat baca di Indonesia serta meningkatkan angka penjualan buku.

Tercatat pada waktu itu, di Indonesia hanya tercetak rata-rata 18 ribu buku tiap tahunnya. Jumlah ini sangatlah jauh jika dibandingkan Jepang yang mencetak hingga 40 ribu judul buku dan Cina yang 140 ribu judul buku per tahunnya.

UNESCO mencatat bahwa di Indonesia, angka melek huruf orang dewasa hanyalah di angka 87,9 persen. Di mana angka tersebut kalah unggul jika dibandingkan dengan Malaysia yang pada waktu itu sebesar 88,7 persen, Vietnam 90,3 persen, dan Thailand sebesar 92,6 persen.

Tujuan  memperingati Hari Buku Nasional ini pada waktu itu dimaksudkan juga untuk meningkatkan angka mencegah buta huruf, menambahkan minat baca, menumbuhkan reading interest, reading habbit, reading culture, sampai reading skill sehingga dapat dijadikan sebagai alat untuk berdaya dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Manfaat Membaca Buku

Manfaat Membaca diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memperlambat Proses Penyakit Alzheimer
  2. Meningkatkan Daya Ingat
  3. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi
  4. Menurunkan Risiko Stres dan Depresi
  5. Hiburan Murah karena dapat membaca di perpustakaan secara gratis.
  6. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Memiliki kebiasaan membaca buku meningkatkan kemampuan komunikasi dalam otak. Selain itu, penambahan kosakata menjadi cara yang baik untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam keseharian. Demikian artkel tentang Hari Buku Nasional 2021, semoga bermanfaat.

Source : tirto.id, kompas.com, halodoc.com

Read previous post:
Hari Penting Bulan Mei 2021
Hari Penting Bulan Mei 2021

Close