Definisi Full Stack Developer adalah seseorang yang nyaman bekerja atau merangkap tugas sebagai back end dan front end developer. Lebih spesifiknya, developer bisa bekerja dengan javascript, PHP, java, database (backend) dan juga bisa mengkonversi desain ke dalam kode pemrograman seperti HTML, CSS, XML (front end).

Full Stack Developer

Istilah full-stack developer berarti developer yang nyaman bekerja dengan teknologi back-end dan front-end. Lebih spesifik lagi, developer bisa bekerja dengan database, PHP, HTML, CSS, javascript dan juga bisa mengkonversi desain software editing photo ke kode front-end.

Full stack developer mengerjakan tugasnya front-end dan back-end developer. Namun, selain itu, bisa juga ia diminta untuk mengembangkan aplikasi, debugging, troubleshooting, bahkan membuat fitur baru.

Dengan begitu, kemampuan analisis developer bisa sangat luas ketika menjalankan sebuah proyek. Baik dari sisi desain maupun teknisnya. Ini pula yang akhirnya menjadikan proses pengerjaan proyek bisa berjalan efektif.

Programmer full stack adalah seseorang yang dapat menolong para programmer front end untuk menyelesaikan proyek menggunakan React.js agar pembuatan website bisa selesai tepat waktu, lalu dia juga bisa turun untuk menolong para programmer back end dengan tugas tanggung jawab mereka juga.

Beberapa keahlian yang harus dikuasai full stack developer.

  • Menguasai beberapa bahasa pemrograman (back end), Berbagai macam bahasa pemrograman untuk urusan back end. Seperti Java, Node.js (Java Script), PHP, Python, Ruby, Swift dll. Terutama seorang full stack developer tentunya harus menguasai bahasa yang berorientasi objek (OOP).
  • Menguasai Teknologi  front-end, Khususnya berkaitan dengan front end seperti HTML5, CSS3, XML dan JavaScript. Dan juga beberapa library seperti bootstrap, JQuery, AngularJS, dll.
  • Menguasai  desain UI UX, UI UX sangat penting bagi seorang full stack developer. Kamu harus memahami prinsip dasar keterampilan desain prototipe.
  • Kemampuan menangani database
  • Kemampuan menangani banyak basis data tanpa gangguan apapun merupakan keahlian terbesar full stack developer. Saat ini opsi database cukup banyak tersedia. Seperti MySQL, MongoDB, Redis, Oracle, dll

 Semoga artikel tentang Full Stack Developer dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda. Terus kunjungi  kamiwebdevelopment.com untuk mendapatkan informasi tentang teknologi IT lainnya.

Source: wikipedia, dicoding.com

Read previous post:
Definisi Backend Developer

Close