Hand Sanitizer Dari daun kelor

 

Hand sanitizer dari daun kelor, Saat ini Pandemi Covid-19 belum berakhir, telah banyak yang menjadi korbannya. Berbagai macam cara dilakukan oleh masyarakat agar tidak terpapar oleh virus tersebut. Di mulai dengan menjaga kesehatan dan kebersihan agar imunitas tubuh tetap terjaga.

Hand Sanitizer Dari daun kelor

Cairan antiseptik atau disinfektan merupakan salah satu cara untuk pencegahan covid-19, penggunaan cairan antiseptik dengan bahan dasar alami lebih aman, menurut penelitian dilakukan dengan daun kelor untuk pembuatan Hand sanitizer yang aman untuk digunakan.

Untuk kandungan alkohol berkadar tinggidiganti dengan dengan ekstrak daun kelor yang mengandung senyawa fenolik seperti flavonoid, tanin, saponin, alkaloid dll. Kandungan flavonoid dapat dimanfaatkan sebagai agen antibakterial dan antivirus yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri patogen seperti Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Candida albican, dan Xanthomonas.

 Ekstrak flavonoid ini memiliki efektivitas antibakteri yang lebih baik daripada etanol 70%. Sehingga aman digunakan dalam jangka waktu panjang.Kandungan alkohol dalam hand sanitizer harus diganti dengan zat aktif lainnya dengan fungsi yang sama bahkan lebih baik. Zat aktif yang mampu menggantikan alkohol yaitu dari ekstrak daun kelor yang mengandung flavonoid sebagai zat antibakterial dan 40 lebih zat antioksidan yang berperan melindungi kulit dari kerusakan sehingga kulit tetap terjaga segar dan halus.

Manfaat Hand Sanitizer selain untuk membunuh bakteri ada juga manfaat lainnya diantaranya adalah:

1. Dapat membersihkan Benda yang berbahan logam

2. Meredakan rasa gatal karena gigitan nyamuk

3. Mensterilkan luka kecil

4. Mengatasi timbulnya jerawat

5.pengganti deodoran atau dry shampoo

Demikian tadi artikel tentang Hand sanitizer dari daun kelor, semoga bermanfaat.

Source :liputan6, kampusundip.com 

Penulis : Feby Kurniawati Rejeki

 

 

Read previous post:
15 Januari 2021 Hari Dharma Samudera
15 Januari 2021 Hari Dharma Samudera

Close