Hari Arsitektur Nasional 2021, Tanggal 18 Maret diperingati sebagai Hari Arsitektur Nasional.peringatan Hari Arsitektur Nasional, yang digunakan sebagai peringatan atas perjuangan seorang arsitek yang telah bekerja keras untuk membangun suatu karya yang sangat indah.

Hari Arsitektur Nasional 2021

Arsitektur adalah seni atau praktik perancangan dan pembangunan struktur dan konstruksi bangunan. Arsitektur merupakan bagaimana cara manusia untuk menempatkan dirinya agar menciptakan sebuah ruang yang nyaman.Tujuannya agar menciptakan sebuah bangunan yang memiliki keindahan, kesederhanaan dan kebahagiaan di dalamnya.

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

Pengertian Menurut Cornelis Van De Ven, Arsitektur adalah menciptakan ruang dengan cara yang benar-benar direncanakan dan dipikirkan. Pembaharuan arsitektur yang berlangsung terus menerus sebenarnya berakar dari pembaharuan konsep-konsep ruang.

Arsitektur menurut O’gorman lebih dari sekedar suatu pelindung. Arsitektur bisa jadi merupakan suatu wujud seni, namun memiliki perbedaan, yaitu arsitektur menggunakan seni sebagai sesuatu yang penting untuk digunakan sebagai interior.

Arsitektur menurut Amos Rapoport adalah segala macam pembangunan yang secara sengaja dilakukan untuk mengubah lingkungan fisik dan menyesuaikannya dengan skema-skema tata cara tertentu lebih menekankan pada unsur sosial budaya.

Pengertian Arsitektur menurut Cornelis Van De Ven berarti menciptakan ruang dengan cara yang benar-benar direncanakan dan dipikirkan. Pembaharuan arsitektur yang berlangsung terus menerus sebenarnya berakar dari pembaharuan konsep-konsep ruang.

Arsitektur menurut Djauhari Sumintardja adalah  sesuatu yang dibangun manusia untuk kepentingan badannya (melindungi diri dari gangguan) dan kepentingan jiwanya (kenyamanan, ketenangan, dll).

Berdasarkan Mangunwijaya pengertian arsitektur adalah Kunci didalam menjelaskan tentang apa itu arsitektur adalah terletak pada kata-kata ‘Guna’ dan ‘Citra’. ‘Guna’ lebih menunjuk pada segi ketrampilan/ kemampuan, sedangkan ‘Citra’ lebih menunjuk pada tingkat kebudayaan.

Pengertian artitektur menurut Vitruvius yaitu  “Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya, dan dilengkapi dengan proses belajar: dibantu dengan penilaian terhadap karya tersebut sebagai karya seni”.

Ada tiga aspek yang harus disintesiskan dalam arsitektur yaitu:

  • Firmitas (kekuatan atau konstruksi),
  • Utilitas (kegunaan atau fungsi), dan
  • Venustas (keindahan atau estetika).

Tugas & Ruang Lingkup Arsitektur

Menurut IAI yang merupakan singkatan dari Ikatan Arsitektur Indonesia, tugas dan ruang lingkup pekerjaan seorang arsitek adalah:

  • Mengonsep Rancangan. Pada tahap ini arsitek melakukan persiapan perancangan yang meliputi pemeriksaan seluruh data serta informasi yang diterima, membuat analisis dan pengolahan data.
  • Pra Rancangan (Membuat Skematik Desain). Disini, arsitek menyusun pola dan gubahan bentuk arsitektur yang diwujudkan dalam gambar-gambar berdasarkan konsep rancangan yang telah disusun.
  • Pengembangan Rancangan. Di tahap ini arsitek bekerja atas dasar prarancangan yang telah disetujui oleh pengguna jasa untuk menentukan: sistem konstruksi & struktur bangunan, bahan bangunan, dan perkiraan biaya yang dibutuhkan.
  • Pembuatan Gambar Kerja. Arsitek menerjemahkan konsep rancangan yang terkandung dalam pengembangan pancangan tersebut ke dalam gambar-gambar dan uraian-uraian teknis yang terinci, sehingga semua pihak yang dilibatkan dapat menjelaskan proses pelaksanaan dan pengawasan konstruksi.
  • Pengadaan Pelaksanaan Konstruksi. Pada tahap tersebut, arsitek mengolah hasil pembuatan gambar kerja ke dalam bentuk format dokumen pelelangan yang dilengkapi dengan tulisan uraian Rencana kerja dan syarat-syarat teknis pelaksanaan pekerjaan-(RKS) serta rencana anggaran biaya (RAB) termasuk daftar volume (Bill of Quantity/BQ).
  • Pengawasan Berkala. Arsitek melakukan peninjauan dan pengawasan secara berkala di lapangan dan mengadakan pertemuan secara teratur dengan pengguna jasa dan pelaksana pengawasan terpadu atau MK yang ditunjuk oleh pengguna jasa.

Sejarah arsitektur di Indonesia

Indonesia memiliki keanekaragaman suku dan budaya yang membawa corak masing-masing untuk perkembangan arsitektur di Indonesia. Corak khas arsitektur Indonesia ini juga menjadi daya tarik bagi orang luar untuk ikut mempelajari.

Arsitektur tradisional dari berbagai suku dan daerah ini disebut sebagai arsitektur vernakular. Pada awalnya arsitektur di Indonesia tumbuh dan terbentuk dari masyarakat adat dan merupakan bagian dari identitas, tradisi, dan budaya. Contohnya adalah rumah gadang dari adat Minangkabau-Sumatera Barat, rumah limas dari Sumatera Selatan, rumah joglo dari Jawa Tengah hingga rumah honai dari Papua.

Agama Islam yang masuk ke Indonesia setelah Hindu dan Buddha juga membawa pengaruh pada perkembangan model bangunan di Indonesia.

Ketika Belanda menjajah Indonesia juga mempengaruhi arsitektur di Indonesia. Seperti penggunaan kaca patri, ornamen teralis besi yang khas, bentuk lampu dan ornamen bergaya Eropa.

Sejarah arsitektur di Indonesia mempengaruhi perkembangan arsitektur di Indonesia mengalami perubahan menjadi semakin modern . Demikiar artikel tentang Hari Hari Arsitektur Nasional 2021, Semoga bermanfaat.

Source: serupa.id, gurupendidikan.co.id

Read previous post:
hari perawat nasional 2021
Hari Perawat Nasional 2021

Close