Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Facebook mengganti nama perusahaan menjadi Meta.  Perubahan nama ini tidak berlaku untuk nama masing-masing aplikasi.

Pengumuman ini disampaikan Mark Zuckerberg secara langsung di tengah konferensi virtual reality dan augmented reality Facebook Connect. Menurut Zuckerberg pergantian nama tersebut  sejalan dengan fokusnya yang berkembang ke arah metaverse, yang mengacu pada upaya menggabungkan teknologi virtual dan augmenten reality pada ranah online baru.

Nama baru Facebook telah diumumkan. Perusahaan Mark Zuckerberg itu berganti nama menjadi Meta. Penggantian nama ini berarti Facebook bukan lagi nama perusahaan secara menyeluruh, yang semula juga membawahi Instagram dan WhatsApp, tapi hanya jadi merek anak perusahaan yang mengoperasikan layanan media sosial bernama sama.

Zuckerberg mengatakan bahwa dia akan berencana untuk membangun “metaverse”, dunia online dimana orang dapat bekerja, berkomunikasi atau bermain game dalam lingkungan virtual, seringkali menggunakan headset VR.

Pendiri Facebook tersebut mengatakan juga bahwa merek sebelumnya “tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan” dan perlu diubah.

Mark Zuckerberg mengumumkan itu pada laman pribadinya, Jumat dini hari sekira pukul 01:44WIB. Pada akun resminya, Mark mengatakan bahwa Facebook resmi berganti nama Meta.

“Untuk mencerminkan siapa diri kita dan masa depan yang kita harapkan untuk membangun, saya bangga berbagi bahwa perusahaan kita sekarang adalah Meta”, tulis Mark Zuckerberg.

“Kami telah belajar banyak dari perjuangan dengan masalah sosial dan hidup di bawah platform tertutup, dan sekarang saatnya untuk mengambil semua yang telah kami pelajari dan membantu membangun bab berikutnya,” kata CEO Mark Zuckerberg saat konferensi pengembang tahunan.

“Saya dengan bangga mengumumkan bahwa mulai hari ini, perusahaan kami sekarang adalah Meta. Misi kami tetap sama, masih tentang menyatukan orang, aplikasi kami dan merek mereka, mereka tidak berubah, ”tambahnya.

Mark Zuckerberg mengatakan bahwa perubahan nama perusahaan induk yang juga menaungi Instagram dan WhatsApp itu merupakan bagian dari ‘rebranding’ perusahaan. Hal Ini dilakukan Facebook di tengah kritik keras beberapa negara dan regulator terkait sejumlah isu ‘pelanggaran’ dalam layanannya.

Source:

Facebook Ganti Nama Jadi Meta

beritasatu, bbcnews